Aplikasi apa yang meningkatkan dan menjaga kebugaran jasmani?

Kebugaran jasmani adalah kesanggupan tubuh untuk melakukan aktivitas tanpa mengalami kelelahan yang berarti dan masih memiliki cadangan tenaga untuk melakukan kegiatan yang lain. Kebugaran Jasmani tidak hanya menggambarkan kesehatan. tetapi lebih merupakan cara mengukur individu melakukan kegiatannya sehari-hari. Hal - hal penting dalam kebugaran jasmani, yaitu: fisik, berhubungan dengan otot, tulang, dan bagian lemak. Fungsi Organ, berhubungan dengan efisiensi sistem jantung, pembuluh darah, dan paru-paru (pernafasan) Respon Otot, berhubungan dengan kecepatan, kelenturan, kelemahan, dan kekuatan. Kebugaran jasmani yang dibutuhkan oleh setiap orang berbeda-beda, tergantung sifat tantangan fisik yang dihadapi. Dengan memanfaatkan teknologi informasi yang sebutkan dan jelaskan aplikasi yang dapat menjaga kebugaran jasmani.

Aplikasi fitnes adalah aplikasi yang dapat membatu manusia untuk menjaga kebugaran. Salah satu dari sekian banyaknya aplikasi dalam kategori olah raga yang banyak beredar di Google Play Store, cikal bakal aplikasi ini yaitu merubah smartphone kalian menjadi panduan alat olah raga yang mampu menyehatkan badan. Fungsi dari aplikasi Fitnes adalah membantu kalian jika memerlukan panduan dalam berolah raga secara benar dan tepat, hal itu bertujuan supaya kalian tidak mengalami kecelakaan saat melakukan aktifitas fitnes.

  1. 7 Menit Workout
    7-Menit-Workout
    Aplikasi 7 Menit Workout terbukti untuk menurunkan berat badan dan memperbaiki fungsi kardiovaskular, apabila kalian memiliki berat badan yang berlebih dan memiliki perut datar, solusinya yaitu dengan mengikuti panduan yang disediakan oleh aplikasi ini. Kalian dapat latihan kapan saja dan dimana saja tanpa perlu repot-repot ketempat fitnes. Fitur unggulan yang di tawarkan yaitu suara gilda, menyesuaikan waktu sirkuit sesuai dengan situasi, dapat menyesuaikan waktu istirahat dan yang terakhir mempunyai desain indah.

  2. Tantangan Kebugaran 30 Hari
    aplikasi-latihan-kebugaran
    Bagi kalian yang ingin melakukan olahraga dimanapun dan kapanpun dapat menggunakan aplikasi yang satu ini, dengan Tantangan Kebugaran 30 Hari kalian dapat meningkatkan kebugaran dan kesehatan secara ilmiah. Bila ingin mendapatkan hasil yang sempurna dan luar bisa, lebih baik tetap mengikuti tahapan yang di sediakan oleh aplikasi ini. Aplikasi kebugaran 30 hari dibagi menjadi 3 tingkat dari pemula hingga profesional, serta kalian akan menemukan latihan yang sangat cocok untuk dilakukan.

  3. My Fitness Pal
    aplikasi-fitnes-My-Fitness-Pal
    Aplikasi my fitnes pal dapat membantu kalian menghitung kalori dengan begitu sangat cepat dan mudah, alhasil aplikasi ini mampu membuat kalian mengurangi kelebihan berat badan. Apliaksi my fitness pal merupakan database terbesar dibanding penghitung android manapun serta banyak fitur-fitur unggulan yang ditawarkan.
    Aplikasi ini cukup mampu membuat kalian mengigat untuk selalu berdiet, berolah raga, mengatur gizi makanan dan membuat kalian mempunyai pola hidup yang lebih sehat jasmani dan rohani. Kalian kini tidak perlu lagi khawatir akan kelebihan berat badan dengan mengoprasikan aplikasi fitnes semacam ini.

source :
Ariyanto, Iksan. Aplikasi Fitnes Untuk Membantu Resolusi 2017 . https://teknobos.com/aplikasi-fitnes-android/ . (dikutip pada 3 Desember 2017)

Perkembangan dunia teknologi terkini menghasilkan banyak perangkat dan aplikasi yang mampu mengakomodasi berbagai kebutuhan penggunanya. Salah satunya adalah kemampuan mendukung kegiatan olahraga.

