Apakah yang menjadi penyebab Sindrom Mielodisplasia?

Pada tahap awal, sindrom mielodisplasia (MDS) jarang menunjukkan tanda atau gejala. Apakah yang menjadi penyebab Sindrom Mielodisplasia?
image

Sindrom Mielodisplasia (MDS) adalah suatu kondisi yang memengaruhi sumsum tulang dan sel-sel darah yang dihasilkan. Sumsum tulang Anda membuat berbagai jenis sel darah, di antaranya:

  • Sel darah merah, yang membawa oksigen dalam darah Anda
  • Sel-sel darah putih yang terdiri berbagai jenis, yang merupakan elemen penting dari sistem kekebalan tubuh Anda
  • Trombosit, yang membantu darah untuk membeku

Sumsum tulang Anda perlu untuk menghasilkan jumlah yang tepat dari sel-sel ini. Dan sel-sel harus memiliki bentuk dan fungsi yang tepat. Pada orang pengidap sindrom mielodisplasia, sumsum tulang tidak bekerja dengan baik. Hal ini menyebabkan jumlah sel-sel darah kurang atau sel darah yang rusak. Sindrom mielodisplasia bisa berubah menjadi leukemia myeloid akut, suatu jenis kanker.

Sekitar 12.000 orang Amerika mengalami berbagai jenis sindrom mielodisplasia setiap tahunnya. Risiko MDS meningkat seiring dengan usia. Berikut faktor yang meningkatkan risiko.

Terapi kanker. Penggunaan obat kemoterapi tertentu untuk kanker memainkan peran dalam banyak kasus sindrom mieolodisplasia di kemudian hari. MDS mungkin lebih mungkin terjadi setelah pengobatan untuk leukemia limfositik akut pada anak-anak, penyakit Hodgkin, atau limfoma non-Hodgkin.

Beberapa kondisi yang diwariskan meningkatkan risiko sindrom mielodisplasia. Hal Ini termasuk:

  • Anemia fanconi. Dalam kondisi ini, sumsum tulang gagal untuk membuat jumlah yang cukup dari ketiga jenis sel darah
  • Sindrom shwachman-diamond. Hal ini membuat sumsum tulang dari tidak cukup untuk sel darah putih
  • Netropenia kongenital berat. Kondisi ini ditandai oleh neutrofil yang tidak mencukupi, yang merupakan jenis sel darah putih
  • Paparan bahan kimia. Kecenderungan yang lebih tinggi untuk terkena sindrom mielodisplasia jika Anda terkena bahan kimia tertentu selama jangka waktu yang panjang. Merokok juga meningkatkan risiko orang untuk terkena MDS.

Sumber : http://doktersehat.com

http://doktersehat.com/kanker-darah-6-sindrom-myelodisplasia/