Aplikasi apa untuk meningkatkan dan menjaga iman?

Sebagai manusia, Allah menciptakan dengan tujuan untuk beribadah kepada Allah SWT sekaligus untuk diuji kelak untuk menentukan nasib hidup manusia selanjutnya di akhirat. Untuk bisa menjalankan tujuan tersebut tentu saja manusia wajib untuk memiliki iman dan taqwa agar ia mampu juga mau menjalankan segala perintah Allah dengan sebaik-baiknya. Jika tidak, tentu akan mendatangkan kemalasan untuk melaksanakan segala perintah Allah tersebut. Di zaman sekarang sangat susah untuk mengotrol diri dan menjaga keimanan dengan kesibukan yang ada membuat seseorang sering lupa kewajibannya sebagai manusia.

Lahirnya teknologi macam android ibarat pisau bermata dua untuk kehidupan kita saat ini. Semakin bijak anda menyikapinya, semakin banyak hal baik yang akan anda peroleh, begitupun sebaliknya. Berikut aplikasi Islami terbaik serta gratis di android yang kami rangkum.

  1. Jadwal Sholat dan Imsakiyah
    sholat_2
    Telah diunduh lebih dari satu juta kali dengan rating pengguna mencapai nilai 4.6 tentu aplikasi Jadwal Sholat dan Imsakiyah satu ini sudah begitu memberi manfaat dan kualitas yang sangat baik untuk umat Islam, khususnya yang ada di Indonesia. Aplikasi Jadwal Sholat dan Imsakiyah merupakan aplikasi android berbasis user location atau lokasi pengguna, jadi anda tidak perlu khawatir dengan keakuratan waktu sekalipun anda suka jalan ke luar kota. Seringkali kita melalaikan shalat hanya karena deadline kerjaan, tuntutan atasan atau malah demi hiburan tertentu seperti acara TV dan konser musik. Semoga dengan adanya aplikasi ini di smartphone kita, disiplin shalat kita menjadi lebih baik lagi.

  2. Muslim Go
    unnamed
    Muslim GO adalah aplikasi yang sangat berguna untuk setiap pemeluk Islam. Terdapat banyak fitur di dalamnya yang dapat memberikan manfaat, informasi serta hiburan.
    Fitur:
    • Waktu shalat yang akurat sesuai lokasi serta berdasarkan dari sumber resmi / terpercaya.
    • Pemberitahuan Azan dengan memilih audio auto play.
    • Waktu puasa (Imsak dan buka puasa) selama bulan Ramadan.
    • Al Qur’an dengan audio (MP3) dalam bahasa Arab dan latin serta terjemahannya dalam bahasa Indonesia. Tersedia juga fitur lainnya : NOTE untuk memberikan catatan Anda, FAVORIT untuk menandakan ayat yang Anda sukai dan SHARE untuk berbagi ke teman dan keluarga di media sosial.
    • Direktori untuk mencari lokasi terdekat : mesjid, restoran halal, atau tempat halal lainnya.
    • Kalender Islam Hijriah untuk menentukan tanggal penting serta berikan “Reminder” untuk mengingatkannya.
    • Kreasikan kartu ucapan dengan foto Anda. Tambahkan frame, tulisan dan stiker yang membuat kartu ucapan Anda jadi menarik & berbeda.
    • Nikmati berbagai macam konten Islami : buku, video, musik atau konten lainnya yang dapat menambah ilmu dan hiburan Anda.

  3. Apa Doanya : Doa & Dzikir
    index
    Terdapat lebih dari 400 doa dan dzikir yang bersumber dari Al -Qur’an serta Hadits yang insyaAllah merupakan Hadits Shahih dan Hasan. Seperti yang sudah disebutkan, aplikasi buatan Rahmadi Deswira ini memuat lebih dari 400 doa dan dzikir yang di antaranya adalah dzikir pagi dan sore, sangat cocok untuk anda yang memiliki kesibukan yang super padat. Selain itu, aplikasi ini sudah dilengkapi pemberitahuan waktu untuk dzikir pagi dan sore sehingga memungkinkan kita untuk lebih disiplin dalam berdzikir.

source:
Taufiq, Ahmad Alfan. 5 Aplikasi Islami Terbaik dan Gratis di Android . https://www.bagikeunlagi.com/aplikasi-islami/ . (dikutip pada 3 Desember 2017)
Promenade, Endah. Muslim Go . https://play.google.com/store/apps/details?id=com.intellije.solat&hl=in . (dikutip pada 3 Desember 2017)

Teknologi terus dikembangkan untuk memberikan kemudahan dalam setiap sisi kehidupan. Berbagai macam aktifitas makin mudah dikerjakan dengan dukungan teknologi yang ada. Kehadiran teknologi smartphone mampu menjawab kebutuhan dalam rangka beribadah dan belajar wawasan dunia Islami. Kini telah banyak beredar aplikasi Islami yang dapat diunduh secara gratis melalui smartphone. Berikut beberapa aplikasi yang dapat menunjang kegiatan ibadah umat muslim sehari-hari :

  1. Muslim Pro
    image

Muslim Pro merupakan aplikasi besutan pengembang asal Singapura Bitsmedia Pte Ltd. Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 25 juta kali ini menjadi salah satu aplikasi mobile terbaik yang pernah ada.

