Apasaja Komplikasi Tumor Jinak Parotis?

image

Kunci dari diagnosis tumor parotis adalah untuk menentukan tingkat keganasan (malignansi) dari tumor yang diderita oleh pasien. Apasaja Komplikasi Tumor Jinak Parotis?

Beberapa komplikasi akibat tumor parotis adalah sebagai berikut:

  • Kerusakan saraf wajah yang menimbulkan paralisis temporer maupun permanen. Kerusakan saraf wajah dapat diakibatkan oleh penekanan oleh tumor atau cedera pada saat pembedahan parotidektomi. Risiko kerusakan saraf akan meningkat jika pembedahan dilakukan berulang. Pemantauan kondisi saraf wajah pra operasi dapat menurunkan risiko kerusakan ini.
  • Rekurensi tumor jinak atau ganas. Adenoma pleomorfis harus dihilangkan secara maksimal pada pembedahan pertama dikarenakan rekurensi tumor dapat terjadi secara multifokal dan lebih sulit untuk diobati.
  • Perubahan tumor jinak menjadi ganas. Adenoma pleomorfis yang merupakan tumor jinak dapat berubah menjadi tumor ganas yang disebut carcinoma ex-pleomorphic adenoma. Perubahan tersebut ditandai dengan pertumbuhan tumor secara cepat dan tiba-tiba. Kanker ini sangat agresif dan memiliki prognosis yang buruk.
  • Sindrom Frey. Sindrom Frey merupakan komplikasi yang dapat terjadi pasca pembedahan kelenjar parotis. Orang yang mengalami sindrom ini, pipinya akan memerah dan berkeringat ketika dirinya makan, melihat, atau memikirkan makanan tertentu, terutama makanan yang merangsang produksi air liur. Komplikasi ini disebabkan oleh gangguan saraf pada kelenjar air liur.
  • Berkurangnya kepekaan (hipestesia) indera pendengar. Komplikasi ini dapat muncul jika terdapat kerusakan pada saraf telinga akibat pembedahan maupun penekanan oleh tumor.

Sumber : www.alodokter.com