Aplikasi yang dapat menunjang kemampuan bernyanyi?

Setiap orang pasti punya hobby yang beda-beda, salah satunya adalah bernyanyi. Aplikasi apa aja sih yang bisa meng-improve kemampuan bernyanyi kita?

image

Banyak orang menyukai musik, kendati cara menampakkannya berbeda-beda. Beberapa di antaranya menunjukkan kecintaan akan musik hanya dengan mendengarkannya baik melalui radio, televisi, MP3 player atau smartphone. Dan sebagian lainnya lebih ekspresif dengan menyanyikannya. Bahkan tak jarang sambil bergoyang.

Untuk tipe kedua, biasanya memilih tempat-tempat karaoke untuk menyalurkan hobinya itu. Atau bahkan tak sedikit yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli perlengkapan elektronik pendukungnya.

Padahal sebenarnya cukup dengan smartphone sobat sudah bisa karaokean. Selain smartphone, sobat perlu memasang aplikasi bernama Sing! Karaoke by Smule.

Apa itu Sing! Karaoke by Smule, apa benar aplikasi ini bisa untuk karaokean?

Dipelajari dari lapak resminya di Google Play Store, Sing! Karaoke by Smule memang betul aplikasi yang menyuguhkan fitur-fitur bagi yang gemar karaokean. Bahkan aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur perekam suara, efek-efek audio, duet dengan artis idola Anda dan berbagi ke platform globalnya supaya orang lain bisa mendengarkan suara emas Anda.

Sing! Karaoke by Smule adalah aplikasi yang tak lain diciptakan oleh pengembang bernama Smule dan memulai debutnya pada 8 Agustus 2012 di App Store. Bagi Smule aplikasi ini merupakan proyek paling sukses yang menghantarkan Smule ke posisi yang sekarang. Walaupun jauh sebelum Sing! sudah ada beberapa aplikasi yang lahir lebih dulu. Seperti Sonic Boom yang diluncurkan di tahun 2008, kemudian Magic Fiddle di 2010, termasuk Glee Karaoke yang juga menggarap kategori yang sama.

Untuk platform Android sendiri Sing! Karaoke by Smule sudah mencatatkan angka unduhan sebanyak 50 juta. Beban file sebesar 41MB harus dibawa jika Anda berniat memasangnya di ponsel Android Anda. Minimal sistem operasi yang bisa menjalankannya adalah 4.0.3 atau yang lebih baru.

Di dalamnya terdapat berbagai kategori musik seperti pop, metal, rock, klasik dan lain-lain atau pilihan kategori berdasarkan artis dan negara. Sing! mempunyai sistem rekomendasi yang didasarkan pada preferensi masing-masing pengguna.

Seperti yang sudah disinggung di atas, Sing! juga menawarkan platform unik di mana pengguna dapat terhubung ke jaringan komunitas Smule. Di sana pengguna dapat saling berinteraksi lewat suara dan menyanyikan lagu bersama anggota komunitas yang menyukai lagu tertentu.

soundcloud

Banyak platform-platform saat ini yang menyediakan fitur musik. Salah satunya adalah SoundCloud. SoundCloud adalah sebuah platform audio online yang mengijinkan penggunanya untuk berkolaborasi, promosi, dan mendistribusikan rekaman percakapan, lagu, maupun mp3 yang dibuat ke situs SoundCloud. Tidak hanya untuk menyalurkan hobby menyanyi, SoundCloud juga sudah melahirkan penyanyi-penyanyi papan atas saat ini.

SoundCloud awalnya dibuat di Stockholm, Swedia, tetapi mulai resmi didirikan di Berlin, Jerman pada Agustus 2007 oleh disainer musik Alex Ljung dan artis Eric Wahlfross. SoundCloud mulanya mengijinkan musisi to berbagi lagu mereka dengan pengguna lain kemudian bertransformasi menjadi sebuah alat untuk mempublikasikan penuh track lagu mereka.

Beberapa bulan setelah SoundCloud beroperasi, SoundCloud mulai menantang dominasi MySpace sebagai platform musisi untuk berbagi lagu para penyanyi dan berinteraksi bersama penggemar.

Kelebihan aplikasi Soundcould:

  1. Kita bisa membagikan hasil rekaman suara langsung menuju media sosial yang kita inginkan tanpa harus ribet dengan membuka aplikasi tersebut tetapi kita harus membuat akun terlebih dahulu di souncould agar mudah mengaksesnya.
  2. Aplikasi ini bisa merekam sekaligus mendengarkan lagu di souncould, dan di aplikasi ini terdapa jutaan koleksi lagu.
  3. Selain mendengarkan musik disini kita juga bisa mengunduh lagu-lagu yang kita inginkan tanpa harus mencari di aplikasi atau website lainnya secara gratis.
  4. Mungkin banyak orang merasa marah ketika membuka suatu aplikasi dan terdapat suatu iklan diaplikasi tersebut. Namun di souncould ini tidak ada iklan sama sekali sehingga terlihat lebih rapih dan kalaupun ada iklan sangat jarang sekali.
  5. Memiliki kecepatan download yang baik ketika mendownload sebuah lagu dan juga aplikasi perekam suara yang sangat bagus karena jarang atau tidak pernah diaplikasi ini terjadi eror.

image

Kurang percaya diri dengan kemampuan bernyayi? Ingin berlatih terlebih dahulu? Kalian bisa bisa melakukannya di aplikasi karaoke yang bernama The Voice: On Stage - Sing. Tampilan aplikasi ini asyik banget. Kamu bisa follow para pengguna lain dan bisa dengan cepat merekam video berkaraoke.

Tersedia banyak pilihan lagu dari penyanyi dunia dalam daftar yang selalu diperbarui setiap hari. Sebelum berkaraoke, kamu bisa pilih filter untuk video, juga memilih efek suara. Fitur efek suara yang mengagumkan antara lain Auto-Tune, Pitch Pointer, Vocal Guides dan banyak lainnya. Dan aja juga fitur penyediaan teks. Hasil rekaman bisa disimpan ke memori ponsel. Bisa juga dibagikan ke media sosial dengan klik tombol Share.

Jika anda bernyanyi dengan benar, maka empat juri yang ada di layar akan berbalik. Namun jika Anda tidak bernyanyi dengan cukup baik, maka juri yang ada di layar tidak akan menyalakan lampunya.

Aplikasi ini sudah diunduh oleh lebih dari 50 juta orang. Dan mendapatkan rating 4 bintang di Google Play.