Aplikasi perangkat lunak (Software) seharusnya gratis

  • Agree
  • Not Agree

0 pemilih

Seiring perkembangan zaman kita seringkali menggunakan aplikasi perangkat lunak di dalam kehidupan kita sehari-hari atau yang biasa disebut software. Software sendiri terdiri menjadi dua bagian, yaitu software berbayar atau yang biasa disebut dengan paidware dan software gratis atau yang biasa disebut dengan freeware.

Menurut pendapat anda apakah lebih baik aplikasi perangkat lunak yang ada seharusnya dijadikan berbayar atau gratis?

:negative_squared_cross_mark: Not Agree

Dengan diberlakukannya aplikasi berbayar, itu akan melindungi developer. dimana karya-karya mereka dapat dihargai secara mulia. dan kita pun dengan aplikasi yang berbayar bisa memakainya lebih leluasa daripada aplikasi gratis

:white_check_mark: Agree

Ada beberapa hal yang membuat software atau perangkat lunak digratiskan:

  1. Dengan digratiskannya software, tentunya banyak developer yang tertarik untuk memodifikasi software tersebut tanpa menghilangkan ‘identitas software’ (seperti android misalnya) sehingga dapat tersedia diberbagai platform.
  2. Tak semua software berbayar mempunyai daya dukung untuk hardware atau perangkat keras lama. Suatu software yang gratis atau open source dapat dimodifikasi untuk dapat berjalan di hardware yang lama tanpa mengurangi fungsi dan tujuan software tersebut.
  3. Software gratis akan tetap dilestarikan oleh developer meski perusahaan atau developer pembuat software tidak lagi mendukung atau memperbaharui software tersebut.
  4. Software alternatif yang gratis (seperti Libreoffice, GIMP, dll) dapat memperkaya kemampuan pengguna dalam menggunakan software sejenis dengan interface berbeda dan hasil yang sama.
  5. Software open source memiliki lisensi terbuka. Jadi, berbagai developer dapat membuat berbagai software yang source code-nya dapat diadaptasi dari software open source tersebut.
  6. Software gratis belum tentu tidak menghasilkan pendapatan untuk developer yang membuatnya. Bisa saja developer menggunakan iklan di dalam software-nya namun dengan penataan yang seakan-akan bukan iklan. Hal tersebut dapat ditemui di dalam game Tahu Bulat. Di dalamnya terdapat iklan Tokopedia yang dimanipulasi dalam bentuk level upgrade.

Sumber:http://www.makeuseof.com/tag/5-reasons-software-free-open-source/

:negative_squared_cross_mark: Not Agree

Membuat aplikasi berbayar adalah salah satu cara dari sebuah perusahaan/developer untuk memperoleh pendapatan serta untuk melakukan pengembangan pada aplikasi yang bersangkutan, jika aplikasi tersebut dibuat menjadi aplikasi gratis, maka perusahaan/developer akan sulit memperoleh pendapatan dan mengembangkan aplikasi yang ada, kecuali aplikasi yang mereka buat memang sudah terkenal, karena jika sebuah aplikasi sudah terkenal di masyarakat, pendapatan tidak hanya didapat dari pembelian aplikasi tersebut, melainkan dari pihak luar.