Aplikasi apa yang memudahkan dalam melakukan proses edit video?

Izin nanya ya teman-teman, boleh tahukan aplikasi apa yang memudahkan kita dalam melakukan editing video? Saat ini saya mendapatkan tugas untuk membuat video hanya saja saya membutuhkan tools agar video yang saya hasilkan tampak bagus dan berkelas.

Mohon bantuannya teman-teman…

Nah, saya memiliki beberapa software dan aplikasi mobile yang bisa dikatakan rekomended untuk pemula dalam mengerjakan proses editing video.

Terdapat 7 software dan aplikasi, yakni FILMORAGO, KINEMASTER, ADOBE PREMIERE CLIP, SONY VEGAS PRO, VOREL VIDEO STUDIO, WINDOWS MOVIE MAKER, dan CAMTASIA.

FILMORAGO

KINEMASTER

PREMIERE CLIP

SONY VEGAS

COREL VIDEO

WINDOWS MOVIE MAKER

CAMTASIA

Demikian saja. Jika ada yang hendak ditanyakan atau didiskusikan lagi silahkan. :slight_smile:

Sebenarnya banyak sekali aplikasi yang bagus untuk mengedit sebuah video menjadi lebih berkelas dan enak untuk dilihat. Akan tetapi semakin bagus aplikasi tersebut maka semakin banyak tools yang terdapat dalam aplikasi tersebut, sehingga kita yang tidak memounyai basic tentang edit video merasa bingung harus mulai dari mana. Berikut ini beberapa aplikasi untuk edit video yang saya kira cocok untuk pemula :

  1. Windows Movie Maker
    image
    Windows movie maker merupakan aplikasi yang sangat cocok digunakan bagi seseorang yang tidak memiliki basic mengenai pengeditan video. Aplikasi ini memiliki fitur – fitur yang sangat sederhana yang mudah dipahami bagi orang awam. Dengan aplikasi ini anda dapat menambahkan suara, memotong video, dan menambahkan sebuah transisi.

  2. VideoPad Video Editor
    image
    Aplikasi yang kedua adalah VideoPad Video Editor. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi favorit para editor video pemula, karena fitur – fitur yang ada di dalam aplikasi ini sangat mudah untuk dipahami. Selain itu, dalam aplikasi ini juga terdapat fitur – fitur yang tidak dimiliki windows movie maker seperti penambahan narasi secara langsung dengan microphone, kemudahan membuat subtitle, serta kemudahan mempublish hasil video yang kita buat langsung ke youtube.

  3. Avidemux
    image
    Avidemux merupakan salah satu software edit video yang dapat dijadikan pilihan untuk pemula. Dalam avidemux terdapat fitur – fitur yang dapat digunakan untuk memotong, menfilter, mengelola, dan mengkode video sesui dengan apa yang kita inginkan . Kita juga dapat mempercepat atau memperlambat jeda video, selain itu mengsinkronisasikan video dengan audio / lagu serta pencahayaan yang sesuai.

  4. Filmora (free version)
    image
    Selain mudah digunakan dan tidak berbayar alias gratis, kelebihan lainnya dari software ini adalah memiliki fitur yang sangat lengkap. Meskipun membawa fitur – fitur yang tergolong advanced dalam pengeditan video, namun tampilannya tetap user friendly dan mudah untuk digunakan sekalipun bukan untuk kalangan professional. Kelebihan lainnya, meskipun sebetulnya berbayar, Filmora menyediakan free trial yang dapat digunakan dengan tidak mengganggu aktivitas kita dalam mengedit video sesuai keinginan.

Nahh, mungkin ke empat program di atas dapat membantu masalah pengeditan video anda, walaupun anda tidak memiliki pengetahuan mengenai pengeditan video. Karena sebenarnya ketika kita memiliki niat yang kuat untuk menggapai suatu tujuan, maka jalan yang lebar akan terbuka didepan kita, karena pada saat ini sudah banyak teknologi yang sangat menunjang setiap aktifitas kita.

Apa yang dikatakan reyhan ivandi dan zainutri adalah benar, namun beberapa dari aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang berbayar, kecuali memang niatnya mencari yang versi tidak berbayarnya hehe. Kali ini, saya akan menjabarkan beberapa aplikasi video maker atau editor versi tidak berbayar. Berikut aplikasi tersebut.

  1. Kate’s Video Toolkit ( Windows XP,7,8,10 )
    Video editor ini mungkin tidak sebagus apa yang reyhan ivandi katakana. Beberapa featurenya tidak terlalu lengkap. Namun, aplikasi edit video pc ini menyediakan beberapa fitur pengeditan yang sangat berguna seperti memotong file atau menggabungkannya, menghubungkan dua video dan membuat soundtrack yang diinginkan. Kekurangannya adalah pada resolusinya yang terjangkau.
  2. CineFX Jashaka
    Software ini merupakan aplikasi pemutar video dan juga tempat untuk editing video, encoding dan lain-lainnya. Anda dapat menggunakan alat yang Hollywood pakai untuk menciptakan film blockbuster dan efek khususnya. Lalu, kelebihan lainnya yaitu jahshaka adalah aplikasi edit video gratis yang dikembangkan menjadi proyek open source dibawah lisensi GPL dan sudah bisa digunakan di berbagai OS untuk Windows, max dan Linux.
  3. Avidemux
    Merupakan aplikasi yang dirancang sederhana untuk memotong video, filter dan tugas pengkodean.dapat mendukung banyak jenis file termasuk AVI< DVD dan MPEG serta MP4, ASF. Aplikasi ini juga ringan dan cepat.
  4. Video spin
    Videospin melakukan pekerjaan yang sangat baik dengan sebagian besar aplikasi edit video pc gratis. Software ini cukup untuk melakukan editing dasar video dan film output yang cukup mudah.
  5. Unite or split videos
    Berikut merupakan aplikasi berikutnya yang digunakan untuk memotong dan menggabungkan video. Membuat video baru tanpa kehilangan data. Memotong dan memisahkan video menjadi 2 sub-video tanpa kehilangan data. Perangkat lunak ini cukup mudah untuk digunakan.