Aspek apa saja yang ada pada Quality Assurance dalam plan quality manajement ?

manajemen_proyek
manajemen_kualitas

(M Kahfi) #1

kualitas

Quality assurance (QA) adalah setiap proses sistematis untuk menentukan apakah suatu produk atau layanan memenuhi persyaratan yang ditentukan.

QA menetapkan dan memelihara persyaratan yang ditetapkan untuk mengembangkan atau memproduksi produk yang dapat diandalkan. Sistem penjaminan mutu dimaksudkan untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan dan kredibilitas perusahaan, sekaligus memperbaiki proses kerja dan efisiensi, dan memungkinkan perusahaan untuk lebih bersaing dengan orang lain.

Apa saja proses dan aspek dari Quality Assurance dalam plan quality manajement ?


(Prasetyo Margaret Wibisono) #2

Quality Assurance diharapkan memenuhi aspek-aspek sebagai berikut :

  • Sebagai proses menjalankan apa yang sudah ditetapkan dan direncanakan

  • Sebagai proses mengawal strategi pencapaian kualitas supaya berjalan sesuai dengan apa yang telah ditetapkan, supaya memenuhi persyaratan pengujian dan evaluasinya serta memenuhi metoda pelaksanaan yang baik, dengan urutan kerja yang benar dan kelengkapan material, alat dan sumber daya manusia yang sesuai dengan jenis pekerjaan yang sedang dilaksanakan

  • Sebagai proses mengevaluasi pelaksanaan apakah sesuai dengan rencana strategi pencapaian kualitas dalam batas toleransi yang dapat diterima

  • Sebagai proses identifikasi dan pencegahan/antisipasi masalah yang mungkin timbul dari kondisi lokasi kerja, material, alat dan sumber daya manusia yang ada serta melakukan evaluasi dan antisipasi problem dengan mengacu pada strategi yang telah direncanakan sebelumnya

  • Sebagai fungsi memberikan verifikasi keselarasan pelaksanaan pekerjaan dari pemenuhan kualitas, biaya dan waktu terhadap rencana