Apasaja penyakit yang dapat menyerang ketika tubuh kekurangan mineral?

Salah satu elemen terpenting yang diperlukan tubuh manusia untuk mendukung kinerja sel-sel di dalam tubuh salah satunya mineral. Apasajakah penyakit yang dapat menyerang ketika tubuh kekurangan mineral?

Bahaya kekurangan air mineral

  • Dehidrasi
    Dehidrasi adalah kondisi dimana tubuh kita kurang mendapatkan cairan dalam tubuh, biasanya disebabkan karena kita gak minum selama kerja berat atau saat melakukan olahraga.

  • Radang sendi
    Tulang rawan ditiap persendian terdiri dari 80 persen air, kalau kita tidak cukup minum air putih bisa maka pelumasan pada sendi akan berkurang dan menghasilkan gesekan yang lebih besar. Air juga membantu menjaga sendi agar tetap terlumasi dengan baik, dan mengurangi nyeri karena arthritis.

  • Tekanan Darah Tinggi
    Kurangnya asupan air dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, karena dapat menyebabkan beberapa pembuluh kapiler menutup, sehingga mengakibatkan pembatasan pergerakan darah. Jika aliran darah ke ginjal dibatasi karena kekurangan air, maka ini akan bereaksi dengan konstruksi pembuluh darah dan arteri yang membuat tekanan darah menjadi lebih tinggi.

  • Ginjal
    Kebanyakan orang pada zaman sekarang lebih banyak mengkonsumsi kopi atau teh, dan kurang minum air putih hal inilah yang mengarah kepada penyakit ginjal. Ginjal adalah organ penting dalam sistem kemih, yang bertugas untuk menyaring racun dalam darah karena metabolisme, dan mendistribusikannya kembali darah yang telah bersih kembali keseluruh tubuh. Jika kekurangan cairan, ginjal akan semakin keras bekerja, dan sisa kotoran akan menumpuk pada ginjal karena tak bisa dikeluarkan dengan baik melalui sistem kemih.

Sumber : Bahaya tidak minum air mineral