Bagaiamana cara manajemen pemberian makan pada ikan gabus ?

image

Ikan gabus (Channa striata) dapat tumbuh hingga mencapai panjang 1 m. Berkepala besar agak gepeng mirip kepala ular (sehingga dinamai snakehead), dengan sisik-sisik besar di atas kepala. Tubuh bulat gilig memanjang, seperti peluru kendali. Sirip punggung memanjang dan sirip ekor membulat di ujungnya.

Sisi atas tubuh—dari kepala hingga ke ekor—berwarna gelap, hitam kecoklatan atau kehijauan. Sisi bawah tubuh putih, mulai dagu ke belakang. Sisi samping bercoret-coret tebal (striata, bercoret-coret) yang agak kabur. Warna ini seringkali menyerupai lingkungan sekitarnya. Mulut besar, dengan gigi-gigi besar dan tajam.

Bagaiamana cara manajemen pemberian makan ikan gabus? Apa saja yang perlu di persiapkan dan diperhatikan?

Ikan gabus

Ikan gabus (Channa striata) adalah salah satu jenis ikan tawar, yang bisa kita temukan di perairan Indonesia seperti sungai, danau, rawa bahkan sawah.

Untuk pemberian paka,sebaiknya anda menggunakan pelet ikan khusus Ikan Gabus. Untuk tambahan bisa menambahkan aneka jenis makanan lain, misalnya ikan teri, anakan rayap dan sisa daging ampas dapur. Kalau anda Ingin Membuat pelet buatan anda bisa membuat denga komposisi ikan teri 20 %, dedek/ bekatul 50 %, ampas tahu 10 %, dan juga 10 % jagung. silakan semua bahan direbus lalu digiling jadi satu. Kalau Semua Sudah Tercampur Rata Maka bisa dijemur sampai kering.

Yang perlu diingat adalah ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan yang bersifat kanibal jadi pastikan anda tidak sampai telat saat memberi pakan karena kalau lapar bisa memangsa ikan lainnya