Bagaiamana cara membedakan Kulit Kepala Gatal Akibat Ketombe dan Gejala Psoriasis?


Meski membuat tidak nyaman dan terkadang memalukan, ketombe tidak membahayakan kesehatan. Kulit kepala yang ketombean juga mudah diatasi. Lain ceritanya dengan psoriasis. Psoriasis adalah peradangan kulit kronis yang tidak bisa sembuh, namun muncul kambuhan. Gejala psoriasis bisa terjadi di bagian kulit manapun, termasuk kulit kepala. Psoriasis di kulit kepala bisa terasa sangat gatal dan kulitnya bisa sangat kering sehingga mudah mengelupas mirip seperti ketombe. Lantas, apa bedanya ketombe dan psoriasis di kulit kepala?

Beda penyebab dan gejalanya

Ketombe
Penyebab ketombe yang paling umum adalah jamur Malassezia yang hidup di kulit kepala. Jamur ini bisa terus berkembang biak sehingga mengiritasi kulit kepala dan menyebabkan penumpukan sel kulit mati.

Jarang mencuci rambut juga bisa menyebabkan kepala ketombean, karena minyak, kotoran, dan sel kulit mati akhirnya menumpuk dan berkerak hingga mengelupas. Muncullah serpihan ketombe berwarna putih yang biasanya Anda lihat jatuh di bahu.

Penyebab ketombe lainnya adalah reaksi alergi pada bahan kimia tertentu dalam produk perawatan rambut. Kondisi ini sering disebut dengan dermatitis seboroik. Biasanya, serpihan ketombe akibat dermatitis seboroik berukuran lebih besar dan berwarna kekuningan.

Psoriasis di kulit kepala
Penyebab psoriasis di kulit kepala sama dengan psoriasis di tempat lainnya. Psoriasis adalah penyakit autoimun yang terjadi ketika sistem imun tubuh justru berbalik menyerang sel kulit yang sehat. Akibatnya, sel kulit bisa tumbuh terlalu cepat sehingga akhirnya menumpuk.

Psoriasis menyebabkan kulit kepala meradang kemerahan dan memiliki bercak putih keperakan. Selain itu, gejala psoriasis juga dapat menyebabkan rasa gatal dan nyeri panas pada kulit. Kulit kepala yang menebal kemudian mengeras dan bersisik, sebelum akhirnya mengelupas menjadi serpihan yang mirip ketombe. Bedanya, gejala psoriasis juga bisa menyebabkan kulit kepala berdarah akibat pengelupasan kulit kering tersebut. Ketombe biasa tidak akan sampai membuat berdarah.

Gejala psoriasis bisa kambuh dam semakin parah ketika Anda berada di lingkungan yang dingin atau sedang stres. Psoriasis paling umum dialami oleh orang-orang berusia 15-35 tahun.

Sumber : Perbedaan ketombe dengan psoriasis