Bagaiamana cara membedakan jantan dan betina pada burung nuri kepala hitam papua?

burung

(Aditya Reza Firdaus) #1

image

Bagaiamana cara membedakan jantan dan betina pada burung nuri kepala hitam papua?


(amrta ageng subarkah) #2

Burung Nuri Kepala Hitam yang berasal dari Papua memiliki warna yang lebih identik dibandingkan dengan Burung Nuri sebelumnya. Burung ini didominasi bulu warna merah dan warna hitam di sekujur tubuhnya, dengan kepala yang memiliki bulu berwarna hitam sebagai ciri khasnya.

  • Baik yang memiliki jenis kelamin jantan dan betina, sama-sama memiliki paruh berwarna gading atau orange. Hanya saja, yang membedakannya, burung betina memiliki lingkar hitam di bagian leher layaknya kalung atau syal.

  • Ciri-ciri fisik yang bisa membedakan antara burung jantan dan betina adalah ukurannya. Biasanya burung jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan burung betina. Begitu juga dengan ekornya. Burung jantan memiliki ekor yang lebih pendek.

  • Cara lain untuk membedakan Nuri kepala hitam yang jantan dan betina adalah dengan melihat keindahan bulunya. Rata-rata, burung jantan memiliki bulu yang lebih rapi dan bersih serta mengkilat. Berbeda dengan burung betina yang pada umumnya terlihat lebih kusam