Aplikasi apa yang membantu Anda berkomunikasi secara real time?

Jika Anda memiliki sebuah bisnis maka komunikasi sangatlah penting dengan rekan-rekan kerja Anda. Miskomunikasi dapat mendatangkan masalah dalam bisnis yang dijalani, jika hal tersebut tetap berlanjut maka akan memberikan dampak negatif bagi bisnis tersebut. Maka apakah aplikasi yang efektif dan cocok untuk hal tersebut?

SKYPE

Aplikasi yang dapat membantu komunikasi real time untuk bisnis diantaranya yaitu Skype dan Slack. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari dua aplikasi tersebut :

Kelebihan Skype (kelemahan Slack)

  1. Semua fitur Skype gratis. Slack memiliki versi gratis juga, namun dengan fitur terbatas.
  2. Memungkinkan panggilan audio & video. Slack mencoba memecahkan masalah ini dengan memulai panggilan di Skype atau Google Hangouts. Berarti disini jika menggunakan Slack harus menggunakan dua aplikasi.
  3. Skype bisa berkomunikasi dengan orang-orang diluar perusahaan. Dengan Slack, hanya mungkin untuk berkomunikasi dengan orang-orang di perusahaan Anda sendiri.
  4. Pemberitahuan yang lebih baik pada Skype dibandingkan Slack. Berikut adalah beberapa perbedaannya : Skype menunjukkan jumlah pesan yang belum dibaca di setiap percakapan, serta jumlah pesan yang belum dibaca di baris tugas. Jika Anda membuka Skype namun membiarkan beberapa pesan belum dibaca, Anda masih akan melihat ikon ikon taskbar Skype yang memiliki pesan yang belum dibaca. Tetapi hal tersebut tidak akan Anda temukan di Slack.
  5. Bisa menggunakan Skype tanpa koneksi internet. Anda dapat melihat kontak, membaca & mencari pesan sebelumnya, dan mengetikkan pesan baru yang akan otomatis terkirim saat koneksi internet Anda dipulihkan. Dengan Slack Anda tidak bisa melakukan apapun tanpa koneksi internet aktif.
  6. Skype menggunakan lebih sedikit sumber daya sistem. Menurut pengguna Slack ia melaporkan bahwa Slack memperlambat komputer mereka.

Kelebihan Slack (kelemahan Skype)

  1. Integrasi. Slack terintegrasi dengan banyak perangkat lunak, memungkinkan perangkat lunak lain mengirim pesan dalam percakapan Slack Anda. Misalnya disuatu perusahaan menggunakan integrasi Slack dengan Codeship yang memungkinkan menerima pemberitahuan melalui Slack saat pembaruan kode terjadi. Slack juga memungkinkan untuk membuat custom integration. Skype tidak mengintegrasikan dengan perangkat lunak apapun yang bisa memposting pesan ke Skype.
  2. Fitur pencarian yang lebih baik. Fitur pencarian Slack jauh lebih baik dari pada Skype. Beberapa aspek pencarian Slack yang hilang dari Skype adalah: Kemampuan untuk mencari berdasarkan rentang tanggal, pengguna dan properti lainnya, Kemampuan untuk mencari semua percakapan sekaligus melihat semua hasil pencarian dalam daftar ringkas termasuk opsi untuk melihat-lihat percakapan di sekitarnya.
  3. Akurat indikasi online / offline. Skype terkenal karena menunjukkan orang sebagai online saat mereka tidak benar-benar online. Slack tidak memiliki masalah itu.
  4. Pesan kaya Di Slack Anda dapat memformat teks (yaitu bold), menambahkan cuplikan kode, gambar sebaris, dan lainnya. Slack juga memiliki fitur pesan kecil yang bagus untuk digunakan. Sebagai contoh: kode hex warna dalam pesan secara otomatis menampilkan pratinjau warna, tautan screencast.com secara otomatis menampilkan thumbnail, dll. Skype hanya mendukung pesan teks biasa dan memiliki lebih sedikit emoticon.
  5. Dukungan Pelanggan Slack menawarkan dukungan email bahkan untuk rencana gratis. Skype tidak memberikan dukungan.
  6. Antarmuka yang lebih mudah disesuaikan. Slack memiliki lebih banyak pilihan warna, suara, dan tampilan daripada Skype.
  7. Notifikasi email. Slack secara opsional dapat mengirimi Anda email jika seseorang mengirimi Anda pesan langsung atau menyebutkan Anda dalam sebuah pesan saat Anda offline. Skype tidak mengirimkan notifikasi email.

