Aspek apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih Laptop Gaming?

DI jaman game next game seperti sekarang, memiliki gadget yang mumpuni untuk memainkan game terbaru butuh perhatian yang sungguh sungguh dalam memilih.
Kira kira apa saja yang harus saya teliti saat membeli sebuah laptop untuk bermain game?

Sebenarnya, memilih laptop daripada PC lebih riskan, karena laptop memiliki daya tahan yang lebih rapuh daripada PC. Lagipula, PC juga lebih mudah “dibongkar-pasang” untuk upgrade, jadi tidak perlu khawatir akan part yang tergores atau luka karena platformnya yang lebih luas.

Akan tetapi, jika memang budget hanya cukup untuk membeli laptop, berikut tips-tipsnya:

  • Perhatikan “power” nya
    Power disini bisa berarti performa dan daya. Memiliki performa yang kuat dengan processor yang kuat pula adalah hal yang bagus, akan tetapi kamu juga harus perhatikan bahwa menggunakan processor yang bagus juga memerlukan daya yang besar. Selain itu, semakin kuat komponen yang kamu punya, semakin besar pula kemungkinan untuk laptop menjadi cepat panas dan membutuhkan banyak usaha untuk membuatnya tetap dingin. Jangan tertipu dengan spesifikasi CPUnya terlebih dahulu, karena seringkali hal yang terpenting dari laptop bukan hanya dari kuantitasnya, tapi juga kualitasnya. Hal ini akan benar-benar mempengaruhi cara kerja dan konfigurasi laptop kamu.

  • Biaya
    Jika finansial kamu mepet dan tidak bisa menghabiskan banyak pengeluaran sedangkan kamu ingin bermain game game keluaran terbaru yang sempat di presentasikan di E3 kemarin, tidak ada salahnya untuk memilih laptop gaming yang murah atau sesuai dengan budget kamu. Meski murah berarti banyak hal yang kurang pula, laptop sejenis ini masih bisa menawarkan power yang sepadan dan mampu untuk menangani game game kebanyakan. Kamu juga bisa merombak atau meng upgrade komponen bawaan laptop laptop murah tersebut dikemudian hari. Intinya, kamu harus bisa mengatur keuangan kamu dengan konfigurasi laptop yang kamu butuhkan.

  • Harus punya Hard Drive yang bagus.
    Kebanyakan orang masih banyak yang memilih untuk menggunakan hard drive berdasarkan hard disc putar karena kemampuannya yang praktikal dan terpercaya. Akan tetapi, jika kamu menginginkan laptop gaming yang bagus, kamu membutuhkan sistem bagus dan akses informasi cepat, yang mana tidak dimiliki setiap hard drive. Jadi, mencari hard drive yang bagus akan menambah kemampuan gaming laptop kamu.

  • Mengatur suhu laptop
    Kamu harus memikirkan masalah suhu laptop dan bagaimana suhu tersebut akan mempengaruhi kemampuan laptop untuk menangani game, terutama game game yang meminta spesifikasi tinggi yang akan membuat laptopmu akan cepat panas. Tidak perlu khawatir karena diluar sana banyak sekali peripheral serta aksesoris pendingin yang dijual terpisah agar laptopmu senantiasa berada pada suhu optimal. Kamu juga harus perhatikan apabila laptop kamu kepanasan, jangan sampai pendingin laptopmu terdengar seperti jumbo jet sedang take off.

  • Laptop gaming terbaik pilihan
    Pada akhirnya, yang paling penting adalah untuk mempertimbangkan semua aspek laptop gaming kamu nanti sehingga kamu mendapatkan pilihan yang terbaik. Tujuanmu sekarang adalah mencari laptop yang cukup kuat dan tahan banting alias awet, Dilain hal, sementara jangan tergoda dengan bisikan laptop laptop pabrikan yang menawarkan spesifikasi yang bagus dan power yang besar, karena kamu harus menyesuaikan laptop gaming pilihanmu sesuai dengan kemampuanmu baik di finansial maupun spesifikasi laptop itu sendiri.

Sumber: Nona Gadget

2 Likes

Saya setuju dengan pendapat dari @sk8lintang.

Hal yang perlu kita perhatikan ketika kita hendak membeli sebuah gaming laptop adalah dengan memperhatikan kualitas dan harganya.

Untuk kualitas, spesifikasi gaming laptop tentunya tidak main-main dan sangat bagus. Namun laptop tetaplah laptop. Suatu saat benda tersebut pasti akan mengalami yang namanya “kadaluarsa”. Berbeda dengan PC, spesifikasi PC lebih fleksibel dan bisa diganti-ganti ketika salah satu perangkat CPU mengalami kerusakan, dan biaya untuk menggantinya relatif lebih murah dari biaya reparasi laptop.

Dari segi harga, kebanyakan gaming laptop dijual dengan harga yang sangat mahal. Lihat disini. Jika dibandingkan antara laptop seharga 20 juta dan PC (CPU only) seharga 20 juta, maka saya lebih cenderung ke PC. Meski laptop bisa dibawa kemana-mana karena praktis, dengan harga sebesar itu, saya dapat merakit PC yang jauh lebih bagus dari gaming laptop.

Dalam link yang saya bagikan diatas, gaming laptop dengan nama Velocity Micro Signatur 17 merupakan gaming laptop terbaik sekaligus termahal saat ini dengan harga $2.600. Sedangkan saya pernah merancang PC melalui situs pcpartpicker, lihat disini, dengan harga $1297.82 yang jauh lebih murah dibandingkan laptop tersebut, saya dapat bermain game dengan kualitas tinggi.

Demikian pendapat dari saya :smile:

Referensi

saya juga masih setuju dengan dua pendapat diatas.
memilih sebuah laptop gamming, atau sebuah personal computer gaming adalah sesuatu yang memang betul betul diperiksa oleh seorang pembeli. akan tetapi, orang yang masih awam dengan dunia digital atau dunia elektronik ini seharusnya sangat memperhatikan sebuah keunggulan keunggulan dari tiap tiap laptop yang ada di sebuah pasar.

Akan halnya, termasuk didalam sebuah kebutuhan dari seorang user dalam memilih laptop biasa maupun gamming sesuai kebutuhan bagi seorang pembeli atau user. seperti contoh seorang user ingin membeli laptop dengan spesifikasi yang memang dibutuhkan, seperti user adalah seorang pekerja kantoran atau user adalah seorang gammer.
Sehingga, ketika user memilih laptop, apalagi dengan spesifikasi gamming harus pintar pintar memilih spesifikasi yang tepat, seperti pendapat diatas.

sumber :


1 Like