Artificial Intellegent apa yang sedang berkembang saat Ini?

Perkembangan teknologi setiap harinya terus bertambah secara eksponensial, dan akhir - akhir ini khususnya dalam bidang AI atau Artificial Intelligence mulai berkembang pesat, pertanyaan saya adalah Apa Artificial Intellegent yang Sedang Berkembang Saat Ini?

1. Autonomous Car

Mobil tanpa supir belakang ini mulai berkembang, perusahaan-perusahaan seperti google, uber, toyota,dan nissan mulai berinvestasi di sektor ini. Bukan tanpa alasan, memang penyebab utama terjadinya kecelakaan lalu lintas adalah faktor manusianya sendiri. Misalnya ketika berkendara mereka lebih fokus terhadap handphone mereka, mengendara saat mengantuk atau mabuk, dan sebagainya. Mobil tanpa supir menjadi solusi atas permasalahan ini, dengan AI maka resiko kecelakaan dapat ditekan hanya dengan algoritma-algoritma tertentu. Bukan hanya mobil, kedepannya transportasi masal pun akan dikendalikan oleh AI sehingga transportasi umum menjadi transportasi yang aman dan jadwal keberangkatan yang pasti.

537419-ipa-siri-intelligent-personal-assistant-apple-iphone-flickr

2. Virtual Assistant

Virtual assistant seperti siri, cortana, dan google assistant mulai banyak diminati. Kebutuhan pengguna smartphone yang padat membuat mereka membutuhkan assisten untuk mengingatkan kapan mereka harus bangun, kapan mereka harus makan, cuaca di luar rumah seperti apa, dan sebagainya. Virtual assitant ini sangat penting untuk membantu kita ketika kita tidak tahu sesuatu atau ketika kita ingin diingatkan. Selain itu AI yang satu ini bisa menjadi hiburan tersendiri bagi penggunanya dengan cara meminta virtual assistant untuk melakukan hal-hal aneh.

3. Chatbot

Melihat banyaknya komunikasi yang terjadi, banyak juga permasalahan yang harus dihadapi. Ketika sesorang akan komplain terhadap perusahaan atau instansi, biasanya adalah tugas seorang costumer service untuk meladeni omelan-omelan mereka. Namun belakang ini chatbot mulai menggatikan posisi costumer service karena dianggap pekerjaan ini terlalu melelahkan bagi manusia. Chatbot adalah AI yang membalas pesan atau chat, bisa juga untuk menjawab telepon dari seseorang. Chatbot ini menjawab sesuai dengan kata kunci yang dikirim oleh lawan bicara, dengan algoritma tertentu chatbot akan membalas sesuai dengan maksud lawan bicara. Perusahaan seperti google dan microsoft sedang mengembangkan AI chatbot ini.

SUMBER :

Google Brain adalah proyek penelitian kecerdasan buatan yang mendalam di Google. Ini menggabungkan penelitian pembelajaran mesin terbuka dengan rekayasa sistem dan sumber daya komputasi skala Google. Misi Google Brain adalah untuk memperbaiki kehidupan masyarakat dengan membuat mesin lebih cerdas. Untuk melakukan ini, tim berfokus pada membangun model dengan tingkat fleksibilitas tinggi yang mampu mempelajari fitur mereka sendiri, dan menggunakan data dan perhitungan secara efisien.
Karena Tim Google Brain menggambarkan "Pendekatan ini sesuai dengan subyek Deep Learning ML yang lebih luas dan memastikan pekerjaan kita pada akhirnya akan membuat perbedaan untuk masalah kepentingan praktis. Selanjutnya, keahlian kami dalam sistem melengkapi pendekatan ini dengan memungkinkan kami membuat alat untuk mempercepat Penelitian ML dan membuka nilai praktisnya bagi dunia.

image

Numenta adalah perusahaan intelijen mesin yang telah mengembangkan teori kohesif, perangkat lunak inti, teknologi dan aplikasi berdasarkan prinsip neokorteks. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 4 Februari 2005 oleh pendiri Palm Jeff Hawkins dengan mitra bisnis lamanya Donna Dubinsky dan mahasiswa pascasarjana Stanford Dileep George. Numenta berkantor pusat di Redwood City, California dan didanai secara pribadi. Numenta telah mengembangkan sejumlah contoh aplikasi untuk mendemonstrasikan penerapan teknologinya. Produk komersial pertamanya, Grok, menawarkan deteksi anomali untuk analisis TI, memberikan wawasan tentang sistem TI untuk mengidentifikasi perilaku yang tidak biasa dan mengurangi downtime bisnis. Grok telah dilisensikan ke mitra strategis mereka, Avik Partners. Aplikasi lainnya meliputi pemantauan stok, pelacakan geospasial dan perilaku nakal.

Sumber :


Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan adalah kawasan penelitian atau sebuah studi mengenai aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang dalam pandangan manusia adalah cerdas.

Di masa depan dengan adanya eksistensi AI, tentunya kehidupan manusia jauh lebih mudah daripada sekarang, namun dilihat dari sisi lainnya, kehidupan manusia juga akan menjadi jauh lebih susah karena lapangan pekerjaan akan banyak diambil oleh program dan robot.
Contoh dari Kecerdasan buatan yang sedang berkembang saat ini sangatlah banyak namun yang ingin saya jelaskan lebih dalam adalah AI yang berhubungan dengan dunia marketing.

  1. Rekomendasi
    Akhir - akhir ketika saya melakukan browsing video di youtube ataupun mencari lagu di spotify, pada bagian awal antarmuka kita selalu ditampilkan pada menu “Reccomended” yaitu pilihan yang kira - kira kita akan suka. Pemanfaatan algoritma AI untuk rekomendasi ini mulai banyak digunakan untuk kegiatan marketing lainnya

  2. Mesin Pencari / Search Engine
    Kita sering meremehkan eksistensi dari sebuah search engine, padahal kita bisa menemukan apapun yang kita inginkan terlepas itu dari bahasa apapun hanya dalam hitungan detik

  3. Target Iklan
    Selain rekomendasi, saya juga sering mendapatkan iklan di facebook maupun website sosial lain berdasarkan benda yang benar - benar saya butuhkan atau sedang saya cari. dengan adanya AI ini diharapkan penjualan dapat selalu tepat sasaran.

  4. Bot
    Belakangan ini Bot atau yang biasa kita sebut ChatBot sudah mulai menggantikan posisi manusia dalam sebuah komunikasi layanan servis. Karena pembicaraan dalam sebuah layanan servis selalu berputar dilingkup itu saja, peran Bot bisa menggantikan manusia secara total di masa depan.

Sumber: