Apasajakah Macam Senyawa yang Sering di Jumpai pada Logam?

Apasajakah Macam Senyawa yang Sering di Jumpai pada Logam?
image
Ada tiga macam senyawa yang sering dijumpai pada logam yaitu:

  1. Intermetallic compound, biasanya terbentuk dari logam –logam yang sifat kimianya sangat berbeda dan kombinasinya mengikuti aturan valensi kimia. Ikatan atom-atomnya sangat kuat (ionic atau kovalen) ,sehingga sifatnya seperti non metal , keuletan rendah, konduktifitas listrik juga rendah dan struktur kristalnya kompleks.
    Contoh :CaSe, Mg2Pb,Mg2Sn,Cu2Se

  2. Interstitial Compound , terbentuk dari logam –logam transisi seperti scanadium (Sc), Titanium (Ti), Tantalum (Ta),Wolfram (W) dan besi ( Fe) dengan Hidrogen (H) ,Oksigen (O),Carbon ( C ) ,Boron (B), Nitrogen (N).Kelima unsur ini diameter atomnya sangat kecil sehingga dapat masuk ke dalam Kristal logam di atas secara interstitial.Senyawa interstitial bersifat metalik.Komposisi kimia mungkin dapat bervariasi dalam daerah yang sempit .Titik leburnya tinggi dan sangat keras .Contoh :Fe3C,TiC,TaC,W2C,Fe4N,CrN,TiH

  3. Electron Compound,senyawa ini dapat terbentuk diantara logam –logam Tembaga (Cu),Emas (Au),Perak (Ag),Besi (Fe) dan Nickel (Ni) dengan logam –logam Cadmium (Cd), Magnesium (Mg),Timah (Sn),seng (Zn), dan Aluminium(Al).Senyawa ini terjadi dengan komposisi kimia sedemikian rupa sehingga mendekati perbandingan jumlah electron valensi dengan jumlah atom yang tertentu.

Sumber:
Avner,Sidney H.1987.Introduction to Physical Metallurgy, Second Edition.Tokyo:McGraw-Hill International Book Company