Apasajakah Macam – Macam Baja Paduan?

Apasajakah Macam-Macam Baja Paduan?
image
Baja paduan atau alloy steel adalah baja karbon yang didalamnya terdapat campuran unsur lainnya mampu mengubah sifat baja tersebut. Karakteristik baja diantaranya liat, cepat memadat, keras, dan sebagainya dimana bertujuan untuk membuat baja menjadi lebih berkualitas.Adapun macam –macam baja paduan adalah sebagai berikut:

  1. Baja Nickel ( Seri 2xx)
    Nickel merupakan unsur paduan yang paling tua.Baja nickel cocok digunakan sebagai baja konstruksi kekuatan tinggi yang dipakai pada kondisi as-rolled atau benda tempa yang besar yang tidak dikeraskan. Kekurangan dalam pemakaian nickel adalah harganya yang mahal.
  2. Baja Chrom ( Seri 5xx)
    Chrom lebih murah disbanding nickel. Ia dapat membentuk karbida sederhana atau karbida kompleks. Karbida ini sangat keras dan tahan aus.
  3. Baja nickel chrom ( Seri 3xx)
    Dalam baja ini perbandingan antara nickel dengan chrom 2,5 : 1. Nickel memperbaiki keuletan dan ketangguhan dikombinasi dengan naiknya hardenability dan sifat tahan aus yang diberikan oleh chrom. Dengan kadar karbon rendah banyak digunakan untuk dicarburising,dengan medium carbon baja ini digunakan untuk automotive connection rod,drive shaft.
  4. Baja Mangan ( Seri 13xx)
    Mangan salah satu unsur paduan yang paling murah ,selalu ada dalam baja ,sebagai deoxidisier. Mangan mengurangi kecenderungan terjadinya hot shortness yang ditimbulkan oleh belereng. Baja paduan ini banyak digunakan untuk power shovel bucket, rel kereta.
  5. Baja Molybden ( Seri 4xxx)
    Molybden merupakan unsur paduan yang cukup mahal. Baja jenis ini dapat menaikkan hardenability, menaikan kekuatan, dan kekerasan di temperature tinggi. Plain molybdenum stell (seri 40xx dan 44xx) dengan kadar karbon rendah biasanya dicarburising , digunakan untuk poros bintang,roda gigi. Baja nickel chrom molybden banyak digunakan pada industry pesawat terbang , misalnya untuk struktur sayap,fuseiage, dan landing gear.
  6. Baja Tungsten
    Tungsten merupakan salah satu carbide former yang kuat, Karena harganya cukup mahal dan harus digunakan dalam jumlah yang lebih banyak,maka tungsten biasanya tidak digunakan pada baja konstruksi ,biasanya digunakan pada baja perkakas.
  7. Baja Vanadium
    Vanadium merupakan unsur paduan yang paling mahal ,vanadium memiliki sifat deoxidizier, mampu menaikan hardenability .
  8. Baja Silikon (Seri 92xx)
    Silikon merupakan salah satu deoxidizer yang murah , dapat menaikan kekuatan serta ketangguhan. Baja dengan 3 persen silicon dan 0.01 persen karbon dikenal dengan hadfield silicon steel ,mempunyai sifat kemagnitan yang baik dipakai pada alat listrik.

Sumber :
Avner,Sidney H.1987.Introduction to Physical Metallurgy, Second Edition.Tokyo:McGraw-Hill International Book Company