Saat ini telah banyak beredar perangkat canggih berteknologi tinggi yang diciptakan untuk mengoptimalkan latihan kebugaran. Tak ketinggalan berbagai aplikasi pun dihasilkan guna mengoptimalkan aktifitas olahraga Anda. Berikut adalah aplikasi Android yang diciptakan untuk mendukung aktivitas olahraga Anda :

  1. Endomondo
    image

Aplikasi ini melacak aktivitas Anda dengan mengukur jarak saat Anda berjalan, berlari atau bersepeda. Anda dapat menambahkan latihan secara manual, mengukur detak jantung saat berolahraga, melacak rute dan riwayat olah raga Anda. Anda bisa memposting latihan Anda di facebook, melihat latihan teman Anda, berpacu dengan juara rute, integrasi kecepatan smartwatch dan sepeda. Apalagi Anda bisa mendapatkan akses ke semua data online Anda dengan profil.

  1. Jefit Workout
    image

Jefit Pro memiliki basis data latihan yang luas dengan lebih dari 1300 latihan beban dan profil gratis secara online. Anda dapat mencari dari latihan yang berbeda dengan petunjuk dan ilustrasi terperinci. Anda bahkan dapat melacak latihan kardio, angkat beban, kebugaran dan kekuatan yang berbeda. Anda dapat terhubung dengan teman dan menantang mereka dengan statistik Anda, melacak kemajuan Anda dengan grafik dan menganalisis rutinitas Anda. Perencana rutin memungkinkan Anda membuat rencana kebugaran Anda sendiri, beralih di antara latihan dan jadwal yang berorientasi pada tujuan.

  1. Lose It!
    image

Lose It dirancang untuk menghitung kalori dan latihan, bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memantau makanan dan latihan Anda dengan menjaga anggaran kalori harian. Anda dapat menetapkan sasaran dan rencana penurunan berat badan yang disesuaikan secara otomatis. Anda bisa menantang diri sendiri dengan menetapkan tujuan atau terhubung dengan teman di situs jejaring sosial.

  1. Google Fit
    image

Google bukan hanya sebuah situs pencarian saja, tetapi juga memiliki aplikasi yang dapat memandu kita dalam olahraga sehari-hari. Aplikasi tersebut bernama Google Fit. Google Fit adalah platform pelacakan kesehatan yang dikembangkan oleh Google untuk sistem operasi Android. Ini adalah satu set API yang memadukan data dari beberapa aplikasi dan perangkat. Google Fit menggunakan sensor di pelacak aktivitas pengguna atau perangkat seluler untuk merekam aktivitas kebugaran fisik (seperti berjalan kaki atau bersepeda), yang diukur terhadap tujuan kebugaran pengguna untuk memberikan pandangan menyeluruh tentang kebugaran mereka. Mitra yang telah dikonfirmasi termasuk Nike, HTC, LG, Withings, Motorola, Runtastic, dan RunKeeper.

Dengan Google Fit, Anda bisa merekam seberapa jauh Anda berlari, berapa jam workout yang Anda lakukan, serta berapa kalori yang Anda bakar. Pengguna dapat memilih data kebugaran mereka yang dibagikan dan juga menghapus informasi ini kapan saja.

