Apasih manfaat buah Stroberi untuk kesehatan ?

Stroberi merupakan makanan yang sangat enak, berwarna merah dan mungil. Apakah buah yang mungil ini memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita ?

stroberi-buah-cantik-penguat-memori-otak

  1. Menjaga Kesehatan Mata
    Alasan utama terhadap hampir semua permasalahan mata adalah radikal bebas dan kekurangan nutrisi tertentu. Dengan semakin bertambahnya usia dan kurangnya nutrisi pelindung, radikal bebas akan dengan mudah menyebabkan permasalahan pada mata. Beberapa anti-oksidan seperti vitamin C dan flavonoid hadir dalam stroberi,di mana dapat menangkal perkembangan yang berhubungan dengan penyakit mata terkait usia seperti katarak dan degenerasi makula.
  2. Menjaga kesehatan sistem pencernaan
    Stroberi mengandung serat yang tinggi namun rendah kalori. Serat makanan yang terkandung di dalam stroberi dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan juga menurunkan kadar gula darah.
  3. Anti-inflamasi
    Stroberi mengandung senyawa kimia yang bernama fenol, bermanfaat dalam melawan gangguan inflamasi seperti osteoarthritis, asma, dan aterosklerosis dengan cara menghambat enzim Cyclooxygenase (COX), cara yang sama seperti aspirin dan ibuprofen lakukan. Namun demikian, hal tersebut tidak memberikan efek samping yang tidak diinginkan seperti pendarahan usus dan perut.
  4. Anti kanker
    Kombinasi antara antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang ditemukan dalam buah stroberi diketahui dapat melawan berbagai bentuk kanker. Hal ini berkat vitamin C, folat, dan flavonoid yang terkandung di dalamnya.
  5. Menjaga sistem kekebalan tubuh
    Lagi-lagi ini berkat tingginya vitamin C yang terkandung di dalamnya. Secangkir stroberi mengandung 136 persen vitamin C, sebuah antioksidan yang efektif dalam membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga sistem kekebalan tubuh.
  6. Menjaga kesehatan tulang
    Mangan yang terkandung dalam stroberi diketahui baik untuk tulang, membantu membangun dan menjaga struktur tulang dengan baik. Kalium, vitamin K, dan magnesium dalam stroberi juga penting bagi kesehatan tulang.
  7. Menjaga kesehatan jantung
    Serat yang tinggi, folat, antioksidan (vitamin C dan flavonoid), serta rendahnya lemak dalam buah stroberi secara serempak menjadi suatu paket kesehatan yang ideal bagi jantung, hal ini karena senyawa-senyawa tersebut secara efektif dapat mengurangi kolesterol. Beberapa kandungan lain seperti vitamin B yang hadir dalam buah stroberi juga berperan memperkuat otot jantung dan membantu fungsi jantung yang lebih baik.
  8. Menjaga fungsi otak
    Semakin bertambahnya umur seseorang maka juga akan berefek pada semakin melemahnya jaringan otak dan saraf, yang pada akhirnya dapat mengganggu fungsi otak. Antioksidan yang terkandung dalam stroberi seperti vitamin C dan fitokimia dinilai mampu menjaga dan meningkatkan fungsi otak. Selain itu, stroberi juga kaya akan yodium yang dapat membantu menjaga fungsi otak dan sistem saraf.
  9. Kesehatan Jantung
    kandungan salah satu nutrisi penting dalam strawberry seperti mangan sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah kesehatan jantung serta mengurangi peradangan dan juga stroke.
  10. Diet sehat
    jika anda sedang melakukan diet sehat anda bisa membuat jus strawberry untuk menu minuman sehat anda, karena jus stroberi termasuk minuman rendah kalori yang sangat baik untuk membantu diet sehat anda.
  11. Kesehatan ibu hamil
    kandungan asam folat dalam buah strawberry sangat baik untuk para ibu hamil karena asam folatnya dapat membantu perkembangan otak bayi yang sedang dikandungnya, selain itu asam folat bermanfaat juga untuk mencegah bayi terlahir dalam kondisi cacat.
  12. Kesehatan kulit
    asam ellagic dalam strawberry berperan sebagai anti oksidan sangat baik untuk mencegah kanker serta menyehatkan kulit anda terhadap radikal bebas dan mencegah terjadinya kulit keriput serta membantu mencegah terjadinya kerusakan akibat sinar UV, sehingga sangat baik untuk menyehatkan kulit dan mengatasi penuaan dini, selain itu kandungan asam salisilat, flavonoid dan vitamin c dalam strawberry dapat juga membantu mengatasi masalah jerawat dan minyak berlebih.
  13. Mencegah tekanan darah tinggi
    buah strawberry mengandung potasium dan zat besi yang sangat bermanfaat untuk menurunkan dan menyeimbangkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.
  14. Mencegah anemia
    uah strawberry kaya akan kandungan zat besinya sehingga sangat baik untuk anda yang mengalami anemia, karena strawberry sangat baik untuk membantu meningkatkan jumlah sel-sel darah merah dalam tubuh.
  15. Suasana hati
    dengan rutin mengkonsumsi buah strawberry sangat baik untuk menjaga mood anda menjadi lebih baik dan rileks karena strawberry dapat membantu pelepasan serotonin yang mempengaruhi suasana hati seseorang.
  16. Kesehatan tulang
    Kandungan mangan, kalium dan juga vitamin K dalam strawberry dapat membantu untuk mempertahankan kepadatan tulang sehingga sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin setiap hari agar tulang anda lebih kuat dan sehat.
  17. Kaya akan zat anti oksidan
    Stroberi juga merupakan zat antioksidan yang baik sebab stroberi tinggi akan vitamin C. Oleh sebab itu stroberi juga merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.