Aplikasi manajemen proyek apa yang membantu proyek Anda beroperasi dengan lancar?

Jika Anda memiliki suatu proyek yang besar maka dibutuhkan aplikasi yang efektif dan efisien agar proyek yang dijalani terstruktur dengan baik, oleh karena itu aplikasi apa yang dapat mengatur kinerja kerja suatu tim agar tujuan dari proyek tersebut tercapai?

1 Like

TRELLO

Trello dibuat oleh Fog Creek Software Company yang berasal dari New York dan dirilis sekitar tahun 2010. Trello merupakan suatu aplikasi gratis yang berbasis web yang dapat menunjang kinerja kerja suatu proyek. Trello bersifat real-time, artinya kita bisa melakukan sebuah perubahan di dalam board, maka rekan kerja akan mengetahuinya dan mendapat notifikasi serta tercatat dalam Activity Stream saat itu juga jika terhubung dengan internet.

Fitur-fitur Trello :

  1. Organisasi Grup
    a1
    Kita bisa menambahkan lebih dari satu grup atau juga tim kerja di dalam Trello yang bisa diatur sebagai private atau public. Di dalam sebuah grup kita juga bisa menambahkan lebih dari satu “Board”. Tambahkan grup baru pada tombol New Organization di sebelah kanan halaman profil anda (bila anda sudah login ke dalam Trello).

  2. Board
    a2
    Board di dalam Trello bisa diasumsikan sebagai sebuah papan tulis besar tempat kita meletakkan to do list note. Satu board bisa digunakan sebagai sebuah project dan kita bisa menambahkan, mengubah atau pun mengatur panel-panel di dalam sebuah board tersebut. Tambahkan member atau rekan kerja yang terlibat di dalam sebuah project tersebut dengan menekan tombol Add Members.

  3. Card
    a3
    Card diartikan sebagai to do list di dalam Trello. Tambahkan card pada tombol Add a card di bawah salah satu panel board. Cukup drag dan drop saja untuk memindahkan card ke dalam panel lainnya. Di dalam sebuah card anda bisa memanfaatkan fitur-fitur seperti :
    – Menambahkan komentar dan mention rekan kerja anda seperti di twitter dengan menggunakan “@”.
    – Mengunggah berbagai macam file baik teks maupun gambar.
    – Mengatur tanggal deadline dan memberi vote.
    – Menambahkan label.
    – Menambah checklist dan member yang terlibat.
    – Menyimpannya sebagai arsip dengan menekan tombol Archive.

Kelebihan Trello :

  1. Kelebihan utama Trello yang tidak dimiliki aplikasi lain adalah cara kerjanya yang unik, kita bisa mengatur setiap proyek dengan menggunakan “papan” di dalam aplikasi. Dalam papan tersebut, kita bisa memasukkan hal-hal terkait proyek.
  2. Power-up Application ini merupakan sebuah fungsi tambahan yang memungkinkan adanya integrasi Trello dengan aplikasi lain. Salah satu contohnya, untuk meningkatkan storage, Trello dapat diintegrasikan dengan aplikasi Google Drive, Google Docs dan Dropbox. Sedangkan, untuk meningkatkan fungsi komunikasi, Trello dapat dipadukan dengan Slack atau Hangouts. Terdapat pula beberapa aplikasi lain yang dapat diintegrasikan tergantung dengan kebutuhan user, seperti Evernote, Planway Calendar, Twitter, Survey Monkey dan lain-lain.

Kelemahan Trello :

  1. Kelemahan dari Trello adalah bahwa bagian “komentar” tidak dapat diedit, ini adalah masalah yang harus dicoba oleh Fox Creek Software untuk diperbaiki.

Dengan beberapa kelebihan tersebut yang tidak dimiliki oleh aplikasi produktivitas manajemen proyek yang lain, Trello bisa menjadi pilihan Anda untuk membantu proyek Anda beroperasi dengan lancar.

