Apasaja Karakteristik penentuan lokasi urban farming?

karakteristik lokasi urban farming

Urban farming umumnya dilakukan di lahan yang tidak termanfaatkan atau lahan terlantar. Mulai sempitnya lahan menjadikan urban farming mulai diterapkan oleh banyak orang saat ini. Kira-kira apa saja yang menjadi karakteristik penentuan lokasi untuk melakukan urban farming ?

1 Like

Urban farming umumnya dilakukan di lahan yang tak di manfaatkan atau lahan kosong. Selain itu, dapat pula dijadikan sebagai alternatif optimasi pemanfaatan tanah kota yang semakin langka. Tanah-tanah yang dapat dijadikan lokasi pertanian antara lain tanah-tanah negara yang tidak dimanfaatkan, tanah-tanah marjinal di sepanjang tepi sungai, di bawah jembatan, pada lereng-lereng perbukitan, median jalan maupun tanah-tanah pekarangan milik pribadi (Setiawan, 2002). Menurut Maugeot (2000), urban farming dapat dilakukan di dalam kota, dan daerah pinggiran kota yang mana memiliki peletakan di dekat pemukiman, dalam area pengembangan.

Sumber :
Mougeot, Luc JA. 2000. Urban Agriculture: Definition, Presence, Potentials, and Risks and policy Challenges. International Development Research Centre (IDRC). Cities Feeding People Series Report 31. Ottaawa

Setiawan, Rahmi. 2009. Urban Agriculture Development to Improve Urban Area Productivity and to Achieve Sustainable Urban Development. Journal of Human and Environment; 7: 3-19.

1 Like