Aplikasi pembelajaran daring apakah yang kalian sukai?

Upaya pemerintah untuk mencegah penularan covid 19 yaitu pemerintah mengeluarkan kebijakan agar sekolah-sekolah meminta siswanya untuk belajar di rumah. Salah satu andil pemerintah pertama kali yaitu mengadakan proses pembelajaran melalui televisi di mulai dari jenjang PAUD, SD, SMP dan SMA.Guru harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, walaupun siswa berada di rumah untuk itu guru dituntut dapat mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring.

Banyak sekali aplikasi pembelajaran daring yang dapat digunakan oleh guru maupun dosen dalam pembelajaran. Seperti, Google Classroom, ZOOM, Microsoft Teams, Google Meet, dan sebagainya.Tentu tiap aplikasi memiliki kelemahan dan kelebihan masing masing. Nah, apa kira-kira aplikasi pembelajaran yang Youdics sukai, dan apa alasannya?

Kalau saya sendiri suka sih suka dengan media google classroom, karena menurut saya media ini cukup sederhana dan mudah digunakan. Untuk berdiskusi pun gak ribet sih fiturnya juga mudah digunakan.
Kelebihan google classroom selain mudah digunakan juga file yang dikirim bisa masuk ke google Drive jadi tidak usah khawatir kalau filenya hilang atau tidak terkirim. Kalau ada pengumuman apapun juga dari dosen pasti masuk juga ke email jadi bisa langsung di cek. Yang paling penting gak ada iklan sih jadi tidak terganggu sama iklan-iklan yang lewat. Kalau kelemahannya sih mungkin dari segi penyimpanan kalau misalnya google Drive penuh biasanya akan sulit untuk di kirim. Tampilannya juga kurang menarik sih tapi saya gak terlalu memikirkan tampilannya yang penting nyaman dan mudah saja digunakannya.

Saya sendiri aplikasi daring yang paling saya sukai adalah aplikasi Zoom. Karena aplikasi ini jarang lemot, walaupu terkadang jika digunakan di handphone mengakibatkan suhu hp cepat panas, namun dibandingkan dengan Google Meet saya lebih suka Zoom.

Zooom dan Google Classroom. Selama ini yang aku rasain sih kalo pake zoom lebih stabil gitu daripada yang lain. Terus User Interfacenya lebih nyaman di mata dan fitur fiturnya yang menarik. Selain zoom, ada google classroom. Untuk google classroom lebih ke pembagian materi dan penugasan. Materi yang dishare juga gak gampang hilang, terus udah bisa ke konek langsung ke google drive. Jadi misal mau submit tugas gitu tinggal copy dari drag copy langsung lewat google drive.

Kalo saya lebih suka media pembelajaran zoom dan telegram.Di zoom dan telegram punya fitur² menarik dan memudahkan penggunanya untuk belajar daring di situasi pandemi saat ini.