Sumber :
http://carl.sandiego.edu/itmg350/assignments/ipad_reviews/trello.pdf
http://bisakomputer.com/trello-aplikasi-keren-untuk-kerja-kolaborasi/

Asana
image
Asana memberikan cara lain bagi tim proyek untuk menetapkan dan melacak tugas. Asana berfokus pada kemampuan untuk menciptakan Workspaces, yang memungkinkan kalian untuk melacak proyek dan tugas bersama. Berkomunikasi langsung dengan anggota tim dari dalam Asana, atau memilih agar aplikasi mengirimkan lansiran email kepada Anda. Asana merupakan sebuah aplikasi web untuk manajemen kerja sebuah tim baik untuk mengatur task list maupun project list. Asana serupa dengan Trello dan bisa menjadi alternatif pilihan aplikasi untuk bekerja secara kolaborasi atau tim.

Asana diciptakan oleh duo jebolan Facebook, Dustin Moskovitz (co-founder Facebook) dan Justin Rosenstein (tech lead and engineering manager Facebook). Mereka berdua lalu merekrut banyak developer dari Google untuk bersama-sama mengembangkan Asana. Dirilis secara resmi pada November tahun 2011 yang lalu, Asana menjadi sebuah startup teknologi yang menarik banyak minat investor untuk berinvestasi dan mengucurkan dananya demi perkembangan Asana.

Fitur pada Asana
image

Asana memiliki beberapa fitur yang menarik dan mudah untuk anda gunakan, yaitu :

  • HTML5 Technology
    Asana menggunakan teknologi HTML5 dan responsive web design, sehingga ukuran aplikasi web-nya bisa berubah menyesuaikan dengan besar layar sebuah gadget yang mengaksesnya. Jadi Anda bisa menggunakannya dengan nyaman pada browser digadget kesayangan Anda.
  • Multiple Workspaces
    Fitur ini memberikan Anda kebebasan dalam mengatur ruang kerja proyek Anda. Anda bisa membuat sebanyak-banyaknya ruang kerja dan berkolaborasi dengan tim yang berbeda-beda. Misalnya Anda membuat ruang kerja untuk : Private Project, Family Project, Volunteering, dan lain sebagainya.
  • People Views
    Dengan fitur ini Anda dapat mencari task list dan mengatur prioritas kerja dari rekan satu tim. Anda bisa menandai sebuah task list menjadi prioritas utama dengan mengatur waktunya.
  • Follow Tasks or Projects
    Anda bisa mengikuti perkembangan dari sebuah task list maupun project yang Anda jalankan bersama rekan-rekan tim. Selain itu Anda juga bisa menambahkan rekan kerja lagi dalam task list atau project tersebut.
  • Real-Time
    Anda akan mendapatkan notifikasi perkembangan kerja project Anda secara real-timeselama anda terkoneksi dengan jaringan internet.
  • Activity Feed
    Selain notifikasi, Anda juga akan menerima history, komentar maupun diskusi dari setiap task list di dalam sebuah project. Jadi Anda bisa memahami secara utuh perkembangan dari project tersebut.
  • Fast Flow System and Shortcut
    Asana diciptakan dengan sangat memperhitungkan kecepatan pengguna dalam mengaksesnya. Asana menyuguhkan shortcut pada keyboard, mengurangi jumlah loadhalaman dan sedikit sekali menggunakan klik kiri/kanan pada mouse.

Sumber :
https://www.venelova.com/internet/asana-aplikasi-manajemen-task-kerja-tim-gratis.html

Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara
Teknologi skype ditemukan oleh wirausahawan Niklas Zennström dan Janus Friis, orang yang sama yang menemukan Kazaadan Joost (P2P untuk televisi). Skype lalu berkompetisi dengan protokol terbuka VoIP yang sudah ada seperti SIP, IAX, dan H.323. Grup Skype yang dibentuk pada bulan September 2003 lalu dibeli oleh perusahaan lelang internet raksasa di Amerika e-Bay pada bulan September 2005 dan bermarkas di Luxembourg, Jerman dengan kantor-kantor di London, Inggris, Praha, Rusia dan San Jose, California, A.S.

