Bagaimana agar bulu mata lentik secara alami?

Banyak wanita yang menginginkan mempunyai bulu mata lentik, dan tak jarang dari mereka melakukan eyelash extension

1. Buat Bulu Mata makin Lentik dengan Minyak Zaitun

Konon, Ratu Cleopatra kerap menggunakan minyak zaitun untuk menjaga rambutnya tetap lebat dan lembut. Selain baik untuk rambut, minyak zaitun pun dapat Anda manfaatkan sebagai serum untuk melentikkan bulu mata secara alami. Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E, K, klorofil, biotin, serta antioksidan yang tinggi.

Cara membuat bulu mata lentik dengan minyak zaitun pun cukup mudah. Anda dapat menggunakan cotton bud atau sikat maskara yang tidak terpakai. Celupkan cotton bud ke dalam minyak zaitun yang sudah dihangatkan, dan sapukan ke area bulu mata seperti sedang memakai maskara.

Biarkan minyak zaitun menyerap ke dalam serat-serat bulu mata semalaman. Keesokan paginya, bersihkan area kelopak mata dengan air hangat. Lakukan perawatan ini sebelum tidur dengan rutin, paling tidak tiga kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Bedak bayi dapat membuat Maskara lebih Tahan Lama

Masalah utama yang sering dihadapi pengguna maskara adalah sifatnya yang mudah luntur terutama jika terkena air atau keringat. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan bedak bayi yang dapat menciptakan kesan bulu mata lentik dan bervolume.

Caranya, lapisi bulu mata dengan maskara seperti biasa. Tuangkan sedikit bedak pada telapak tangan, lalu gulingkan kuas maskara di atas bedak dan aplikasikan pada bulu mata. Sapukan bedak bayi secara perlahan agar tidak menodai area wajah. Setelah itu, Anda dapat mengoleskan maskara sekali lagi untuk mendapatkan hasil akhir yang diinginkan.

3. Minyak Kastor untuk membuat Bulu Mata Lentik

Minyak kastor banyak diandalkan masyarakat Timur Tengah sebagai bahan perawatan kesehatan dan kecantikan. Studi NCBI menyebutkan bahwa minyak yang terbuat dari kacang kastor ini memiliki kandungan antioksidan yang bersifat merawat dan melembapkan, sehingga banyak dijadikan bahan utama pembuatan sabun, sampo, dan produk perawatan kulit.

Karena khasiatnya terbukti baik bagi kesehatan rambut, Anda pun dapat memanfaatkan minyak kastor sebagai bahan pelentik bulu mata. Caranya, cukup oleskan minyak kastor pada bulu mata secara tipis dan perlahan, lalu biarkan selama beberapa jam. Jangan lupa untuk segera membersihkan sisa-sisa minyaknya agar tidak menyumbat pori-pori kulit.

4. Kulit Lemon Sebagai Alternatif Ampuh untuk membuat Bulu Mata Lentik

Siapa sangka jika kulit lemon ternyata cukup efektif dalam menyehatkan rambut dan melentikkan bulu mata. Healthguidance.org mengungkapkan bahwa kulit lemon memiliki kandungan vitamin C, B, dan folic acid yang efektif dalam merangsang pertumbuhan rambut. Khasiat kulit lemon bagi pertumbuhan bulu mata akan semakin terasa jika dikombinasikan dengan minyak kastor atau minyak kelapa murni. Lantas, bagaimana cara membuat bulu mata lentik dengan kulit lemon?

Taruh beberapa lembar kulit lemon kering di tempat yang bersih, lalu tuangkan minyak kastor secukupnya hingga kulit lemon terendam. Diamkan paling tidak tiga hari untuk mendapatkan hasil maksimal. Setelah didiamkan, oleskan ramuan tersebut pada area bulu mata menggunakan kuas maskara sebelum tidur. Diamkan semalaman, dan bersihkan sisa-sisa minyak keesokan paginya. Lakukan perawatan ini selama beberapa bulan untuk mendapatkan hasil terbaik.

5. Teh Hijau untuk Merangsang Pertumbuhan Bulu Mata

Teh hijau tak hanya baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan flavonoid, isoflavon, dan antioksidan juga turut berperan dalam kesehatan rambut, tak terkecuali bulu mata.

Anda dapat mengoleskan teh hijau hangat pada area bulu mata dengan kapas atau cotton bud. Gunakan cotton bud seperti sedang mengaplikasikan maskara. Setelah itu, diamkan beberapa menit hingga teh hijau meresap. Sembari menunggu teh hijau meresap, Anda juga dapat memijat area mata menggunakan jari tengah dan telunjuk agar mata lebih relaks.

Sumber :