Aplikasi apa saja yang dapat meningkatkan Daya Ingat kita?

Setiap manusia pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing - masing, terkadang ada orang yang memiliki daya ingat lemah atau sulit berkonsentrasi. Akibatnya tidak bisa menangkap informasi atau data yang seharusnya dicerna untuk memperluas pengetahuan. Namun, dengan memanfaatkan teknologi terkini, kita dapat meningkatkan daya ingat kita.

Lantas sebab pada kasus ini, aplikasi seperti apa yang dapat meningkatkan daya ingat kita?

Pada zaman milenial seperti saat ini, telah banyak aplikasi berupa game yang dapat didownload pada smartphone kita. Penggunaan aplikasi tersebut dapat melatih konsentrasi dan mengasah kemampuan otak. Beberapa game tersebut adalah “Brain Wars” yang merupakan platform game online dengan melawan pengguna lain. Selain itu juga ada “Fit Brains Trainer” yang merupakan game asah otak yang dirancang oleh para ahli neurologi dan para ahli bidang pendidikan.

Selain menggunakan aplikasi pada android sebenarnya banyak cara tradisional yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan yoga, olahraga teratur, dan lain lainnya. Dengan menerapkan pola hidup sehat saja sebenarnya sudah dapat meningkatkan daya ingat namun ditambah dengan aplikasi tersebut, daya ingat kita akan semakin terlatih.

Sumber :


http://daihatsu.co.id/kokgituya/article/lifestyle/7-cara-meningkatkan-daya-ingat-dan-konsentrasi

Akhir-akhir ini, ratusan aplikasi pelatihan otak mengklaim untuk menempatkan “kecerdasan” di smartphone dan menjamin peningkatan kemampuan kognitif minimal untuk penggunaan sehari-hari. Aplikasi seperti bermain game selama beberapa menit sehari benar-benar dapat mengubah pikiran Anda.

Ada banyak aplikasi yang dapat meningkatkan daya ingat kita, beberapa akan diuraikan di bawah ini.

1)Eidetic

image

Aplikasi Eidetik adalah program pelatihan memori dimana akan ditampilkan gambar acak pada kotak persegi (3x3, 4x4, 5x5 …, dll) dan pengguna harus memilih ulang gambar grid yang sama setelah gambar hilang. Program ini dirancang untuk menguji & melatih kemampuan recall visual seseorang, dalam hal detail dan lokasi spasial. Kunci untuk menggunakan program ini secara efektif dan bekerja di bidang otak Anda, adalah dengan memainkannya dengan benar.

2)Lumosity

Lumosity adalah aplikasi web yang menyediakan berbagai latihan otak dengan menggunakan permainan-permain sederhana. Pada awal anda mendaftar untuk lumosity ini, anda akan diminta untuk memilih prioritas akan peningkatan kemampuan yang anda inginkan. Lumosity akan memilihkan permainan sesuai dengan prioritas peningkatan kemampuan otak yang anda inginkan.

3)Dakim

image

Ada beberapa atribut yang membuat produk Dakim berbeda dengan aplikasi lainnya, khususnya:

  • Permainannya berbeda, menantang pikiran dengan cara yang berbeda
  • Mereka dikembangkan untuk target pemirsa, berusia 50+ tahun
  • Mereka menawarkan campuran trivia yang menarik dan memori game yang menantang

Variasi permainan ditujukan untuk mengembangkan enam domain kognitif:

  • memori jangka pendek
  • ingatan jangka panjang
  • bahasa, pemikiran kritis
  • orientasi visuospatial dan perhitungan.

Varietas itu penting, karena menantang pikiran dengan cara yang berbeda.

Dengan berkembangnya teknologi informasi sekarang, membuat kita lebih mudah untuk mengasah kemampuan kita. Maka dari itu, manfaatkanlah teknologi dengan sebaik-baiknya.

Sumber: