Apasih hubungan antara Geopolitik dan Keamanan Sosial?

Studi Geopolitik sendiri menjelaskan tentang arti strategis dan politis suatu wilayah geografis atau teritorial yang dalam hal ini adalah sebuah negara, mencakup “Positioning” dan keruangan (atau luas).

Spektrum Keamanan Nasional

Setidaknya ada dua tujuan utama didirikannya sebuah bangsa, dan itu menjadi cita-cita nasional, yaitu terwujudnya keamanan dan kenyamanan bagi warga negara, seperti juga Negara Indonesia, dirumuskan dalam Pembukaan UUD 1945 “ untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum

Perdamaian Nasional adalah bentuk nyata dari terwujudnya Keamanan Nasional (KAMNAS). Perdamaian ini, menurut Daoed Joesoef, Alumnus Université Pluridisciplinaires Panthéon-Sorbonne, Paris, akan terwujud apabila kelompok-kelompok—daerah, suku, komunitas religius dan adat—merasa puas karena telah berkesempatan menghayati nilai-nilai, atau setelah ada kepastian bahwa penghayatan tersebut akan terlaksana.

Hanya saja kepuasan tersebut harus diiringi dengan kepastian akan hadirnya eksistensi Negara-Bangsa Indonesia, yaitu perpaduan antara “Survive” dan “Power” yang akan memastikan eksistensi Negara-Bangsa Indonesia tetap akan terwujud. “Survive” dan “Power” bisa terwujud dengan pemahaman yang utuh dan integral tentang Geopolitik, baik positioning maupun ruang.

Positioning adalah kesadaran tentang lokasi indonesia yang berada pada posisi yang sangat strategis, berada di antara dua benua dan dua samudra. Dengan ini Indonesia memandang dunia internasional dan mengondisikan relasi-relasinya dalam dunia internasional itu. Misalnya saja lokasi Indonesia yang berdekatan dengan Laut Cina Selatan, lokasi laut yang sangat strategis serta diperebutkan beberapa Negara.

Geopolitik sebagai ruang, bahwa geografi menawarkan unsur ruang hidup kepada politik yang ditentukan oleh keluasan serta karakter fisiknya. Bumi Indonesia yang ditakdirkan bernatur maritim, kaya dengan mineral dan minyak bumi, iklim yang tropis, lempeng tektonik yang menjanjikan hadirnya kekayaan mineral, dsb membuat Indonesia sangat pantas untuk mendapatkan julukan sebagai zamrut khatulistiwa

1 Like

Wah bagus sekali artikelnyaa… Indonesia memang strategis banget tempatnya yaa. Tapi kenapa yaa Indonesia ini masih berkembang aja padahal kan lokasinya strategis, banyak lautannya. Bisa banget manfaatin semua itu yaa apa lagi soal ekspor impor… menurutmu kenapa?