Apakah yang menjadi penyebab SSSS?

Desmosom merupakan bagian jaringan yang menghubungkan antar sel dan berfungsi menjaga keutuhan jaringan dari gangguan mekanis. Apakah yang menjadi penyebab SSSS?
image

Dari hasil pencarian saya, Penyakit SSSS disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri ini sebenarnya bisa bersifat komensal (hidup normal pada kulit manusia tanpa menimbulkan kerugian), sekaligus juga dapat bersifat patogen (menimbulkan penyakit). Pada orang dewasa, Staphylococcus aureus umumnya dapat hidup pada kulit tanpa menimbulkan infeksi.
SSSS disebabkan oleh aktivitas eksotoksin (pengeluaran racun) bakteri Staphylococcus aureus yang merusak jaringan kulit. Seringkali penyakit SSSS terjadi pada anak-anak dikarenakan sistem kekebalan tubuh yang belum berkembang dengan baik. Anak-anak di bawah 5 tahun, terutama pada bayi baru lahir paling rentan terkena kondisi ini.

Toksin Staphylococcus aureus sebenarnya dapat dibuang dari tubuh melalui sistem ekskresi. Pada anak-anak, sistem ekskresi belum berfungsi optimal sehingga pembuangan toksin belum berjalan dengan baik. Selain itu, Staphylococcus aureus juga dapat menginfeksi orang-orang yang mengalami gangguan kekebalan tubuh terlepas dari berapa usia mereka.