Keunggulan

  1. Komunikasi global dan lokal yang lebih ekonomis melalui suara atau konferensi video. Sebagai ilustrasi pada tahun 2007 perbandingan menelpon ke Amerika dari Indonesia adalah Rp.6,640,-/ menit [2] sedangkan dengan menggunakan skype, aktivitas ini didapatkan gratis (untuk sesama pengguna skype) dan berbayar bila skype digunakan untuk menelpon ke pesawat telepon genggam: Rp. 1,593/ menit atau pesawat telepon rumah: Rp. 423/ menit [3]. Komunikasi menjadi lebih murah dan terjangkau. Konferensi bisa dilangsungkan antar pengguna (dua orang) sampai dengan lima pengguna sekaligus.
  2. Penggunaannya yang mudah. Untuk pengguna yang telah biasa menggunakan pengirim-penerima pesan instan internet, perangkat lunak skype akan dirasakan mudah. Pengguna hanya diharuskan untuk memiliki komputer dengan spesifikasi teknis tertentu, headset (yang memiliki mike dan speaker), serta sambungan internet.
  3. Kualitas suara yang lebih baik dibandingakan VoIP pendahulunya. Kegunaan dasar pembicaraan telepon melalui komputer di mana pun pengguna berada (dengan koneksi internet) secara gratis.
    Kekurangan
  4. Penipuan. Layaknya seluruh hubungan yang dilakukan melalui internet, skype juga memiliki masalah yang sama dengan registrasi identitas penggunanya. Registrasi dapat dilakukan tanpa menyerahkan identitas diri yang sah sehingga sebagai pengguna kita dapat memilih untuk tidak menggunakan nama asli dan di pihak yang sama kita berisiko untuk berkenalan dengan orang tanpa tahu identitasnya. Hal ini rentan terhadap penipuan dan kejahatan-kejahatan lainnya.
  5. Kapasitas yang besar. Skype memakan 23MB kapasitas harddisk ketika dipasang, dibandingkan dengan pengirim pesan instan lainnya seperti Yahoo Messenger yang memakan kapasitas lebih kecil sekitar 10-15 MB.
  6. Terhalang oleh waktu dan kesediaan orang yang memanggil dan yang dipanggil. Penggunaan skype dengan metode suara harus dilakukan dengan rencana sebelumnya seperti membuat janji dengan orang yang dituju, karena apabila orang yang dituju tidak siap (terhalang oleh perbedaan waktu atau kesulitan sambungan Internet) maka niat untuk melakukan komunikasi langsung melalui suara bisa jadi sia-sia.
  7. Tidak ada panggilan darurat dengan Skype. Skype tidak dapat digunakan untuk panggilan darurat.

Fitur

Sumber : https://business.tutsplus.com/id/articles/best-business-productivity-apps--cms-26984


Evernote memungkinkan Anda membuat catatan, membuat daftar, dan menyimpan gambar. Simpan informasi dari web menggunakan Evernote Web Clipper. Setelah Anda menyimpan sesuatu ke Evernote, akseslah dari perangkat apa pun dengan koneksi internet. Bagikan catatan Anda dengan anggota tim atau rekan kerja.

Salah satu kekuatan Evernote adalah alat pencarian yang hebat untuk membantu Anda menemukan sesuatu yang telah Anda simpan. Jangan pernah kehilangan catatan penting lainnya. Pelajari cara menggunakan Evernote dengan tutorial Tuts+ pemula kami

Evertone merupakan jenis software office, adapun kegunaannya untuk mencatat sesuatu hal seperti ide, pelajaran penting dan yang semacamnya, sehingga jadilah aplikasi evertone sebagai software pencatat yang dapat dimanfaatkan.

Dan kali ini kita akan membahas tentang fitur dan kelebihan yang dimiliki aplikasi Evertone Android.

Evertone sebenarnya dapat digunakan di desktop, iPhone dan Android, aplikasi pencatat segala sesuatu yang serbaguna ini memiliki banyak kegunaaan dan juda kemudahan dalam setiap penggunaan fitur-fiturnya, sehingga Anda juga dapat berkreasi dengan bantuan aplikasi evertone ini.

