Baca Artikel Ini Sebelum Anda Membeli Model Kit Gundam

Baca Artikel Ini Sebelum Kamu Membeli Model Kit Gundam

Setelah berbicara dan menyaksikan dengan mata kepala sendiri, kami merasa dan sadar bahwa masih ada beberapa orang yang belum mengerti dengan action figure Gundam beserta segala macam versi, bentuk, dan ukurannya. Nah, sebagai pihak yang ikut berkecimpung dalam industri mainan atau action figure, pada artikel ini, Raziata akan membahas mengenai “Apa saja yang perlu kamu ketahui tentang action figure Gundam” supaya kamu bisa memahami bentuk Gundam seperti apa yang akan kamu beli nantinya.

Kamu pasti sudah tahu bahwa Gundam adalah serial anime robot yang sudah sangat terkenal hingga ke penjuru dunia. Jumlah fan base yang besar dan setia membuat ketenaran Gundam tidak akan hilang ditelan zaman. Dengan besarnya jumlah fan base ini, action figure Gundam bisa kamu temukan hampir di seluruh toko mainan yang menjual berbagai macam action figure, baik itu dari Jepang ataupun Amerika. Tidak begitu sulit untuk mencari action figure Gundam.

Action figure Gundam ini pada umumnya dikenal dengan nama Gundam Plastic Model atau disingkat dengan Gunpla karena terbuat dari bahan plastik. Beberapa orang di luar sana mungkin masih ada yang belum mengerti istilah dari Gunpla ini karena belum menjadi kosakata yang umum yang biasa didengar oleh orang awam. Sebagian besar dari apa yang kami lihat, beberapa orang masih terlalu akrab dengan istilah “action figure Gundam” dibandingkan “Gunpla.”

Berbeda dengan action figure lain pada umumnya yang sudah dirakit dan dibentuk dengan sedemikian rupa indah sejak pertama kali kamu membelinya, Gundam Plastic Model hanya tersedia dalam bentuk Model Kit atau dikenal dengan part-part kecil yang mana kamu harus merakit part-part kecil ini supaya Gunpla bisa ditampilkan dalam versi Gundam seutuhnya, lengkap dengan tangan, kepala, kaki, badan, senjata, dan aksesoris-aksesoris lainnya. Kamu juga akan mendapatkan stiker untuk ditempelkan di bagian tubuh sang Gunpla tersebut supaya penampilannya terlihat semakin keren.

Lalu, timbullah pertanyaan, “Apakah merakit Gunpla itu susah kakak?” Jawabannya adalah tidak! Karena ketika kamu membeli Gunpla, tidak hanya Model Kit yang kamu dapatkan, kamu juga akan mendapatkan kertas yang berisikan gambar tentang cara merakit Gunpla tersebut, dan kamu hanya perlu mengikuti petunjuk itu untuk menghasilkan bentuk Gundam yang sempurna. Namun kamu harus merakitnya dengan ekstra teliti dan juga sabar karena merakit Gunpla ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar bergantung dari versi masing-masing Gunpla yang sedang dirakit.

Sekarang, mari kita membahas versi Gunpla yang sedang beredar bebas di pasaran.

Pada umumnya, versi Gunpla yang akan banyak kamu temui di pasaran adalah versi High Grade (HG), Real Grade (RG), Master Grade (MG), Perfect Grade (PG), dan yang paling imut dan lucu adalah Super Deformed (SD). Walau ada versi lain selain yang sudah kami jelaskan tadi, tapi pada umumnya itulah versi yang akan sering kamu temui di toko Gundam manapun. Setiap versi ini memiliki kelebihannya masing-masing. Mari kita bahas satu persatu.

1. Super Deformed (SD)

Super Deformed adalah versi Gunpla yang paling unyu, lucu, dan juga imut. Ketinggian Gunpla ini hanya sekitar 8-10cm saja. Super Deformed adalah Gunpla keluaran terbaru. Berbeda dengan versi lainnya dimana kamu bisa membentuk pose setiap Gunpla sesuka hatimu, Super Deformed memiliki ruang gerak yang sangat terbatas karena biasanya Gunpla ini hanya menawarkan bentuknya yang lucu saja. Walaupun tidak poseable, kepala yang lebih besar dibandingkan badan sudah bisa menarik perhatian orang yang melihatnya. Super Deformed cocok bagi orang yang tidak suka kerumitan dan menginginkan sesuatu yang lebih simple. Gunpla ini bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar Rp 70.000 – Rp 150.000.

