Bagaimana agar hidung kita sehat tetap sehat ?

Hidung adalah bagian yang paling menonjol di wajah, yang berfungsi menghirup udara pernapasan, menyaring udara, menghangatkan udara pernapasan, juga berperan dalam resonansi suara. Hidung merupakan alat indra manusia yang menanggapi rangsang berupa bau atau zat kimia yang berupa gas. Gimana cara agar hidung kita tetap bersih dan sehat ?

  1. Bersihkan hidung secara teratur
    Usahakanlah untuk membersihkan hidung bagian dalam minimal 1 kali sehari. Sedangkan untuk hidung bagian luar, Anda harus membersihkannya minimal 1 kali sehari, apalagi setelah beraktifitas seharian atau setelah menggunakan make up.
    Bersihkanlah wajah Anda dari make up dengan menggunakan cairan pembersih khusus, setelah itu cucilah wajah Anda menggunakan sabun pencuci wajah, pastikan Anda menggosok lembut bagian hidung dengan cermat agar kosmetik tidak menumpuk lalu menimbulkan komedo dan jerawat.

  2. Lindungi hidung saat beraktivitas
    Saat Anda beraktivitas di luar ruangan atau saat Anda sedang mengendarai kendaraan tanpa AC, debu dan polusi bertebaran di mana-mana. Hidung Anda akan menghirup udara yang tidak segar yang sangat memungkinkan mengandung zat berbahaya.
    Udara luar ruangan yang penuh polusi dapat membuat hidung Anda kotor, baik pada bagian luar maupun bagian dalam. Cara merawat hidung Anda agar tidak kotor adalah dengan menggunakan masker.

  3. Hindari Penyebab Alergi
    Penyakit yang paling rentan terjadi karena hidung adalah alergi. Jika Anda adalah penderita alergi, seringkali alergi itu terpacu karena Anda menghirup sumber alergi tersebut, bukan?
    Maka dari itu, sebisa mungkin hindarilah kontak dengan sumber alergi Anda, seperti debu, bulu hewan, serbuk sari, asap rokok, asap kendaraan, dan lain sebagainya. Atau, agar sehat, Anda bisa juga menggunakan masker wajah untuk memberikan proteksi lebih.

  4. Tingkatkan Kualitas Udara Bersih
    Sekarang ini udara sudah tercemar polusi asap kendaraan, asap pabrik, dan lain sebagainya. Udara yang dihirup pun menjadi tidak sehat. Maka dari itu, tingkatkanlah kualitas udara bersih, minimal di sekitar Anda dulu saja. Lakukanlah beberapa gerakan go green berikut ini, karena dijamin dapat membantu merawat hidung Anda juga.
    Tanam tanaman di pekarangan rumah. Tanaman dapat menyerap polusi pada udara, sehingga udara di sekitar Anda menjadi lebih bersih.
    Ganti, bersihkan, dan cuci secara rutin sarung bantal dan guling, sprei ranjang, karpet, gordyn, hiasan, apapun itu yang sekiranya menjadi sarang debu.
    Gunakan filter udara pada lubang ventilasi, atau Anda dapat juga menggunakan AC yang memiliki fitur penyaring udara.
    Rutinlah mengelap, menyapu, dan mengepel ruangan juga perabotan di rumah Anda, seperti lemari, televisi, lukisan, guci, terutama mainan anak-anak.

  5. Gunakan Sun Block pada Hidung
    Banana Boat Sport Lotion SPF 30 Merk Sunblock untuk Kulit Berminyak
    Penggunaan krim sun block dapat melindungi kulit Anda dari bahaya teriknya matahari, begitu pula dengan hidung Anda. Penggunaan krim sun block secara rutin dapat menghindarkan Anda dari flek hitam dan kulit terbakar matahari.

  6. Jangan Membersihkan Lubang Hidung dengan Jari
    Hindari menggunakan jari tangan secara langsung saat Anda ingin membersihkan kotoran di dalam lubang hidung Anda. Jari tangan belum tentu bersih, sehingga jika bersentuhan dengan lubang hidung apalagi jika tergesek oleh kuku, khawatir akan menyebabkan infeksi.
    Cara yang aman adalah dengan menggunakan kain atau sapu tangan basah. Setelah lubang hidung bersih, keringkan lubang hidung Anda dengan kain atau sapu tangan kering.

  7. Bersihkan Lendir secara Perlahan
    Jika Anda sedang flu, maka Anda pasti akan sering bersin. Selain itu, lendir hidung juga pasti sering keluar. Saat lendir keluar dari hidung, janganlah Anda menggosoknya terlalu kuat, karena akan menimbulkan gesekan yang dapat membuat kulit hidung terangkat. Kulit di sekitar hidung Anda akan terkelupas dan akan teriritasi jika terkena lendir.
    Maka dari itu, gosok dan bersihkan lendir Anda perlahan-lahan menggunakan tisu yang lembut. Setelah itu jangan lupa untuk mencuci tangan Anda.

  8. Uap Hidung
    Rutinlah melakukan uap hidung, 2-4 kali dalam satu bulan. Hal ini akan membantu Anda agar tidak berkomedo. Hal ini juga akan membantu jika Anda sedang mengalami gangguan pernafasan dan hidung mampet. Anda dapat menambahkan aroma terapi ke dalam air hangat untuk menambahkan efek relaksasi.

  9. Bersihkan Hidung dengan Air Garam
    Rutin membersihkan hidung dengan air garam dapat menyembuhkan sinusitis, loh! Selain itu, membersihkan hidung dengan air garam dapat membersihkan hidung bagian dalam dari kotoran dan dapat mencegah sinusitis.

Referensi