Apakah yang menjadi penyebab kanker esofagus?

Kanker esofagus adalah kanker yang menyerang pada bagian esofagus. apakah yang menjadi penyebab munculnya kanker ini?

Penyebab Kanker Esofagus

Penyebab kanker esofagus belum dapat dipastikan. Namun berdasarkan studi yang dilakukan, diduga penyebab utama terjadinya kanker esofagus adalah mutasi pada DNA jaringan epitel esofagus. Mutasi ini menyebabkan regenerasi sel epitel menjadi abnormal dan tidak terkontrol. Pertumbuhan sel epitel esofagus yang tidak terkontrol dapat menyebabkan terbentuknya tumor pada esofagus dan menyebar ke jaringan lain. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker esofagus adalah sebagai berikut:

Minum alkohol. Kebiasaan ini dapat menyebabkan iritasi dan inflamasi pada jaringan epitel esofagus. Iritasi dan inflamasi pada jaringan epitel dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker esofagus.
Merokok. Kandungan toksin dan senyawa berbahaya pada rokok dapat menyebabkan iritasi pada jaringan epitel esofagus. Semakin lama kebiasaan merokok dijalani oleh seseorang, semakin tinggi risiko kanker esofagus pada orang tersebut.
Obesitas. Risiko kanker esofagus pada orang yang mengalami obesitas lebih besar dibanding orang normal dikarenakan penderita obesitas memiliki risiko terkena penyakit refluks gastro esofagus (GERD) dan esofagus Barrett lebih tinggi. Baik GERD maupun esofagus Barrett dapat meningkatkan risiko kanker esofagus.
Diet. Kurang memakan buah-buahan dan sayuran dapat meningkatkan risiko mengalami kanker esofagus.
Makanan atau minuman panas. Sering mengonsumsi makanan atau minuman panas dapat menyebabkan inflamasi dan iritasi pada esofagus, sehingga meningkatkan risiko kanker esofagus.
Terapi radiasi. Seseorang yang sedang menjalani terapi radiasi pada bagian dada atau abdomen bagian atas berisiko terkena kanker esofagus.
Refluks empedu.

Selain faktor-faktor risiko tersebut, terdapat beberapa penyakit yang berkaitan dengan kanker esofagus. Penyakit-penyakit di bawah ini dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena kanker esofagus.