Aplikasi ini juga diberikan secara free, sehingga kita dapat memanfaatkan fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi Evertone dengan gratis. Walaupun memang dengan menggunakan versi yang berbayar akan mendapatkan fitur yang lebih. Evertone akhir-akhir ini memperbarui fiturnya untuk para pengguna Android, seperti tampilannya dan beberapa hal (fitur) lainnya yang akan dipaparkan dibawah ini.

  1. Tampilan Aplikasi yang lebih fresh

Hal pertama yang dilakukan oleh pengembang aplikasi Evertone dalam memperbarui aplikasinya adalah masalah tampilan, dengan tampilan yang baru maka aplikasi akan terlihat lebih fresh. Dengan pembaruan tampilan aplikasi Evertone ini juga membuat aplikasi tersebut terlihat lebih bersih dan juga

indah. Seperti pada fitur / bagian daftar catatan yang diperbarui desainnya dengan membuat ikon yang indah.

  1. Fitur Pintasan

Anda dapat mencari atau mengakses catatan penting yang Anda buat dengan mudah dan cepat, dengan menggunakan fitur Pintasan. Anda dapat mengakses berbagai catatan, label, buku serta berbagai tumpukan Buku catatan yang penting, Anda dapat melakukan itu semua dengan sekali tekan saja. Sehingga dengan menggunakan fitur ini dapat menghemat waktu dan juga tenaga.

  1. Evertone terintegerasi dengan OfficeSuite

Dengan terintegrasinya Evernote dengan aplikasi OfficeSuite sehingga anda dapat mengelola file-file dokumen tersebut pada smatphone Android. Fitur ini sangat berguna apabila Anda ingin mengelola file dokumen, tetapi sedang berada jauh di luar rumah yang menjadikan Anda jauh juga dari komputer. Anda dapat melakukan pekerjaan tersebut pada smartphone Android (yang terinstal evertone)

  1. Fitur Kamera multipotret

Adapun kegunaan dari fitur Kamera multipotret adalah dapat membuat kita mengambil banyak foto sekaligus dengan mudah. Fitur ini merupakan fitur yang terbilang cukup istimewa, Anda dapat memanfaatkan fitur ini dengan berbagai hal.

  1. Megelola file PDF

Dengan menggunakan Aplikasi evertone pada smartphone Android, Anda juga dapat melampirkan dokumen sehingga Anda dapat mengelola file PDF secara langsung. Sehingga fitur ini sangat berguna untuk orang yang sering bekerja dengan file / bekas dengan format PDF.

  1. Menyimpan catatan fisik

Dan pada Evertone ini juga terdapat fitur untuk menyimpan berbagai catatan fisik di Evernote dengan menggunakan fitur Kamera Halaman. Anda dapat menulis sesuatu pada sebuah kertas kemudian dengan kecanggihan Evertone dapat mendeteksi tulisan tersebut dan juga tepi / ujung-ujung kertas, evertone juga memiliki kemampuan untuk menghilangkan bayangan yang ada sehingga membuat hasilnya lebih bersih ketika Anda menaruhnya di akun Evertone milik Anda.

Dengan teknologinya yang canggih, Evertone juga dapat menjadikan teks tulisan tangan dapat dicari dan dideteksi. Sehingga evertone dapat menjadi aplikasi yang cukup sempurna dalam menyimpan semua jenis berkas dengan fitur pencarian yang bagus, apabila Anda memiliki banyak berkas yang seperti MS.word, iWorks, OpenOffice dan yang sebagainya.

  1. Mengelola daftar pekerjaan pada dokumen

Anda dapat membuat urutan dokumen catatan satu per satu yang ingin anda kerjakan, sehingga dengan mengurutkan daftar catatan dokuman, maka pekerjaan dapat menjadi rapih.

Sumber : http://terus-tambah-pengetahuan.blogspot.com/2013/08/fitur-dan-kelebihan-aplikasi-evernote-android.html