ASTM (American Standard Testing and Material)

ASTM adalah standar internasional dan organisasi pengujian dengan kantor pusat di West Conshohocken, PA dan kantor di Belgia, Kanada, Cina, Meksiko dan Washington, DC Didirikan pada tahun 1898 oleh sekelompok insinyur dan ilmuwan Pennsylvania Railroad, yang dipimpin oleh kimiawan Charles Benjamin Dudley , untuk mengatasi seringnya bahan rel kereta api bermasalah di industri kereta api yang berkembang pesat.

Awalnya disebut “American Society for Testing and Materials”, kemudian berubah nama menjadi “ASTM International” pada tahun 2001. Asosiasi ini memiliki lebih dari 30.000 anggota, yang termasuk sebagai pengguna, produsen, konsumen dan kepentingan umum lainnya. dan juga termasuk akademisi dan konsultan.

ASTM mengembangan dan menerbitkan standar teknis yang diterima melalui konsensus dan digunakan secara sukarela untuk berbagai macam produk, material, sistem dan layanan. Sampai saat ini, sekitar 12.000 standar ASTM digunakan di seluruh dunia dengan 143 komite penulisan standar teknis.

Standar dikembangkan sesuai dengan prinsip-prinsip Organisasi Perdagangan Dunia yang mencakup “koherensi, konsensus, dimensi pengembangan, efektivitas, ketidakberpihakan, keterbukaan, relevansi dan transparansi.” Standar internal ASTM dibagi ke dalam enam kategori: Spesifikasi Standar, Metode Uji Standar, Panduan Praktik Standar, Standar Klasifikasi dan Standar Terminologi.

Setiap tahun ASTM International menerbitkan Buku Tahunan Standar ASTM. Standar ini terdiri sekitar 80 volume dan termasuk standar untuk plastik, perekat, dan karet serta besi dan baja, logam nonferrous, metode uji logam dan prosedur analitis, konstruksi, tekstil, isolasi listrik dan elektronik, air dan teknologi lingkungan, nuklir, matahari dan energi panas bumi, peralatan dan layanan medis, dan banyak lainnya.

Seiring dengan pengembangan standar berdasarkan konsensus, ASTM International menawarkan program pelatihan teknis untuk industri dan pemerintah. ASTM juga melakukan uji profisiensi dan program crosscheck antar-laboratorium.

Proficiency Testing Programs adalah program jaminan kualitas statistik. Laboratorium dapat menilai kinerja mereka dengan membandingkan data mereka dengan laboratorium lain yang berpartisipasi dalam program yang sama. Program Pengujian Kecakapan mencakup pengujian plastik dan logam serta hidrokarbon aromatik, produk minyak bumi, cairan pendingin mesin, oktan, dan pengujian tekstil, untuk beberapa nama.

ASTM juga menawarkan program pelatihan termasuk melanjutkan pendidikan atau pelatihan online. Pendidikan lanjutan meliputi kursus tentang plastik, batubara, statistik, kaca, karet, dan tekstil. Sesuai dengan asalnya, ASTM menawarkan kursus pelatihan mandiri online untuk teknisi QA / QC dalam industri konstruksi seperti pengujian semen, pengujian kekuatan beton, dan pengujian agregat dan juga menyediakan pelatihan di tempat.

ASTM juga menawarkan program sertifikasi yang mencakup produk termasuk material, sistem dan layanan serta personel untuk didemonstrasikan melalui kepatuhan pihak ketiga yang independen terhadap standar. Dua di antaranya adalah Program Pelabelan Produk Berbasis BioA Voluntary dan Pusat Nasional Teknologi Aerospace & Transportasi.

Source: https://www.ilmubeton.com/2018/07/mengenal-astm-american-standard-testing.html

izin bertanya, bagaimana dengan standar diluar amerika? atau seluruh material dan testing harus selalu merujuk ASTM?