Aplikasi apa yang bisa digunakan untuk membantu orang yang susah tidur atau mengalami insomnia agar mudah untuk tidur?

Pada zaman sekarang, peran teknologi informasi sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. Hampir tidak ada orang yang tidak menggunakan teknologi informasi untuk menunjang kehidupan sehari-hari mereka. Salah satu masalah yang sering dialami oleh orang banyak adalah mereka kesulitan untuk tidur atau mengalami insomnia.

Dengan peran teknologi informasi pada saat ini, apakah ada aplikasi yang dapat membantu untuk memudahkan kita untuk tidur?

Insomnia adalah suatu penyakit dimana kebanyakan akan muncul apabila seseoarang terbiasa untuk tidur larut malam, menjelang pagi, atau bahkan tidak tidur sama sekali.
Penelitian menunjukkan bahwa musik dapat menjadi sarana terapi bagi mereka penderita insomnia.

Terapi musik adalah salah satu bentuk penyembuhan dengan distraksi secara nonfarmakologi untuk
mengobati atau mengurangi gejala insomnia. Mendengarkan musik sampai saat ini menjadi metode relaksasi yang sering dilakukan untuk mengatasi kesulitan tidur karena musik merupakan cara yang mudah untuk mengalihkan perhatian, musik lebih sederhana, mudah dimengerti dan hampir semua orang menyukainya.

Dengan kemajuan teknolgi yang begitu pesat, dibawah ini terdapat beberapa aplkasi yang bisa anda dapatkan secara geratis sebagai alat anda untuk terapi musik. Dimana setiap musik yang ada pada aplikasi dibawah ini sudah dipilih dan memang ampuh disunakan sebagai alat terapi insomnia.

1. Pzizz

1

Aplikasi ini memutarkan rekaman audio dengan frekuensi dan tingkat suara berbeda, berupa musik, voiceover, dan efek suara. Suara itu bisa memberikan efek rileks pada otak sehingga bisa membuat kamu lebih cepat tertidur.

Agar lebih optimal, disarankan memakai earphone saat mendengarkan audio tersebut. Tak kalah penting, aplikasi ini pun bisa dioperasikan secara offline alias tanpa pakai koneksi internet.

2. Sleep Genius

2

Aplikasi Android untuk insomnia yang selanjutnya adalah Sleep Genius yang pernah dipakai NASA untuk membantu para astronot tidur. Diklaim dapat mengurangi stres, perasaan cemas, menormalkan sistem pernapasan dan sistem jantung, Sleep Genius memutarkan audio seperti algoritma neurosensorik, binaural beat, dan pink noise untuk memberikan efek relaksasi. Untuk fitur tambahannya, Sleep Genius menyediakan fitur alarm yang dirancang khusus agar tidak membuat pengguna kaget.

3. Music Therapy for Sound Sleep

3

Aplikasi Android Music Therapy for Sound Sleep berkonsep sederhana bahwa musik bisa membantu seseorang tertidur. Memanfaatkan alpha waves, salah satu tipe audio dengan frekuensi 8Hz-9Hz, aplikasi ini bisa membuat otak kamu menjadi lebih rileks, sembari memejamkan mata dan fokus mendegarkan audio yang tersedia.

4. Sound Asleep

4

Aplikasi mengatasi insomnia yang keempat adalah Sound Asleep. Sound Asleep akan menghasilkan efek suara dengan irama yang terus melambat sehingga biasa membawa kamu lebih cepat ke alam mimpi.

Dengan durasi yang bisa diatur sesuai keinginan, terdapat berbagai macam suara yang bisa kamu dengarkan, seperti suara hujan, laju kereta api, dan efek suara hutan tropis yang menenangkan.

5. Calm

5

Menghadirkan 25 suara-suara alam yang bisa menenangkan pikiran, aplikasi Calm bukan hanya bisa membantu kamu yang sulit tidur, melainkan bisa dimanfaatkan saat melakukan meditasi dengan durasi yang bisa disesuaikan. Tidak hanya suara, aplikasi Calm juga hadir dengan berbagai cerita pengantar tidur yang bisa membuat tidurmu semakin berkualitas.

Referensi : https://jalantikus.com/gadgets/aplikasi-android-untuk-mengatasi-insomnia/

Tidur yang cukup di malam hari setelah melakukan beragam aktivitas melelahkan tentu menjadi idaman setiap orang. Sayangnya, seringkali tidur menjadi hal yang sangat sulit dilakukan bagi beberapa orang akibat serangan insomnia. Akan tetapi dengan berkembangnya teknologi informasi saat ini, terdapat beberapa aplikasi pada smartphone yang bisa kita gunakan untuk memudahkan kita dalam mengatasi masalah tersebut. Di bawah adalah beberapa aplikasi tersebut :

1. Relax Melodies

1200x630bb

Aplikasi ini menawarkan 52 lagu sederhana nan menghanyutkan yang dapat membantu Anda tidur. Cara penggunaannya pun cukup mudah, Anda tinggal memilih lagu sesuai dengan selera Anda dan membuat sebuah play list anti-insomnia. Agar bisa bangun tepat waktu, tersedia juga fitur alarm dan pengaturan waktu yang mudah digunakan.

2. Nature Sounds Relax and Sleep

unnamed

Jika insomnia Anda sudah parah dan membuat Anda kelelahan dan stres, aplikasi yang satu ini adalah solusi yang pas. Sebab, Nature Sounds Relax and Sleep menawarkan suara alam dan gelombang ombak yang menenangkan. Anda juga bisa menemukan lebih banyak suara menenangkan, misalnya lautan, hutan, burung, dan masih banyak lagi. Bahkan, musik yang disediakan bisa dipakai untuk meninabobokkan anak balita.

3. Relax and Sleep

unnamed1

Aplikasi anti-insomnia yang satu ini cukup unik. Bagaimana tidak, aplikasi ini menawarkan cara terapi sekaligus hipnotis diri sendiri agar pengguna bisa lebih cepat tertidur. Beragam musik yang disediakan oleh aplikasi ini juga bisa membantu Anda lebih mudah terlelap dan mendapat tidur yang nikmat.

4. Sleepmaker Rain

unnamed2

Apakah Anda adalah orang yang lebih cepat tertidur bila di luar sedang hujan? Nah, aplikasi yang satu ini bisa menjadi jawaban atas insomnia Anda. Sleepmaker Rain menawarkan sekitar 20an musik yang mewakili suara hujan. Mulai suara hujan gerimis hingga yang agak lebat bisa Anda dengarkan di sini. Suara hujan yang ada pun direkam langsung dari hutan asli di daerah Australia.