Apakah yang menjadi penyebab munculnya kanker anus?

Kanker anus adalah jenis kaner yang terjadi dibagian anus. Apakah yang menjadi penyebab munculkan kanker ini?

Penyebab Kanker Anus

Kanker anus disebabkan oleh mutasi genetik pada sel anus yang menyebabkan sel normal berubah menjadi abnormal. Sel anus yang abnormal tumbuh dan berkembang biak tanpa terkendali dan membentuk tumor. Sel kanker tersebut dapat menyerang jaringan sekitarnya dan menyebar ke bagian tubuh lain (metastasis).

Kanker anus seringkali dikaitkan dengan infeksi virus, yaitu Human Papilloma Virus (HPV). Meskipun demikian, tidak setiap orang yang menderita infeksi HPV akan mengalami kanker anus. HPV menghasilkan protein yang dapat menonaktifkan tumor suppressor proteins dalam sel normal. Ketika protein ini tidak aktif, sel dapat berubah menjadi kanker.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang lebih mudah terkena kanker anus, antara lain adalah:

  1. Usia. Seringkali kanker anus muncul pada lansia.
  2. Melakukan seks anal. Para pelaku seks anal akan lebih mudah terkena kanker anus dibanding dengan orang yang tidak melakukan seks anal.
  3. Sering berganti pasangan seksual. Orang yang sering berganti pasangan seksual lebih mudah terkena kanker anus dibanding orang yang tidak pernah berganti pasangan seksual.
  4. Memiliki riwayat menderita kanker. Penderita kanker serviks, kanker vulva, atau vagina memiliki risiko lebih tinggi menderita kanker anus.
  5. Merokok.
  6. Kondisi sistem imun yang lemah. Sistem imun yang lemah, misalnya karena infeksi HIV atau karena penggunaan obat imunosupresan seperti kortikosteroid, dapat menyebabkan seseorang lebih mudah terkena kanker anus dibandingkan orang yang sistem imunnya dalam kondisi baik.
  7. Menderita kutil pada anus. Kutil pada anus yang disebabkan oleh infeksi HPV meningkatkan risiko seseorang terkena kanker anus.
  8. Wanita. Wanita lebih mudah terkena kanker anus dibandingkan pria. Namun untuk kelompok usia di bawah 35 tahun, kanker anus lebih sering terjadi pada pria dibanding pada wanita.