  1. MyFitnessPal

image

Aplikasi MyFitnessPal bisa menjadi pasangan menarik untuk Google Kit dan Aplikasi-aplikasi panduan workout lainnya. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal, bukan hanya workout saja yang harus dilakukan, tetapi juga memperhatikan pola makan. Dengan MyFitnessPal, Anda bisa melihat berapa kalori yang masuk dalam tubuh Anda saat makan. Database kalori makanan di MyFitnessPal lumayan besar, bahkan mencapai 5 juta makanan.

  1. Pocket Yoga
    image

Meski awalnya berkaitan dengan kepercayaan Umat Hindu, Yoga telah diakui sebagai jalan meditasi yang bermanfaat untuk kesehatan diri. Yoga bisa dikatakan setara dengan olahraga yang membakar kalori. Pocket Yoga akan memberi panduan posisi-posisi yoga melalui visual maupun audio. Total ada 200 gerakan Yoga yang dapat dipelajari.

Sumber :
Roland Zónai - https://www.quora.com/What-are-the-best-health-and-fitness-related-apps
Taylor Davy - https://www.quora.com/What-are-the-best-health-fitness-apps-for-Android-devices

Aplikasi apa yang meningkatkan dan menjaga kebugaran jasmani?

Kesehatan merupakan hal terpenting di hidup ini. Cara menjaga kesehatan kita yaitu dengan cara berolah raga. Kadang kita malas untuk berolah raga karena padatnya aktifitas kita. Oleh karena itu, applikasi ini bisa membantu kita untuk meningkatkan kebugaran jasmani kita agar kesehatan kita terjaga. Applikasi nya yaitu :

  1. Run Double
    image
    Dengan applikasi ini, anda bisa memilih kecepatan jogging dengan perlahan ataupun lari dengan cepat. Kemudian applikasi ini akan mencatat kemajuan dari minggu kemarin yang telah anda alami. Aktifitas ini bisa anda gunakan 3 kali dalam seminggu. Dan pada waktu yang lain bisa anda gunakan untuk beristirahat.

  2. Nexercise
    image
    Dengan hampir terdapat 200 kegiatan, Nexercise ialah sebuah komunitas yang sempurna yang memiliki basis pelatih motivasi dan sebuah tool untuk setiap kali Anda melakukan diet atau progam penurunan berat badan.

  3. FitNotes
    image
    Applikasi ini adalah database latihan untuk membantu Anda mengkategorikan latihan yang Anda lakukan. Lalu sistem log akan merekam aktifitas terakhir yang Anda lakukan sehingga dapat membuat rutinitas yang dapat dicustome serta latihan yang disesuaikan kebutuhan diri kita sendiri.

  4. Nike + Training Club
    image
    Applikasi ini dirancang oleh Nike. Anda dapat memilih lebih dari 100 latihan oleh pelatih handal dari Nike dan anda juga bisa mendapat motivasi agar semangat berolah raga dari kru dan latihan yang lebih baik lagi. Anda dapat membuat profil anda sendiri dan add teman dan latihan dimanapun dan kapanpun secara bersama sama walaupun tidak bertemu langsung.

  5. Progression
    image
    Applikasi ini dibuat dengan cara sederhana dan mempunyai desain yang bagus. Fitur ini terintegrasi secara sempurna dengan Dropbox untuk membackup dan singkronasi sesi dan program latihan Anda untuk setiap perangkat baik ponsel maupun tablet Anda. Kemudian Anda dapat melihat progress atau perkembang yang telah Anda lakukan.

  6. Run Keeper
    image
    Fitur ini berfokus pada anda yang berlari di luar ruangan. Dan yang lebih keren lagi, anda bisa membuat rute sendiri dan menyesuaikan jarak yang anda inginkan. Applikasi ini dapat melacak kinerja olahraga dan membuat planing kebugaran. Selain itu, applikasi ini juga bisa mengukur detak jantung anda.

Sumber :
(http://blogmedia.web.id/2570/aplikasi-olahraga-android-terbaik-dan-aplikasi-fitness/)