Aplikasi Android apa yang bisa membuat Anda pintar?

Gadget bukanlah hal yang aneh lagi di zaman sekarang. Perangkat pintar tersebut menyediakan berbagai aplikasi yang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Bisa berupa game, atau sebagai alat komunikasi di media sosial dan menyediakan banyak informasi yang bermanfaat.

Lalu, apakah ada aplikasi android yang dapat mengasah otak kita, sehingga kita bisa menjadi lebih pintar?

1. Neuronation

NeuroNation menawarkan pelatihan otak dengan teknologi terkini. Pola latihan yang dapat di personalisasi, mengadaptasi performa dan tujuan Anda. Anda bisa meningkatkan fokus, ingatan, dan inteligensi dengan menggunakan NeuroNation. Latihan-latihan yang terdapat di NeuroNation dikembangkan dengan bekerjasama dengan Ilmuan Internasional ternama, berdasarkan eksperimen seperti latihan Matrix. NeuroNation menawarkan pelatihan otak yang dapat membantu siswa melatih kemampuan aritmetik

2. Duolingo

Duolingo adalah aplikasi gratis yang bisa membantu Anda untuk mempelajari bahasa. Dengan aplikasi ini Anda bisa belajar bahasa Spanyol, Prancis, Jerman, Italia, Portugal, Belanda, Irlandia, Swedia, Denmark dan tentu saja Bahasa Inggris, yang disajikan dengan cara yang sangat menghibur, baik melakui teks, pendengaran dan sekaligus berbicara. Aplikasi ini gratis dan bebas iklan. Duolingo memiliki 34 jam tutorial untuk setiap bahasa. Tutorial ini setara dengan semester pendidikan tingkat universitas.

3. Kindle

Aplikasi Kindle untuk Android ini memberikan Anda akses keseluruh perpustakaan kindle. Toko kindle memiliki lebih dari satu juta buku. Aplikasi ini mesti dimiliki oleh pecinta buku. Anda juga bisa menikmati majalah populer dengan aplikasi ini.

4. TED

Aplikasi TED adalah kumpulan video dari situs TED. Situs tersebut adalah sebuah platform berbagi pengetahuan bagi para pemimpin, pemikir dan inovator. Aplikasi ini tersedia dengan subtitle video dalam 90 bahasa.

5. DailyArt

DailyArt ini bagus untuk Anda yang menyukai seni dan sejarah. Anda bisa mendapatkan hal-hal berbau seni setiap harinya dengan aplikasi ini. Aplikasi ini menampilkan karya seni klasik dan cerita sehari-hari yang bisa menginspirasi Anda dan seniman lainnya.

6. Khan Aademy

Khan Academy adalah pusat pengetahuan. Aplikasi ini menawarkan lebih dari 4000 video tutorial dan artikel dari Khan Academy library. Kontennya mencakup berbagai topik dari Aljabar sampai sejarah dan musik.

1. Khan Academy

image

Setelah menuai kesuksesan dari websitenya yang fenomenal, Khan Academy mulai merambah segmen Android. Khan Academy melalui aplikasinya menyediakan berbagai macam informasi dan ilmu pengetahuan, mulai dari ekonomi, sejarah, biologi, fisika, kimia, dan masih banyak lagi. Mereka pintar dalam menyampaikan ilmu pengetahuan dengan menyenangkan dan melibatkan sarana penunjang seperti video, daripada harus menyajikan tulisan yang menjemukan. Bagi kamu yang butuh tempat tempat lengkap dalam belajar, Khan Academy bisa jadi solusi.

2. eLearn

image

Dari tanah air, juga ada aplikasi keren yang bisa membantu kamu-kamu para pelajar untuk belajar dengan mudah dan dapat diakses di mana saja. eLearn namanya dan ia diterbitkan oleh penerbit buku ternama yaitu Erlangga. Melalui aplikasi tersebut, pelajar bisa mengasah beragam materi dari berbagai macam mata pelajaran seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, hingga IPS. Tampilannya yang segar dan penuh warna dijamin menambah semangat dalam mengasah ilmu.

3. Memrise

image

Ingin menghafal pelajaran tertentu atau belajar bahasa tertentu dengan cara yang mudah dan menyenangkan? Memrise adalah masternya. Nasibnya juga sama dengan Khan Academy yang telah terlebih dahulu dikenal melalui websitenya yang keren. Kini Memrise hadir dalam bentuk aplikasi Android dengan tenaga yang sama kuatnya dengan yang ada di website. Mereka punya metode khusus dimana setiap user akan selalu diingatkan untuk mengingat kembali pelajaran-pelajaran yang dulu pernah dibahas dan diulang kembali dengan cara tertentu.

4. Duolingo

image

Jika Memrise berfungsi sebagai aplikasi belajar dan pengingat bahasa, maka Duolingo dikhususkan untuk mengasah user dalam menguasai bahasa tertentu yang dipilih. Tampilannya juga keren, dipenuhi dengan icon-icon modern dan warna yang segar. Motonya yang catchy yaitu “Learn a Language for free. Forever.” tentu menjadi nilai tambah bagi aplikasi yang digarap Pittsburgh ini.

5. PhotoMath

image

Ingin belajar matematika namun bngung ketika harus mempelajarinya melalui buku atau internet? Pakai PhotoMath aja. PhotoMath ialah aplikasi yang berhasil menggabungkan kamera dengan kalkulator. Jadi apabila ada soal matematika yang sulit, maka kamu hanya perlu membuka aplikasi ini dan mengarahkan kamera ke soal yang diinginkan. Jawabannya akan muncul secara otomatis di layar dan seharusnya sih akurat apabila didukung oleh kamera yang berkualitas.

6. Wikipedia

image

Berikutnya ada aplikasi resmi dari Wikipedia. Tampaknya aplikasi ini sudah perlu dibahas lebih lanjut ya karena ia sudah memiliki popularitas tersendiri di Indonesia. Wikipedia sudah biasa menjadi tempat dalam mencari informasi ringan hingga terperinci mengenai sebuah topik. Kontennya yang disusun oleh ribuan orang di seluruh dunia juga dapat direvisi sesuai keperluan. Tidak heran jika Wikipedia menjadi website dan aplikasi ensiklopedia terlengkap di dunia.

Terima kasih infonya. Sangat bermanfaat untuk pengembangan diri dan pengetahuan