Aplikasi apa yang membantu Anda dalam melakukan manajemen waktu untuk sebuah bisnis yang dijalani ?

manajemen waktu

Dalam lingkungan bisnis manajemen waktu sangatlah penting, waktu yang terbuang bisa membuat kehilangan penjualan dan proyek menjadi terlambat. Manajemen waktu yang buruk bisa membuat kehilangan pelanggan jika tidak diatur dengan baik. Maka dari itu dibutuhkanlah aplikasi yang dapat membantu manajemen waktu dalam dunia bisnis sehingga apapun aktivitas yang dijalankan dapat terstruktur dengan baik.

Aplikasi apa yang membantu Anda dalam melakukan manajemen waktu untuk sebuah bisnis yang dijalani ?

TOGGL

Toggl membantu kita mempelajari bagaimana cara menghabiskan waktu dengan sekali klik. melacak proyek, atau apa saja yang dapat dilakukan di komputer atau perangkat seluler. Kode warna lembar waktu oleh proyek atau pelanggan sehingga dapat melihat informasi yang dibutuhkan dengan cepat.
Jika memiliki usaha kecil yang membayar pegawai dengan hitungan jam, Toggl membantu melacak waktu. Lihat informasi pelacakan waktu di dasbor atau ekspor lembar waktu ke file Excel, CSV, atau PDF.
Aplikasi selain Toggl adalah Harvest tetapi perusahaan lebih memilih Toggl karena ada “mode offline”, disinilah kita dapat melacak waktu di Toggl bahkan saat tidak memiliki koneksi internet. Semua data akan disimpan secara offline dan disinkronkan dengan server Toogl secara otomatis setelah terhubung dengan internet. Ini berguna jika bekerja saat bepergian tidak ada koneksi internet dan saat itu juga perlu melacak waktu.

Sumber : http://stampede-design.com/blog/software-wars-toggl-vs-harvest/#.WiEI1lWnHDc

Dropbox


Dropbox merupakan aplikasi yang memudahkan untuk menyimpan dan membagikan dokumen dengan mudah. Dropbox bisa menyimpan file yang sudah kita buat sebelumnya tanpa harus membawanya lewat flashdisk. Jadi setiap file yang kita simpan di dropbox, otomatis file tersebut tersebar ke komputer/gadget kita yang memakai dropbox juga. Syarat pertama untuk memulainya anda harus memiliki akun dropbox terlebih dahulu. Jika sudah mendaftar dan download aplikasi tersebut. Cara menginstal dropbox di komputer Anda :

  1. Klik 2x pada aplikasi dropbox yang sudah Anda download tadi.
  2. Pilih bagian “I already have Dropbox account“, karena kita sudah mendaftar itu sebelumnya.
  3. Login dengan akun yang Anda buat sebelumnya.
  4. Install Dropbox seperti Anda menginstall program biasanya, simpan dropbox di C:, atau pilih “Typical, setup dropbox with normal setting“.
  5. Instalasi Selesai.

Setelah berhasil menginstall Dropbox, kita bisa menambahkan folder dan berbagi dengan teman tanpa harus melakukan cara yang rumit. Kita hanya perlu invite email/ username teman ke folder kita, lalu file yang kita simpan di folder tersebut akan otomatis ada di komputer teman Anda. Dengan syarat teman anda memakai Dropbox dan Koneksi dengan Internet. Untuk berbagi folder caranya, login ke website Dropbox. Lalu buat sebuah folder di sana, maka folder akan otomatis ada di komputer Anda yang memakai Dropbox. Klik kanan folder itu maka akan ada beberapa pilihan, pilih Shared folder options. Masukan email Dropbox teman anda dan begitu teman anda menyetujuinya maka Anda sudah tersinkronisasi dengan teman Anda.

Lalu bagaimana caranya untuk berbagi file tanpa harus share folder, seperti mediafire? hebatnya Dropbox bisa melakukan itu tanpa kita harus login ke website, men-upload, dan dan meng-copy link. Dan orang yang men-download pun bisa mendownload-nya secara langsung (direct). Caranya, kita tinggal letakkan file kita di folder Public. Lalu kita klik kanan file yang simpan dan pilih Dropbox > Copy public link. Dengan menyimpan file kita di Dropbox, kita tidak perlu khawatir lagi jika hardisk kita tiba-tiba rusak. Dropbox menjamin bahwa file yang disimpan di sana akan tetap aman. Yang paling hebat, dropbox memberikan fasilitas undo untuk mengatasi bila mana file yang Anda simpan tidak sengaja terhapus. Oleh karena itu, bagi Anda yang bekerja dengan data yang cukup banyak atau membutuhkan organisasi dokumen, Dropbox merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk menghemat waktu anda.

sumber : http://bisnis.liputan6.com/read/2883546/5-aplikasi-ini-dapat-membantu-anda-kelola-uang-dan-waktu

Harvest adalah aplikasi produktivitas bisnis pelacakan waktu yang memungkinkan Anda menyiapkan proyek dan tugas serta tetap dalam batas waktu. Gunakan lembar waktu Anda untuk mengirim faktur atau melakukan pembayaran ke tim Anda.

Juga, gunakan Harvest untuk melacak pengeluaran. Harvest terhubung dengan banyak aplikasi bisnis populer. Untuk memulai dengan Harvest, lihat tutorial pelacakan waktu kami

Menyiapkan Proyek dan Tugas

Segera setelah Anda selesai mendaftar dan menyetel pengaturan pribadi Anda, Anda akan dibawa ke layar pembuka. Di sini, ada tautan cepat ke semua bagian penting Harvest, dan begitu Anda mulai menggunakan Harvest, Anda malah akan melihat ringkasan singkat aktivitas terbaru Anda. Ayo buat setup akun Harvest Anda untuk mulai melacak.

Layar Sambutan Panen

Mulailah dengan mengklik link Create Projects. Tambahkan nama proyek, kode, metode faktur, anggaran, dan catatan-atau hanya info yang Anda inginkan, karena satu-satunya bidang yang dibutuhkan adalah nama proyek. Kemudian klik Choose Tasks & People.

Menambahkan proyek baru di Harvest

Pilih opsi Add a New Task untuk mulai menambahkan beberapa hal ke proyek Anda yang harus Anda lakukan. Anda akan melihat dua tugas telah diciptakan untuk Anda:

Admin dan Manajemen Proyek. Jika tugas ini sesuai dengan kebutuhan Anda, jangan ragu untuk menyimpannya. Jika tidak, Anda dapat menghapusnya dan tambahkan saja barang yang benar-benar perlu Anda lakukan. Ketik saja tugas baru Anda, centang kotak untuk menunjukkan apakah tugas itu dapat ditagih atau tidak, dan beri itu tarif per jam.

Sumber : https://business.tutsplus.com/tutorials/how-to-track-your-time-in-harvest--cms-19494