Apakahah manfaat povidone iodine sebagai obat kumur ?

obat_kumur

(Rheva Maharani) #1

Obat kumur antiseptik

Obat kumur antiseptik banyak digunakan untuk tujuan terapetik maupun profilaksis. Biasanya obat kumur antiseptik digunakan untuk meningkatkan kesehatan gigi (mencegah plak dan karies gigi) serta untuk mencegah terjadinya infeksi yang disebabkan oleh bakteri rongga mulut pada kondisi pasca pencabutan gigi, operasi intraoral, dan lain sebagainya.

Apakahah manfaat povidone iodine sebagai obat kumur ?


(Fariza Khansa Yuan) #2

Povidone iodine atau polyvinyl pyrrolidone-iodine, biasa disingkat menjadi PVP-I ditemukan oleh ilmuwan Amerika, H.A. Shelanski dan M.V. Shelanski.

PVP-I diperkenalkan sebagai antiseptik pada tahun 1950-an dan dinyatakan lebih efektif dan lebih aman dibandingkan dengan formula iodin yang lain. PVP-I adalah antimikroba broad spectrum yang memiliki berbagai bentuk sediaan, termasuk bubuk, jel, ointment, dan spray.

Kelebihan povidone iodine

  • Povidone iodine merupakan zat yang cukup stabil jika disimpan di tempat yang tidak terkena sinar secara langsung

  • Povidone iodine aman untuk kulit (tidak mengiritasi)

  • Pewarnaan akibat povidone iodine mudah dihilangkan dengan air

  • Dibandingkan formulasi iodin lainnya, povidone iodine toksisitasnya lebih rendah sehingga lebih aman jika secara tak sengaja tertelan. Karena alasan tersebut, pada larutan povidone iodine tidak dicantumkan label berbahaya ataupun beracun.

  • Povidone iodine sering digunakan sebagai desinfektan kulit. Selain itu povidone iodine termasuk produk yang aman digunakan pada membran mukosa.

  • Povidone iodine telah digunakan secara luas dalam persiapan kulit pre-operasi dan dalam berbagai prosedur operasi serta menyebabkan penurunan infeksi yang cukup signifikan.

Oleh karena kelebihan-kelebihan diatas, maka banyak obat kumur yang memasukkan
povidone iodine untuk digunakan sebagai obat kumur.

Obat kumur povidone iodine yang banyak dipakai adalah yang memiliki konsentrasi 1% sampai 10%.

Manfaat povidone iodine apabila digunaka sebagai obat kumur adalah :

  • Antikaries : Untuk mecegah karies gigi, jumlah S.mutans harus diturunkan dan dicegah agar tidak berkembang. Pada anak-anak yang menderita karies sejak kecil, povidone iodine 10% yang diberikan selama 3 bulan dapat menurunkan jumlah S.mutans dan berbagai organisme lainnya serta menurunkan angka rekurensi karies pada anak-anak.

  • Obat kumur pre-prosedural : Povidone iodine yang digunakan sebagai obat kumur pre-prosedural dapat menurunkan jumlah mikroorganisme oral. Serta dapat menurunkan jumlah mikroorganisme yang mungkin masuk ke sirkulasi darah selama dilakukan prosedur yang invasif. The American Heart Association (AHA) menyarankan untuk pasien yang beresiko mengalami bakterial endokarditis agar menggunakan obat kumur sebelum melakukan perawatan gigi.

  • Penggunaan obat kumur povidone iodine 1% untuk membilas pada tindakan pencabutan gigi dan insisi dapat menurunkan durasi perawatan.

  • Penggunaan obat kumur povidone iodine 1% dapat mengurangi bau mulut akibat bakteri.