Apakan haram menerima beasiswa dari non muslim?

Beasiswa

Beasiswa adalah pemberian berupa bantuan keuangan yang diberikan kepada perorangan yang bertujuan untuk digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang ditempuh. Beasiswa dapat diberikan oleh lembaga pemerintah, perusahaan ataupun yayasan.

Apakan haram menerima beasiswa dari non muslim?

Hukumnya BOLEH menerima beasiswa dari non muslim, lihat Ihkamul al-ahkam 4/238 :

Telah diterangkan dalam hadis atas diperbolehkannya menerima hadiah dari orang kafir dan memberikan kepadanya. Raja kaisar pernah memberikan hadiah pada Rosululloh dan beliau menerimanya. Kemudian sebelumnya raja kaisar jg pernah memberi hadiah kepada nabi dan beliau menerimanya begitu juga raja lain banyak yang memberikan hadiah kepada beliau dan beliau juga menerimanya.

Menerima pemberian non muslim hukumnya boleh :

Menurut Ibnu Bathol, melakukan transaksi dengan non muslim hukumnya boleh, kecuali di dalam jual beli yang mendukung terhadap kejayaan kafir harbi dan melemahkan pada muslim, seperti menjual pedang untuk perang kepada orang kafir.

Dari Abu Hurairah r.a, ia berka, bahwasanya Rasulullah saw bersabda,

Apabila diberi makanan, beliau bertanya, apakah makanan ini hadiah atau sadaqah, jika dijawab sadaqah, beliau bersabda para sahabatnya makanlah oleh kalian, sedangkan beliau tidak memakannya, akan tetapi apabila dijawab hadiah, maka beliau mengambil dengan tangannya, lalu makan bersama mereka. (HR. Bukhori)

Dari 'Ali, ia berkata,

Sesungguhnya Kisra memberi hadiah kepada Nabi saw dan raja-raja lain juga memberi hadiah kepada beliau dan beliau menerima hadiah tersebut dari mereka. (HR. Tirmidzi).