Aplikasi Gelombang Elektromagnetik Untuk Material

Aplikasi Gelombang Elektromagnetik Untuk Material

(Gambar 1. Spektrum Gelombang Elektromagnetik (Sumber : Gurupendidikan.co.id))

Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang memancar tanpa media rambat yang membawa muatan energi listrik dan magnet (elektromagnetik). Tidak seperti gelombang pada umumnya yang membutuhkan media rambat, gelombang elektromagnetik tidak memerlukan media rambat (sama seperti radiasi). Oleh karena tidak memerlukan media perambatan, gelombang elektromagnetik sering pula disebut sebagai radiasi eletromagnetik.

Sumber terbentuknya gelombang elektromagnetik yaitu Medan listrik dan medan magnet. Terdapat dua sumber gelombang elektromagnetik yaitu secara alamiah dan buatan. Sumber gelombang elektromagnetik secara alamiah dihasilkan oleh matahari dan bumi dalam bentuk spektrum gelombang, seperti gelombang mikro, gelombang radio, infra merah, cahaya tampak, sinar ultraviolet, sinar X dan sinar gamma. Sedangkan sumber gelombang elektromagnetik buatan berasal dari sistem kabel dan peralatan listrik rumah tangga ketika dialiri listrik (Tribuana, N., 2000). Menurut Swamardika (2009), Dalam ruang hampa, gelombang ini semuanya merambat dengan kecepatan yang sama, 3 x 108 m/s. Sumber elektromagnetik ada dimana-mana, matahari, bintang, lampu, dan tornado merupakan sumber alamiah dari gelombang elektromagnetik. Ada juga sumber elektromagnetik buatan seperti ledakan nuklir, rangkaian listrik dengan tube vakum atau transistor, diode microwave, laser antena radio dan banyak lagi.

Pemanfaatan Gelombang Elektromagnetik dibidang Material sebagai Radar Absorbing Materials (RAM).

Keberadaan gelombang elektromagnetik dapat dimanfaatkan dalam berbagai hal yaitu pada bidang teknologi seperti informasi dan komunikasi. Pesatnya penggunaan serta kecenderungan pergeseran frekuensi keranah Gigahertz (GHz) mengakibatkan peningkatan gelombang electromagnetic interference (EMI). Keberadaan electromagnetic interference mengakibatkan terganggunya kinerja alat-alat yang mengunakan gelombang mikro seperti alat kesehatan, wireless, sistem radar, dan satelit komunikasi. Untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan material yang dapat menyerap gelombang dengan frekuensi yang beragam. Hal tersebut adalah solusi yang efektif bagi penanggulangan efek dari electromagnetic interference. Saat ini pengembangan material penyerap gelombang terpusat pada dua hal yaitu sebagai penangkal interferensi gelombang elektromagnetik dan sebagai Radar Absorbing Materials (RAM).

Radar absorbing material menurut Taryana et al. (2019), yaitu merupakan sebuah bahan yang dapat menyerap dan melemahkan gelombang elektromagnetik. Saat ini, RAM banyak digunakan sebagai isolator untuk melindungi interferensi gelombang elektromagnetik (EMI) yang diakibatkan oleh medan elektromagnetik luar dan gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan oleh modul radio frekuensi (RF) yang dapat mengganggu unjuk kerja suatu sistem radio. Sementara kegunaan yang paling strategis adalah sebagai bahan cat (coating) anti radar untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan sistem militer seperti pesawat, kapal tempur dan peralatan lainnya. Secara umum bahan penyerap gelombang elektromaknetik harus bersifat resistif, magnetik dan dielektrik. Penyerapan pada daerah frekuensi resonansi ditunjukkan oleh nilai permitivitas dan permeabilitas dari bahan tersebut. Kebanyakan literatur telah melaporkan bahwa bahan dasar yang berpotensi sebagai penyerap gelombang elektromagnetik adalah bahan magnetik berbasis ferit, yaitu barium heksaferit dan stronsium heksaferit. Oleh karena itu, saat ini perkembangan penelitian mengarah pada modifikasi dan rekayasa struktur bahan sehingga diharapkan memperoleh parameter-parameter yang tepat dengan tingkat penyerapan yang maksimal. Umumnya, jenis RAM dikelompokan menjadi tipe impedance matching dan resonant absorber.

Daftar Pustaka
Kritian. R. S, Sudarti, dan A. B. Gani. 2015. Pengaruh Paparan Medan Magnet Elf (Extremely List itemLow Frequency) 300 µt Dan 500 µt Terhadap Perubahan Jumlah Mikroba Dan Ph Pada Proses Fermentasi Tape Ketan. Jurnal Pendidikan Fisika. 4 (1) :1-8.

Studio Belajar. 2020. Pengertian Gelombang Elektromagnetik. Diakses di : http://www.elektroindonesia.com/el. Diakses pada : 28 Agustus 2020.

Swamardika. I. B. Alit. 2009. Pengaruh Radiasi Gelombang Elektromagnetik Terhadap Kesehatan Manusia. Jurnal Teknologi Elektro. 8(1): 106-109.

Taryana. Y, A. Manaf, N. Sudrajat dan Y. Wahyu. 2019. Material Penyerap gelombang Elektromagnetik Jangkauan Frekuensi Radar. Jurnal Keramik dan Gelas Indonesia. 28 (1) : 1-29.

Tribuana, N. 2000. Pengukuran medan listrik dan medan magnet di bawah SUTET 500k. Diakses di : http://www.elektroindonesia.com/el. Diakses pada : 28 Agustus 2020.

Guru Pendidikan. 2020. Gelombang Elektromagnetik : Pengertian, Sifat, Macam, Rumus Beserta Contoh Soal Lengkap. Diakses di : https://www.gurupendidikan.co.id/gelombang-elektromagnetik/. Diakses pada : 29 agustus 2020.

berdasarkan pemaparan diatas, apa hubungan warna warna diatas dengan RAM? apa dampak negatif dan positif dari penggunaan gelombang eelektromagnetik tersebut?

(RAM) adalah material yang digunakan dalam teknologi siluman (stealth) untuk menyamarkan suatu benda atau struktur dari Radar dengan melakukan penyerapan terhadap pancaran gelombang elektromagnetik yang jatuh di permukaannya. Pada prinsipnya material RAM tersusun dari material-material yang memiliki sifat magnetik dan atau sifat listrik, namun material RAM tidak mampu menyerap gelombang elektromagnetik pada semua frekuensi karena setiap material memiliki karakteristik resonansi yang berbeda-beda, sehingga usaha maksimal yang bisa dilakukan adalah menemukan formula komposisi material yang diharapkan mampu menyerap gelombang elektromagnetik yang dipancarkan Radar pada rentang frekuensi yang paling maksimal.