Apasajakah Macam – Macam Metode Pengerasan Permukaan?

Apasajakah Macam-Macam Metode Pengerasan Permukaan ?

Pengerasan permukaan ( surface hardening) dapat dikatakan sebagai suatu proses laku panas untuk memperoleh pengerasan hanya pada lapisan permukaan saja. Pengerasan sering dilakukan terhadap gigi-gigi dari roda gigi, poros ,dan beberapa jenis tool dan die.

Ada 5 macam cara pengerasan permukaan yang banyak dilakukan diantaranya:

  1. Pengerasan permukaan dengan karburisasi adalah cara mengeraskan permukaan baja dengan kadar karbon rendah dengan terlebih dahulu menambahkan karbon ke permukaannya (carburising) baru kemudian dilakukan proses pengerasan (hardening).
  2. Proses nitriding dilakukan dengan memanaskan benda kerja dalam dapur dengan atmosfer yang mengandung gas nitrogen aktif.
  3. Cyaniding dan carbonitriding , cyaniding yang sering dilakukan adalah dengan menggunakan salt bath dengan kandungan sianida sekitar 30 persen dengan menggunakan pemansaan pada 800- 850 derajat C , waktu tahan sampai 1,5 jam . Pada kulit akan diperoleh kandungan nitrogen sampai 0.5 persen dengan kadar karbon 0.5 -0.8 persen. Walaupun kadar karbo yang rendah tetapi kekerasan yang tinggi dapat dicapai setelah di quench.Carbonitriding dapat dianggap sebagai modifikasi dari karburisasi gas, menggunakan gas seperti pada karburisasi gas ( campuran gas gas yang terdiri dari karbon monoksida dan gas hidrokarbon ) yang diperkaya dengan gas ammonia.
  4. Proses pengerasan api dapat dilakukan pada baja dengan dipanaskan dengan cepat (menggunakan api) api yang biasa digunakan dalam proses ini biasanya memakai api dari brader oxyacetylene
  5. Pengerasan induksi ,pada prinsipnya pengerasan induksi sama dengan pengerasan api, hanya saja disini pemanasan di timbulkan oleh arus induksi yang terjadi karena adanya medan magnet yang berubah – ubah dengan sangat cepat.

Sumber :
Avner,Sidney H.1987.Introduction to Physical Metallurgy, Second Edition.Tokyo:McGraw-Hill International Book Company
Thelning,Karl Erik.1984.Steel And Its Heat Treatment ,Second edition.London:Butterworth

Saya pernah melihat ada juga teknik pengerasan permukaan yaitu nitrocarburizing. Apakah terdapat perbedaan dari teknik pengerasan permukaan carbonitriding dan nitrocarburizing? Terima kasih.

Menurut (Atma wijaya, 2010) Proses pengerasan permukaan (surface hardening) adalah suatu perlakuan (treatment) yang diterapkan pada suatu logam agar diperoleh sifat-sifat tertentu.

Izin menjawab ,antara carbonitriding dan nitroc arburizing keduanya sama sama menggunakan unsur penambahan nitrogen dan karbon .Hanya saja untuk carbonitriding penambahan nitrogen dan karbon logam setelah dipanaskan dalam ruang tertutup kedalam kisaran austenit sekitar 1600 F ( terjadi perubahan fasa pada struktur kristal baja ),nitrokarburisasi terdapat dalam dua bentuk yaitu austenitic dan ferritic. Pada bentuk austenitik terjadi perubahan fasa ,sedangkan bentuk ferritic menggunakan suhu rendah sehingga tidak terjadi perubahan fasa. Carbonitriding mencapai kedalaman kekerasan yg lebih besar pada logam dibanding nitrocarburizing,proses carbonitriding membutuhkan waktu yg lebih lama dibanding nitrocarburizing, carbonitriding dipakai untuk pengerasan permukaan baja yg relatif murah dan mudah pengerjaanya seperti komponen otomotif sedangkan nitrocarburizing digunakan untuk mengeraskan komponen seperti drive train, komponen senjata api, jumlah nitrogen yg digunakan pada proses carbonitriding lebih sedikit dibanding dengan nitrocarburizing.

Sumber:https://thermalprocessing.com

Terima kasih atas info menariknya. Saya ingin bertanya dari kelima macam cara pengerasan mana yang lebib dominan digunakan dalam kehidupan sehari hari dan mengapa?