Muslim Pro menawarkan kelengkapan fitur dalam satu aplikasi. Jadi Anda tak perlu mengunduh banyak aplikasi hanya untuk satu keperluan saja. Ada banyak fitur lengkap yang disajikan Muslim Pro, mulai dari pengingat waktu sholat dan adzan terakurat karena dihitung berdasarkan lokasi Anda saat ini dengan beberapa pengaturan (sudut) yang tersedia, Al-Qur’an bertulisan Arab lengkap dengan fonetik, terjemahan, serta resitasi audio (mp3). Selain itu, dilengkapi juga dengan fitur penunjuk arah Kiblat, kalender Hijriyah untuk memperkirakan tanggal hari besar seperti Idul Fitri dan Idul Adha, serta peta untuk menemukan lokasi rumah makan halal, Masjid, dan berbagai fitur lainnya.

  1. Ahijra
    image

Ahijra hadir membawa semangat untuk memudahkan dan membantu setiap orang berhijrah, khususnya dalam ibadah harian. Ahijra membantu merencanakan dan meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah harian, sehingga ibadah menjadi lebih terstruktur dan terkelola. Dari yang belum biasa menjadi terbiasa. Dari yang sudah terbiasa menjadi kebutuhan, dan terus menjadi kebutuhan sampai akhir hayat.

Sebagai asisten ibadah, saat ini ahijra memiliki tiga fitur unggulan, yaitu custom ibadah, catatan ibadah personal, reminder ibadah, dan catatan ibadah group. Anda bisa merancang sendiri ibadah apa saja yang ingin Anda tingkatkan, selanjutnya ahijra akan membantu mengingatkan melalui reminder ibadah. Jika ingin bergerak secara berjamaah, catatan ibadah group solusinya. Melalui fitur catatan ibadah group ini, ahijra ingin menghadirkan semangat fastabiqul khairot (berlomba-lomba dalam kebaikan) dan saling menasihati dalam kebenaran dan kesabaran. Cocok untuk diterapkan dalam keluarga, kelompok halaqoh, maupun organisasi.

  1. All in Islamic
    image

All In Islamic adalah sebuah aplikasi untuk menunjang ibadah umat muslim. Aplikasi All in Islamic ini menyediakan fitur-fitur yang membantu mengevaluasi ibadah islamic anda sehari-hari, melihat grafik ibadah, menikmati artikel islamic dari handphone, mendapatkan rute masjid terdekat dengan integrasi Google Maps, dan juga memberikan notifikasi pengingat ( adzan ) jika sudah tiba waktunya sholat fardu. All in islamic adalah aplikasi buatan anak bangsa Indonesia yang peduli akan kebutuhan beragama sebagai tiang menuju Indonesia yang berakhlak dan jauh dari segala perbuatan tidak terpuji.

Sumber :


https://play.google.com/store/apps/details?id=mobile.ahijra.com.ahijra

Aplikasi apa untuk meningkatkan dan menjaga iman?

Zaman semakin canggih dan tekhnologi terus berkembang. Pada saat ini, dengan memanfaatkan tekhnologi, anda dapat dengan mudah meningkatkan iman anda dengan beberapa applikasi dibawah ini. Apa saja applikasinya?

  1. Al-Qur’an
    image
    Applikasi Al-Qur’an ini dilengkapi dengan terjemahan bahasa Indonesia. Selain itu, applikasi ini mempunyai audio disetiap ayatnya. Jadi anda dapat dengan mudah membaca Al-Qur’an dimanapun dan kapanpun, dan tidak perlu repot repot membawa Al-Qur’an kemana mana.

  2. Doa harian
    image
    Applikasi ini, merupakan sekumpulan doa doa harian dalam kehidupan sehari hari. Jadi jika anda lupa dengan doa doa tersebut, anda bisa dengan mudah membuka applikasi tersebut dan mencari doa apa yang ingin anda baca. Applikasi ini juga mempunyai terjemahan dalam bahasa Indonesia. Ada sekita 40 doa doa harian dalam applikasi ini.

  3. Kamus Arab Indonesia
    image
    Jika anda ingin mempelajari lebih detail tentang bahasa Arab, tidak perlu khawatir lagi. Applikasi ini bisa mentranslatekan bahasa Indonesia ke bahasa Arab ataupun bahasa Arab ke bahasa Indonesia. Jadi jika anda ingin bisa berbicara dalam bahasa Arab, maka anda bisa menjadikan applikasi ini untuk media belajar anda.

  4. Risalah Amaliyah
    image
    Applikasi ini berisi surat Yasin, al-Waqi’ah, al-Mulk, tahlil, talqin, wirid, shalawat, dan doa doa lainnya. Sehingga anda tidak perlu khawatir jika anda misalnya tidak membawa buku Yasin tetapi sedang membutuhkannya, ataupun ingin bershalawat, maka anda hanya tinggal membuka applikasi ini.

  5. Waktu Shalat
    image
    Tidak perlu khawatir tentang waktu sholat saat anda berada dimanapun. Applikasi ini berguna untuk mengingatkan waktu sholat anda dimanapun anda berada. Dan applikasi ini berbunyi lantunan adzan sewaktu waktu shalat telah tiba. Dan applikasi ini juga dilengkapi dengan kompas arah kiblat yang benar. Jadi anda dapat sholat dengan tepat waktu karena applikasi ini.

Sumber :
(http://ahmadfauzanalamsyah.blogspot.co.id/2015/01/download-aplikasi-islami-untuk-android.html)
(http://www.tipsandronesia.com/2016/05/7-aplikasi-islami-untuk-hp-android-gratis.html)