Austin Healey, mobil balap malapetaka

Gambar diatas merupakan mobil balap legenda Austin Healey. Konon mobil tersebut pernah membawakan sebuah malapetak besar bagi para pengemudi dan penonton balapan. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai mobil ini?

Mobil ini ada di museum angkut sekarangg. Dulu mobil ini menjadi penyebab kecelakaan yang menewaskan 84 penonton lomba ketahanan 24 jam di Le Mans Prancis 1955. Kecelakaan itu melibatkan tiga pembalap: Lance Macklin (Austin Healey), Mike Hawthorn (Jaguar), dan Pierre Levegh (Mercedes 300SLR).

Kecelakaan bermula saat Mike Hawthorn secara tiba-tiba berbelok ke pit lane. Dengan reflek Lance Macklin membanting setir ke jalur Pierre Levegh berada.

Akibatnya tabrakan tak terhindarkan, dan mobil yang dikendarai Levegh terbang menabrak pembatas.

Usai tragedi itu, Austin Healey disita oleh otoritas Prancis untuk keperluan penyelidikan. Dikembalikan ke perusahaan Inggris 18 bulan kemudian.

Mobil direstorasi oleh Donald Healey Motor. Austin Healey yang diperbaiki di pabrik Warwick, selanjutnya digunakan lagi oleh privateer dalam kompetisi balap serupa di akhir tahun 1950an, dan pensiun di era 1960-an.

Setelah itu mobil dengan plat seri NOJ 193 dijual ke swasta, sebelum dibeli pemilik baru seharga 155 poundsterling di tahun 1969.