Asal Usul Saus Tartar

Saus Tartar adalah saus berwarna putih kental yang terbuat dari mayonese, bawang Bombay, asinan ketimun, caphre, dan parsley.

Saus Tartar. Apakah kamu familiar dengan jenis saus satu ini? Jika iya, kemungkinan pertama, kamu adalah penggemar SpongeBob SquarePants. Saus Tartar memanglah kata yang sering diucapkan spongebob atau Patrick di dalam serial kartun mereka. Tapi adakah yang tahu seperti apa sebenarnya saus Tartar?

Konon, saus ini ditemukan di wilayah Prancis Timur. Nama saus tartar berasal dari nama salah satu suku di Mongolia bernama, Tatar. Ketika itu, bangsa Mongol di bawah kepemimpina Gengis Khan telah melakukan ekspansi hingga wilayah Eropa Timur seperti Ukraina dan sebagian wilayah Rusia.

Pada mulanya Saus Tartar selalu disajikan bersama hidangan laut seperti ikan, udang goreng, atau kerang. Namun setelah Saus Tartar menyebar ke berbagai penjuru dunia, pada tahun 1946, Firsch — perusahaan pembuat Saus Tartar ternama di Amerika, mengkombinasikan Saus Tartar ke dalam double decker burger di restoran pertama mereka.

Tentu saja hal ini mendapat respon positif dari masyarakat karena berhasil menyuguhkan cita rasa baru pada burger. Setelah Saus Tartar booming, terjadi sedikit perdebatan antara Firsch dan Tucker’s Restoran yang sama-sama mengklaim sebagai restoran pertama yang menyajikan burger dengan Saus Tartar. Hal ini rupanya justru semakin melejitkan persona Saus Tartar dikalangan restoran burger Amerika. Firsch bahkan meluncurkan Hari Saus Tartar Nasional pada tanggal 3 Maret.

Referensi: