Aplikasi apa saja yang dapat digunakan untuk mengatur keuangan pribadi di smartphone kita?

Banyak sekali aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan di smartphone kita, dari aplikasi untuk hiburan sampai aplikasi yang dapat digunakan untuk menunjang produktifitas kita. Mengatur keuangan bisanya menjadi hal yang sulit bagi kita, lalu aplikasi apa saja yang dapat dipakai untuk mempermudah mengatur keuangan kita.

Mengatur Keuangan pribadi kini bisa dilakukan sapa saja dan dimana saja. Tanpa bantuan seorang Akuntan, Keuangan Pribadi Anda dapat Anda atur dengan mudah di aplikasi aplikasi yang menyediakan layanan berbabasis mengatur keuangan pribadi. Berikut ialah 10 Aplikasi Masa kini untuk Mengatur Keuangan Pribadi Anda.

  1. AndroMoney (Expense Track)

Aplikasi ini dapat melacak pemasukan dan pengeluaran Anda dalam tampilan yang sederhana dan rinci. Aplikasi ini akan menampilkan kustom anggaran secara rinci, grafik yang menunjukkan pengeluaran Anda, dan kapasitas penyimpanan via Dropbox dan Google Docs.

image

Aplikasi ini akan membantu Anda dalam menentukan anggaran untuk jalan-jalan dan nonton film, makan, keperluan gadget, keperluan rumah tangga dan furniture, hingga keperluan belanja pakaian.

  1. Cash

Cash tidak memiliki tampilan visual yang menarik seperti AndroMoney. Akan tetapi, aplikasi ini sangat efisien untuk mengatur keuangan Anda. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melakukan tracking terhadap rekening bank pribadi, saham, pendapatan, dan pengeluaran Anda. Tidak terdapat banyak iklan komersial yang mengganggu saat Anda menggunakan aplikasi Cash. Ketika menggunakan Cash, Anda akan menyadari bahwa tampilan visual bukanlah segalanya, hal yang terpenting adalah aplikasi ini membantu untuk mengatur keuangan secara sederhana dan efisien.

image

  1. Cash Droid

Selanjutnya, kita akan berjumpa dengan aplikasi yang menampilkan grafik keuangan pribadi. Pengembang Cash Droid mengklaim bahwa ini merupakan aplikasi pengatur keuangan yang terbaik dibanding aplikasi lain yang sejenis. Pasalnya, tampilan grafik pada Cash Droid akan menganalisis keuangan dan file CSV impor (pada versi Cash Droid Pro) Anda. Cash Droid juga mampu berjalan dalam mode multi-window pada beberapa perangkat Samsung. Namun, Anda harus lebih sabar saat menggunakan versi gratis dari aplikasi ini, karena terdapat beberapa iklan komersial di dalamnya. Hampir sama dengan AndroMoney, Cash Droid juga bisa mengelompokkan jenis pemasukan dan pengeluaran Anda. Misalnya, sumber dana berasal dari gaji pokok, dan pengeluaran untuk membayar asuransi, tagihan dan servis mobil.

  1. Money Lover Expense

Butuh asisten untuk mengatur keuangan pribadi Anda? Pertimbangkan untuk menginstall Money Lover Expense Manager yang merupakan sebuah aplikasi pengatur keuangan yang sangat mudah dan praktis. Beberapa fitur yang tersedia dalam aplikasi ini, seperti budget, savings, dan events bertugas untuk mengatur pengeluaran Anda dalam sebulan untuk berbagai macam kebutuhan, mulai dari makan, transportasi, dan hiburan. Dengan Money Lover, Anda bisa mengontrol segala jenis pengeluaran Anda secara praktis. Jadi, Anda tak perlu repot menulis laporan keuangan pribadi Anda di sebuah kertas.

  1. Financial Kalkulator

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan untuk mengatur anggaran, tetapi juga menjadi alat bantu pengatur keuangan yang sangat bermanfaat. Pasalnya, aplikasi ini menawarkan beberapa fitur, seperti Auto Loan, Auto Lease Calculator, Return on Invesment, Commercial Loan Calculator, dan masih banyak lagi. Dengan Financial Calculators, Anda bisa menentukan manakah yang lebih efisien untuk keuangan Anda antara membeli atau menyewa sesuatu. Aplikasi keuangan ini juga membantu Anda untuk memahami suku bunga majemuk dan membantu Anda untuk lebih konsisten saat melakukan set goals, seperti mewujudkan impian untuk memiliki rumah pribadi.

image

  1. CheckBook

Checkbook terdiri dari dua versi, yakni versi gratis yang hanya dapat digunakan untuk 2 akun dan versi Pro yang bisa menggunakan beberapa akun tanpa batas. Pengembang Checkbook menyatakan bahwa aplikasi ini sangat easy-to-use bagi orang awam dan mampu melacak transaksi keuangan Anda secara lebih baik. Silahkan coba aplikasinya dengan mengunduhnya

  1. Financisto

Financisto Ini merupakan aplikasi multi-akun yang bisa mengatur keuangan dalam berbagai mata uang. Financicto membantu Anda untuk melihat secara sederhana menangani seberapa baik atau buruk siklus keuangan Anda saat ini. Dengan aplikasi ini, Anda bisa langsung mencatat segala jenis pemasukan dan pengeluaran Anda sehari-hari. Apabila Anda lupa darimana uang Anda bisa bertamabah atau berkurang, Anda bisa melacaknya melalui Financisto. Setelah melakukan pelacakan, aplikasi ini akan menampilkan jenis pengeluaran Anda beserta tanggal transaksinya. Wah, aplikasi ini nampaknya akan mempermudah Anda untuk memantau keuangan sehari-hari! Silahkan unduh aplikasinya di sini.

image

  1. Mint

Sesuai dengan namanya, Mint akan membantu untuk menyegarkan kembali siklus keuangan Anda. Aplikasi ini bisa digunakan untuk beberapa akun, melakukan kategorisasi otomatis, pengingat tagihan, dan melakukan pelacakan tujuan keuangan Anda. Mint juga mampu melakukan credit scoring secara efektif. Mint sangat membantu Anda untuk menyusun budgeting agar tidak melebihi pemasukan Anda. Misalnya, ketika Anda mengeluarkan uang untuk makan segera tulis dalam kategori Food & Dining, saat sedang clubbing dengan teman-teman catat pengeluaran pada kategori Alcohol & Bars. Kemudian, ketika Anda telah mengeluarkan uang untuk berbelanja, segera catat pengeluaran tersebut sesuai dengan jenis barang yang dibeli, apakah itu barang keperluan sehari-hari, pakaian atau alat-alat elektronik. Silahkan download aplikasi Mint ini di sini.

  1. Monefy

Anda pasti setuju bahwa aplikasi ini memiliki tampilan yang sangat eye-catching dan simpel. Ya, kesederhaan sangat dibutuhkan pada aplikasi pengatur keuangan. Pasalnya, Anda tentu sudah cukup rumit dalam mengatur keuangan, bila Anda harus melihat aplikasi yang rumit lagi, maka pengaturan keuangan Anda akan menjadi kacau. Monefy memiliki beberapa kategori yang bisa Anda gunakan untuk mengatur anggaran. Interface sederhana dan efektif menjadi andalan dari aplikasi ini. Anda cukup memasukkan jumlah dana, kemudian pilih kategori yang tepat. Aplikasi ini menawarkan kemudahan dalam mengatur keuangan Anda sehari-hari.

  1. MoneyWise

Aplikasi ini menawarkan beberapa akun, penyesuaian anggaran, grafik biaya dalam kategori dan waktu, penandaan biaya, manajemen anggaran, dan pelacakan biaya. MoneyWise juga didukung dengan beberapa bahasa. Namun, sayangnya aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk mata uang USD dan EURO saja. Beberapa aplikasi pengatur keuangan di atas dapat membantu Anda untuk mengatur pemasukan dang pengeluaran secara lebih praktis. Anda bisa memantau setiap alur keuangan Anda melalui smartphone atau tablet.

Sumber :

https://id.techinasia.com/5-aplikasi-android-gratis-pengatur-keuangan/

Di era modern sekarang ini pola hidup masyarakat bisa dibilang lebih komsumtif. Dengan pola hidup yang komsumtif membuat masyarakat lebih banyak menghabiskan uang dengan mudah. Untuk mengendalikan keluarnya uang terus menerus yang tidak disadari, maka harus pandai pandai dalam mengatur keuangan. Tetapi sekarang dengan adanya teknologi, mengatur keuangan bukanlah hal yang sulit. Dengan banyaknya aplikasi pengatur keuangan, seorang pengguna dapat dibantu untuk mengontrol uang sehari-hari. Berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mengatur keuangan :

