Bagaiman cara melatih kemampuan berpikir analitis (analytical thinking)?

Kemampuan berpikir analitis

Kemampuan berpikir analitis merupakan kemampuan untuk menguraikan atau memisahkan suatu hal ke dalam bagian-bagiannya dan dapat mencari keterkaitan antara bagian-bagian tersebut. Menganalisis adalah kemampuan memisahkan materi (informasi) ke dalam bagian-bagiannya yang perlu, mencari hubungan antarabagian-bagiannya, mampu melihat (mengenal) komponen-komponennya, bagaimana komponen-komponen itu berhubungan dan terorganisasikan, membedakan fakta dari hayalan.

Berpikir analitis adalah kemampuan untuk menganalisis data atau fakta, lalu menghasilkan perbandingan dan menarik kesimpulan yang benar dari informasi yang tersedia.

Berdasarkan artikel careeraddict, meningkatkan kemampuan berpikir analitis akan memudahkan kita dalam banyak hal seperti:

  • Mengumpulkan informasi dan pelaporan
  • Memecahkan masalah yang kompleks
  • Membuat keputusan yang baik
  • Meringkas data statistic
  • Melaksanakan proyek secara efektif

Lalu bagaimana cara untuk mengembangkan kemampuan berpikir anilitis kita? Caranya ternyata tidaklah sulit dan cukup sederhana, yaitu sebagai berikut:

1. Active reading. Read more books.
Dengan aktif membaca, kita akan mendapat banyak pertanyaan. Semakin banyak pertanyaan, maka kita akan membuat otak kita untuk terus berpikir dan berpikir.

2. Take a walk outside
Beralan-jalan di alam juga merupakan cara sederhana untuk meningkatkan kemampuan berpikir anlitis kita. Dengan mengobservasi lingkugan sekitar secara detail, dapat membuat pikiran kita bekerja lebih aktif. Coba untuk mengingat apa yang telah diobservasi lalu tuliskan dikeesokan harinya. Berapa banyak informasi yang dapat diingat?

3. Practise your mathematical skills
Permainan seperti puzzle Sudoku yang melatih kemampuan logika dan analisis kita dapat menjadi cara alternative yang menghibur untuk melatih keterampilan matematis kita.

4. Include brain games in your list of hobbies
Permainan seperti catur yang membiasakan pemainnya untuk berpikir secara strategis merupakan cara yang menyenangkan untuk mengembangkan kemampuan berpikir anilitis kita. Jika hal tersebut sering kita lakukan, maka lama kelamaan akan menjadi hobi.

5. Make personal encounters count
Selama percakapan, tanyakan kepada semua orang yang ditemui dan pelajari sesuatu dari mereka. Denga begitu kita juga dapat melatih kemampuan komunikasi interpersonal kita sekaligus membuat beberapa teman baru.

Data tidak akan berguna tanpa kemampuan untuk menganalisanya.`

Saat ini, para pekerja dituntut untuk bisa mengembangkan kemampuan dalam hal menterjemahkan data, membuat produk dan layanan inovatif berbasis data, dan sebagainya. Mau tidak mau kita akan berhadapan dengan data. Sehingga untuk bisa terus maju, beberapa persyaratan harus dipenuhi. Salah satunya adalah dengan berlatih berpikiran analisis yang nantinya akan digunakan dalam mengolah data.

Berpikir analitis memberi kita kemampuan untuk menyelesakan masalah lebih cepat dan efektif. Dengan mengumpulkan informasi yang relevan dan mengidentifikasi masalah utamanya. Pemikiran ini juga mengharuskan kita membandingkan kelompok data dari sumber yang berbeda hingga nantinya bisa dibentuk solusi yang tepat.

Jika belum terbiasa, mulailah dengan masalah kecil yang sering dihadapi sehari-hari. Selesaikan dengan berpikir analitis dalam menyelesaikannya. Ketika sudah terbiasa melakukannya, hal itu akan terbawa dalam menyelesaikan masalah-masalah di tempat kerja.

#Mulai dengan mengumpulkan informasi

Kumpulkan semua informasi yang akan membantu dalam menyelesaikan masalah tersebut. Pertimbangkan juga kualitas dan sumber informasi dalam mengumpulkan data yang relevan. Tanyakan pada diri sendiri, apakah informasi tersebut sudah sesuai untuk masalah yang dihadapi?

#Identifikasi masalah

Penting bagi kita untuk mulai mengembangkan kemampuan dalam mengenali persoalan dasar atau masalah berdasarkan gejalanya, serta hubungan sebab-akibat antar data.

#Mengatur informasi

Ketika semua informasi yang relevan telah terkumpul dengan baik, yang harus dilakukan selanjutnya adalah mengatur dan mengintegrasikan seluruh bagiannya sehingga bisa digunakan untuk menggambarkan kemungkinan solusi terhadap masalah yang dihadapi.


Referensi 1
Referensi 2