AYODOLAN.COM - Make Your Trip Easier

Sering kali para traveler bingung untuk memilih destinasi wisata, atau mungkin mengalami kesulitan untuk mencari informasi detail mengenai destinasi wisata.
Menurut hasil wawancara dari 20 traveler menunjukkan,

  • 70% responden tidak mencari informasi destinasi wisata melalui website karena informasi yang tersedia dirasa kurang dan tidak akurat.

  • Hampir 90% responden pernah merasa kesulitan karena kurangnya informasi yang tersedia.

Berdasarkan hasil wawancara diatas, traveler tidak tertarik untuk mencari informasi di website yang menyediakan informasi mengenai destinasi wisata karena minimnya informasi yang diberikan. Informasi yang detail dan up to date tentu akan sangat akan bermanfaat untuk lebih siap terhadap apa yang akan dihadapi nantinya dalam perjalanan ataupun di lokasi wisata tersebut.

Untuk memenuhi permasalaan di atas maka dibuatlah website yang bernama AyoDolan. AyoDolan adalah sebuah website yang bertujuan untuk memberikan informasi lengkap pariwisata seluruh Indonesia. Dengan AyoDolan, para traveler tidak akan bingung lagi untuk mencari informasi mengenai destinasi wisata yang ada di Indonesia karena berisikan informasi yang detail dan juga juga up to date. Seperti halnya informasi mengenai tiket, apabila tidak up to date tentu traveler akan sangat dirugikan saat harga yang melebihi ekspektasi dari informasi yang diberikan website tidak up to date. Seperti Motto dari produk kami adalah Make Your Trip Easier, maka fokus kami adalah untuk memberikan kemudahan semaksimal mungkin kepada pelanggan mengenai informasi destinasi wisata yang ada di Indonesia.

Fitur-fitur yang didapatkan pada AyoDolan adalah:

  • Rute perjalanan / Alternatif
    Ayodolan.com menyajikan informasi yang membantu traveler agar sampai pada destinasi wisata dengan memandu perjalanan berdasarkan rute perjalanan yang tersedia. Sehingga traveller bisa memilih jalan mana yang ingin dia lewati jika ingin menghindari macet ataupun singgah ke suatu tempat terlebih dahulu.
  • Testimoni pengunjung
    Traveller biasanya tidak tertarik mengunjungi suatu wilayah karena banyak kabar yang beredar yang tidak jelas, baik itu via website maupun berita dari teman. Dengan adanya testimoni dari pengunjung mengenai destinasi wisata yang ada hal tersebut dapat memberi gambaran yang pasti mengenai kondisi wisata yang ada.
  • Harga tiket
    Harga tiket masuk / retribusi yang tidak pasti dari suatu wilayah biasanya dapat mengurungkan minat traveller untuk mengunjunginya, bayangkan saja jika kita sudah datang ke tempat wisata tersebut dan ternyata harga tiket masuknya sangat mahal, pasti akan membuat kita sangat kecewa. Namun informasi harga juga akan disediakan di AyoDolan.com lengkap dengan biaya retribusi lain yang mungkin ada.
  • Informasi fasilitas
    Agar tidak kecewa dengan fasilitas yang ada di sebuah tempat wisata, AyoDolan.com menyediakan informasi lengkap fasilitas-fasilitas apa saja yang ada dalam sebuah tempat wisata.
  • Jam operasional
    Informasi mengenai jam buka - tutup tempat wisata yang ada agar traveller tidak kecewa datang pada saat yang tidak tepat.
  • Up to date Information
    Informasi yang ada dalam database kami akan selalu diperbarui berdasarkan kondisi lapangan yang ada.

Ingin tahu lebih jauh mengenai AyoDolan.com? Mari simak video berikut:
AYODOLAN.COM - Make Your Trip Easier - YouTube

Untuk dapat mengembangkan ide produk ini mungkin perlu adanya kerjasama dengan pemerintah daerah agar informasi yang didapat dari ayodolan.com lebih lengkap dan jelas.

Tentu tidak hanya pemerintah daerah saja mas agar produk AYODOLAN.COM menjadi berkembang, tetapi juga pada penggunanya. Dalam hal pengembangan tentu pengguna harus turut serta dalam memberikan saran agar AYODOLAN.COM menjadi lebih baik lagi.

Namun, customer tentu tidak akan datang dengan sendirinya untuk memberikan saran kecuali dari pihak pengembang produk mampu melakukan seperti yang tertulis pada artikel “Lakukan 4 Hal Ini Agar Pelanggan Mau Berikan Ulasan untuk Produk Kamu”, yaitu:

1. Sesuai dengan target market
Agar tujuan untuk mendapatkan review customer tepat sasaran, maka harus terlebih dahulu mempelajari target pasar. Misalnya, jika target pasar adalah anak muda atau dewasa, maka kamu dapat meminta mereka untuk memberikan ulasan karena mereka sudah familiar dengan teknologi internet.

2. Menyampaikan dengan efektif
Strategi lain yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan gift atau souvenir yang dapat berupa voucher potongan harga atau merchandise promo bagi customer yang memberikan ulasannya. Dalam menerapkan strategi tersebut, kamu dapat menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.

3. Memberikan kemudahan agar pelanggan memberikan review
Terkadang pelanggan kesulitan dalam menemukan fitur yang digunakan untuk memberikan masukan tersebut. Karena itu, menyediakan fitur yang mudah digunakan sangat direkomendasikan bagi pelaku usaha online. Misalnya dengan mengirimkan ulasan melalui email atau memberikan komentar di sosial media.

4. Terbuka terhadap review negatif
Dalam memberikan review, pelanggan tidak hanya akan memberikan review yang positif saja, tapi juga yang negatif. Dengan mendapatkan review negatif, maka dapat mengevaluasi kinerja bisnis dan segera memperbaikinya.

Untuk mensukseskan pengembangan produk ini, tidak hanya bekerjasama dengan pihak pemerintah saja, tetapi juga harus bekerjasama dengan pihak swasta yang terkait dengan bidang pariwisata.