  • Uangku
    Aplikasi UangKu ini adalah salah satu aplikasi anak bangsa. Di dalam aplikasi ini terdapat dua kategori yang dapat digunakan untuk membantu mengatur keuangan, yang pertama adalah pemasukan dan yang kedua adalah pengeluaran. Dari dua kategori tersebut masing masing kategori dibagi lagi menjadi beberapa bagian seperti gaji, hadiah dan lain-lainya. Aplikasi UangKu juga tergolong sebagai aplikasi sederhana sehingga mudah untuk digunakan oleh pengguna. Selain itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan presentase antara pemasukan dan pengeluaran. Jadi jika presentase pengeluaran melebihi batas yang pengguna suda tentukan, maka aplikasi akan memberikan peringatan sehingga pengguna dapat mengendalikan antara pengeluaran dan pendapatan.
    gambar

  • Money Lover-Expense Manager
    Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi keuangan yang bisa dikatakan laris di download oleh pengguna android. Selain terdapat fitur yang standar pada aplikasi keuangan, aplikasi ini mempunyai banyak sekali berbagai fitur lain yang menarik. Seperti fitur tabungan, pengguna dapat menggunakan fitur tabungan untuk membantu dalam hal menyimpan uang sesuai target yang telah ditentukan sebelumnya. Dengan adanya pemberitahuan target tabungan, membuat pengguna selalu ingat dan lebih giat lagi dalam menabung agar cepat mencapai target. Meskipun aplikasi ini dapat diunduh secara gratis, tetapi jika ingin menambah kategori dalam aplikasi pengguna harus membeli sebesar $2 sampai $5.
    gambar

  • Money Tower
    Money Tower memiliki fitur yang sangat lengkap dan mudah untuk digunakan bagi pengguna. Pengguna dapat membuat budgeting setiap bulan sekaligus dapat mengelola pemasukan da pengeluaran setiap saat. Dengan menggunakan aplikasi Money Tower pengguna akan ada didalam pengawasan saat melakukan pengeluaran ataupun pemasukan uang. Jika pengguna melakukan pengeluaran melebihi rencana budgeting diawal akan ada pemberitahuan. Sehingga pengguna akan tahu apakah kegiatan yang dilakukan masih didalam budgeting atau malah melebihi rencana budgeting diawal.
    gambar

  • Cash Droid
    Cash Droid salah satu aplikasi yang dapat membantu untuk mengatur keuangan. Cash Droid akan menmapilkan grafik keuangan pribadi penggunanya. Keistimewaan dari aplikasi ini adalah dapat menganalisis keuangan dan file CSV impor (pada versi Cash Droid Pro) dari pengguna. Dengan adanya keunggulan itu, pembuat aplikasi Cash Droid ini merupakan aplikasi pengatur keuangan terbaik dibandingkan dengan aplikasi yang lainnya. Namun jika menggunakan aplikasi ini, pengguna harus sabar karena terdapat beberapa iklan didalamnya.
    gambar

  • Manajemen Keuangan
    Ada lagi aplikasi pengatur keuangan karya dalam negeri yaitu Manajemen Keuangan. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat melihat daftar keuangan pendapatan maupun pengeluaran perbulan, perminggu atau harian. Aplikasi ini akan menampilkan kegiatan keuangan pengguna, sehingga pengguna akan tau apakah kegiatan pengeluaran yang telah dilakukan melebihi batas budget yang sudah ditentukan atau belum. Manajemen Keuangan ini juga memungkinkan penggunanya untuk mengunduh data dalam bentuk spreadsheet sehingga mudah untuk dicetak dan didokumentasikan.
    gambar

  • Mint
    Mint mempunyai fungsi yang dapat dikatakan lengkap untuk memenuhi pengaturan keuangan setiap saat. Dengan fitur yang bermacam-macam membuat Mint digemari oleh pengguna android. Fitur fitur tersebut meliputi mengatur akun bank, tabungan, giro, pinjaman kredit dan bahkan rekening pensiun. Selain fitur fitur tersebut aplikasi ini juga dapat digunakan untuk memonitor arus kas maupun transaksi yang telah dilakukan selama satu bulan. Dan aplikasi Mint ini juga dapat mengatur atau mengelola penghasilan pengguna, ditambah dengan adanya sistem keamaan aktivasi passcode menambah lengkapnya fitur fitur yang tersedia. Sudah banyak yang memuji kecanggihan aplikasi ini dari CNN Money, PC Magazine, Wired dll.

  • Expense Manager
    Menggunakan aplikasi ini, pengguna akan dimudahkan dalam menambah ataupun mengontrol pengeluaran. Mengatur keuangan perbulan, perminggu ataupun perhari dapat dilakukan dengan mudah. Aplikasi ini juga memungkinkan untuk mengeksport file menjadi file Excel untuk lebih memudahkan pengguna. Dan istimewanya, aplikasi juga dilengkapi dengan fitur alarm yang dapat mengingatkan pengguna mengenai tagihan yang belum dibayar sesuai jadwal.

SUMBER :


Seiring berjalannya waktu pekerjaan yang paling sederhana sampai yang paling rumit bisa diselesaikan dengan menggunakan teknologi-teknologi terbaru. Contohnya yaitu mengatur keuangan. Mengatur keuangan adalah hal yang paling mudah untuk dikerjakan tapi butuh kesabaran tingkat dewa. Tak sedikit pula yang gagal dalam mengatur keuangan. Bahkan yang sudah hidup berpasangan pun akan mengalamai kendala, apalagi yang masih single. Nah, untuk mengatasi hal itu, ada beberapa aplikasi yang cukup berguna untuk mengatur keuangan yaitu :

  1. Money for Iphone
    image
    Aplikasi ini memiliki banyak kegunaan dalam urusan mengatur keungan. Apliaksi ini sangat membantu orang yang mempunyai keinginan untuk mengatur pengeluaran uang per bulannya misalnya belanja bulanan, kebutuhan hiburan, dan sebagainya. Keuntungan lainnya yaitu anda bisa melacak semuanya daftar budget yang sudah dibuat hanya dari satu tampilan,yaitu pada bar Budget Monitor. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menghitung aset serta utang Anda. Sayang sekali aplikasi ini punya kelamahan, yaitu aplikasi ini hanya terdapat pada Iphone dan harus membayarnya jika ingin memakai aplikasi ini.

  2. GNUCash


    Nah, aplikasi yang kedua ini yaitu GNUCash. GNUCash ini berguna untuk orang-orang wiraswasta yang bertalenta ciamik dengan semangat tinggi. Fitur yang terdapat pada GNUCash ini dapat memberikan kemudahan dalam mengatur serta menghitung keuangan kita. Selain itu, cara penggunaan GNUCash sendiri cukup mudah seperti halnya pada aplikasi-aplikasi pengatur keungan lainnya. Pada aplikasi GNUCash ini juga sangat mendukung pengoptimalan penghitungan keuangan kita. Keuntungan lainnya yaitu GNUCash dapat didownload secara gratis di play store.

  3. Level Money


    Aplikasi yang ketiga ini terdapat di AppStore. Aplikasi bernama Level Money ini kita akan disuguhi cara mudah dalam mengatur keuangan. Ada banyak fitur yang terdapat pada Level Money dan semua fiturnya bisa operasikan sesuai keinginan kita sendiri. Salah satu fiturnya yaitu aplikasi Level Money dapat dihubungkan dengan akun bank dan rekening. Nah, dengan fitur tersebut Anda bisa mengatur keluar masuknya keuangan dengan sangat mudah serta aman.

  4. Wallet Budget Tracker
    image
    Wallet Budget Tracket merupakan aplikasi yang ditujukan untuk orang-orang yang selalu sibuk tapi ingin mengatur keuangan tanpa harus ribet sana-sini. Wallet Budget Tracket dapat melacak pendapatan dan pengeluaran dengan sangat cepat. Dengan fitur dapat menyinkronkan aplikasi ke dalam cloud ini memberikan kemudahan serta keamanan tingkat tinggi. Selain itu, aplikasi Wallet Budget Tracket juga support pada perangkat smartphone, tablet serta komputer. Aplikasi ini dapat didownload di play store dan gratis.

  5. Money Manager Expense & Budgeting


    Aplikasi Money Manager Expense & Budgeting ini mampu membantu untuk merencanakan pengeluaran serta mengelola pemasukan, tabungan, hingga kartu kredit secara bersamaan. Dengan tampilan antarmuka yang simpel membuat aplikasi ini menjadi sangat elegan, selain itu tampilan ini membuat proses pencatatan keuangan menjadi mudah. Fitur-fitur yang terdapat di aplikasi ini lumayan banyak, mulai dari pencatatan penghasilan dan pengeluaran harian, manajemen aset-aset keuangan, pembuatan bujet untuk tabungan atau investasi, hingga laporan keuangan dalam bentuk neraca ataupun grafik. Akses tiap-tiap fitur juga tergolong mudah mudah. Money Manager Expense & Budgeting ini dapat didownload secara gratis di play store.

Sumber :




https://id.techinasia.com/5-aplikasi-android-gratis-pengatur-keuangan