Dengan paparan kelebihan dan kekurangan diatas, perusahaan lebih memilih menggunakan Skype karena Skype bisa berkomunikasi dengan orang-orang yang ada di perusahaan lain, dan jika ingin komunikasi dengan orang-orang yang ada di perusahaan lain menggunakan Slack maka harus menggunakan aplikasi Google Hangouts terlebih dahulu. Ini merupakan cara yang tidak efisien dan efektif sehingga beberapa perusahaan hanya memilih Skype untuk membantu mereka berkomunikasi.

Sumber : https://biz30.timedoctor.com/slack-versus-skype-team-chat-app/

Slack

image
Aplikasi ini jauh berbeda dengan aplikasi chatting biasa. Kesan formal pada aplikasi ini sangat kental karena memang ditujukan untuk sebuah tim kerja. Untuk memulainya, Anda akan diminta memasukkan domain yang nantinya akan menjadi URL khusus untuk tim Anda. Misalnya, plimbi.slack.com. Domain ini akan menjadi website tersendiri khusus untuk Anda. Kemudian Anda bisa meminta rekan-rekan kerja untuk masuk kedalam domain tersebut. Sederhananya, domain tersebut adalah grup bila di aplikasi chat biasa. Anda mengundang ke rekan-rekan kerja Anda berdasarkan alamat email mereka, Slack kemudian akan mengirimi mereka email permintaan bergabung dengan tim Anda. Sesederhana itu membuat tim di Slack. Yang membuat tim di Slack merupakan admin yang memiliki kuasa untuk memanfaatkan fitur-fiturnya seperti membuat Channel, mengundang orang lain menghapus akun anggota dan lain sebagainya. Namun, bukan berarti si pembuat bisa mengetahui semua chat yang ada di dalam Slack.Mungkin kamu seorang manajer di sebuah perusahaan. Mungkin juga kamu aktif berkegiatan di sebuah komunitas. Untuk melakukan komunikasi dengan rekan kerja atau teman-teman, kamu tentunya menggunakan aplikasi chat. Masalahnya, bagaimana komunikasi tersebut berjalan efisien, sesuai dengan topik, dan bisa berbagi dokumen dengan baik. Slack, sebagai aplikasi chat untuk kerja tim, menjawab semua masalah itu. Slack membuat diskusi lebih baik dengan senjata utamanya terletak pada pengaturan group chat, kemampuannya berbagi data, dan integrasinya ke layanan lain melalui perintah ketikan atau bot. Mari kita lihat sedikit lebih jauh.

Fitur-fitur Slack :

  • Team dan Channel
    Slack membagi ruang percakapan berdasarkan tim (Team). Tiap tim bisa membuat percakapan grup sesuai dengan kebutuhan atau topiknya (disebut channel). Dengan demikian, diskusi tetap sesuai dengan kepentingannya. Misalnya, kamu punya beberapa perusahaan (cieee… yang sukses), kamu bisa membedakannya. Nantinya tim marketing bisa berdiskusi di #marketing, tim produksi bisa berdiskusi di #produksi, di tim perusahaan masing-masing. Tidak tercampur dan saling mengganggu.

  • Share dan menyimpan data
    Slack mendukung berbagi data dalam berbagai format, baik gambar maupun dokumen (PDF, word, excel). Data yang dibagi akan tersimpan di cloud milik Slack. Selain itu, layanan ini juga terintegrasi dengan berbagai layanan cloud, seperti OneDrive, DropBox, Box, atau Google Drive. Berbagi data jelas bukan masalah. Kemudian, baik pesan maupun data yang dibagi ke channel bisa ditandai (dengan bintang), bisa disematkan (pin), dan bisa dicari kalau nanti dibutuhkan lagi. Jadi, tidak perlu takut ada yang terlewat.

  • Format dan perintah ketikan
    Slack sudah mendukung format ketikan standar seperti huruf tebal (bold), huruf miring (italic), atau dicoret (strikethrough). Tidak hanya itu, layanan ini juga mendukung format lain seperti quote (blockquote), dan kode (code block). Hal lain yang layak disebut adalah layanan ini mendukung mention, seperti Twitter, dan menampilkan emoji melalui ketikan.
    Dengan Slackbot, layanan ini juga mendukung perintah ketikan lain. Misalnya untuk membuat pengumuman atau reminder. Perintah lain yang menyenangkan adalah membuat polling dengan reaksi emoji (emoji reactions).

  • Integrasi aplikasi layanan lain
    Kalau kamu menggunakan layanan produktivitas seperti Wunderlist atau Trello, jangan kuatir. aplikasi chat ini juga mendukung integrasi ke layanan itu (dan layanan lain). Dengan perintah ketikan, kita bisa memasukkan entri to-do di Slack, dan masuk ke aplikasi yang bersangkutan. Tidak perlu repot.
    Sumber :
    http://www.plimbi.com/article/158496/tips-menggunakan-aplikasi-chatting-slack-untuk-men

Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara
Teknologi skype ditemukan oleh wirausahawan Niklas Zennström dan Janus Friis, orang yang sama yang menemukan Kazaadan Joost (P2P untuk televisi). Skype lalu berkompetisi dengan protokol terbuka VoIP yang sudah ada seperti SIP, IAX, dan H.323. Grup Skype yang dibentuk pada bulan September 2003 lalu dibeli oleh perusahaan lelang internet raksasa di Amerika e-Bay pada bulan September 2005 dan bermarkas di Luxembourg, Jerman dengan kantor-kantor di London, Inggris, Praha, Rusia dan San Jose, California, A.S.

Keunggulan

  1. Komunikasi global dan lokal yang lebih ekonomis melalui suara atau konferensi video. Sebagai ilustrasi pada tahun 2007 perbandingan menelpon ke Amerika dari Indonesia adalah Rp.6,640,-/ menit [2] sedangkan dengan menggunakan skype, aktivitas ini didapatkan gratis (untuk sesama pengguna skype) dan berbayar bila skype digunakan untuk menelpon ke pesawat telepon genggam: Rp. 1,593/ menit atau pesawat telepon rumah: Rp. 423/ menit [3]. Komunikasi menjadi lebih murah dan terjangkau. Konferensi bisa dilangsungkan antar pengguna (dua orang) sampai dengan lima pengguna sekaligus.

  2. Penggunaannya yang mudah. Untuk pengguna yang telah biasa menggunakan pengirim-penerima pesan instan internet, perangkat lunak skype akan dirasakan mudah. Pengguna hanya diharuskan untuk memiliki komputer dengan spesifikasi teknis tertentu, headset (yang memiliki mike dan speaker), serta sambungan internet.

  3. Kualitas suara yang lebih baik dibandingakan VoIP pendahulunya. Kegunaan dasar pembicaraan telepon melalui komputer di mana pun pengguna berada (dengan koneksi internet) secara gratis.
    Kekurangan

  4. Penipuan. Layaknya seluruh hubungan yang dilakukan melalui internet, skype juga memiliki masalah yang sama dengan registrasi identitas penggunanya. Registrasi dapat dilakukan tanpa menyerahkan identitas diri yang sah sehingga sebagai pengguna kita dapat memilih untuk tidak menggunakan nama asli dan di pihak yang sama kita berisiko untuk berkenalan dengan orang tanpa tahu identitasnya. Hal ini rentan terhadap penipuan dan kejahatan-kejahatan lainnya.

  5. Kapasitas yang besar. Skype memakan 23MB kapasitas harddisk ketika dipasang, dibandingkan dengan pengirim pesan instan lainnya seperti Yahoo Messenger yang memakan kapasitas lebih kecil sekitar 10-15 MB.

  6. Terhalang oleh waktu dan kesediaan orang yang memanggil dan yang dipanggil. Penggunaan skype dengan metode suara harus dilakukan dengan rencana sebelumnya seperti membuat janji dengan orang yang dituju, karena apabila orang yang dituju tidak siap (terhalang oleh perbedaan waktu atau kesulitan sambungan Internet) maka niat untuk melakukan komunikasi langsung melalui suara bisa jadi sia-sia.

  7. Tidak ada panggilan darurat dengan Skype. Skype tidak dapat digunakan untuk panggilan darurat.

Fitur

Sumber : https://business.tutsplus.com/id/articles/best-business-productivity-apps--cms-26984