2. High Grade (HG)

gunpla-collection (4)High Grade adalah versi Gunpla yang paling standar yang beredar di pasaran saat ini. High Grade memiliki ukuran dengan skala 1/144 atau dengan ketinggian sekitar 13-15cm. Harganya berada di kisaran Rp 120.000 – Rp 400.000. High Grade (HG) pada umumnya lebih gampang dirakit dibanding versi lainnya karena detil dan artikulasi pada Gunpla ini tergolong standar. Tingkat fleksibilitas dan warna part pada versi ini juga terbatas, terkadang kamu harus menempelkan stiker untuk memberikan warna yang proporsional pada Gunpla dengan versi High Grade ini. Namun secara keseluruhan, ini adalah versi yang wajib dimiliki oleh para pecinta Gunpla. Jadi, ini sangat cocok bagi kamu yang tergolong pemula dalam merakit Gunpla.

3. Real Grade (RG)

gunpla-collection (5)Real Grade adalah versi Gunpla yang sangat canggih yang dilengkapi dengan “Advanced MS joint part” yang memiliki tingkat artikulasi yang sangat tinggi. Detil Gunpla pada versi ini juga sangat tinggi sehingga part-part yang akan kamu rakit nantinya tersedia dengan ukuran yang sangat kecil. Dengan detil yang dibuat dengan sedemikian rapi, detil, dan indah, bentuk Gundam ini nantinya akan terlihat dengan indah di mata siapa saja orang yang melihatnya. Tampilan armor yang begitu mendalam akan melelehkan setiap pasang mata yang melihatnya.

Dengan artikulasi dan detil yang sangat tinggi, kamu bisa dengan bebas membentuk pose Gunpla ini sesuka hatimu karena Gunpla ini sangatlah fleksibel. Warna part yang tersedia pun juga sangat beragam, ini membuat Real Grade tampak lebih berwarna dibandingkan dengan High Grade. Skala versi ini sama dengan High Grade, yaitu 1/144 dengan ketinggian 13-15cm. Harganya pun dipatok sekitar Rp 290.000 – Rp 400.000, bahkan hingga Rp 800.000. Real Grade adalah versi yang dianjurkan bagi veteran yang telah lama melintang di dunia Gundam.

4. Master Grade (MG)

gunpla-collection (6)Bagi kamu yang menginginkan Gunpla dengan ukuran yang lebih besar, Master Grade bisa menjadi pilihan kamu karena Gunpla dengan versi ini memiliki skala 1/100 dengan ketinggian sekitar 17-19 cm. Tingkat kedetilan dan fleksibilitas yang tinggi membuat bagian tubuh Gunpla ini gampang untuk digerakkan. Ukuran yang lebih besar membuat kamu memiliki ruang yang lebih besar pula dalam mengecat Gunpla ini sesuai dengan warna yang ingin kamu lekatkan.

Beberapa orang bahkan memberikan kesan warna sesuai imajinasi mereka sendiri atau bahkan mengikuti suatu scene yang ada dalam serial anime-nya, seperti warna yang memberikan kesan “hancur” ketika Gundam yang dimaksud sedang bertempur di suatu peperangan. Harga yang biasa kamu temukan di pasar pada Master Grade adalah sekitar Rp 400.000 – Rp 1.000.000.

5. Perfect Grade (PG)

gunpla-collection (7)Sesuai dengan namanya, Perfect Grade adalah versi yang sempurna dan terbaik dibandingkan versi Gunpla lainnya. Tingkat rakitan yang sangat rumit, detil yang sangat tinggi dan realistis menjadi keunggulan yang ditawarkan pada Perfect Grade. Bagi kamu yang sedang mencari tantangan dalam merakit Gunpla, Perfect Grade sangatlah cocok untuk kamu. Senjata, armor, dan aksesoris terlihat begitu nyata dan sangat detil, seakan-akan Gunpla ini terlihat seperti dibuat dengan bahan metal yang melekat pada tubuhnya.

Bahkan, kamu bisa membuak cockpit pada Gunpla ini yang terlihat sangat indah dan rapi dibuat (kamu juga bisa membuka cockpit pada beberapa Gunpla di versi Master Grade dan High Grade). Sudah tidak bisa dipungkiri lagi, Perfect Grade adalah versi Gunpla yang terbaik yang bisa kamu dapatkan di pasar saat ini juga. Skala Gunpla ini adalah 1/60 dengan ketinggian sekitar 30 cm. Dengan kualitas yang tinggi, Gunpla ini pun dipatok dengan harga yang juga tergolong tinggi, yaitu sekitar Rp 1,5juta hingga Rp 3juta.

Sekian artikel mengenai “Apa saja yang perlu kamu ketahui tentang action figure Gundam”. Raziata berharap, dengan artikel singkat mengenai Gundam Plastic Model (Gunpla) bisa memberikan wawasan yang berguna bagi pecinta mainan Gundam yang keren ini dan kami berharap kamu tahu apa yang akan kamu beli nantinya. Bagaimana? Apakah kamu sekarang sudah mengerti? Versi Gunpla yang mana yang menjadi favoritmu? Sampaikan pada kolom komentar di bawah ya..

Source : raziata.com