Apakah yang kamu ketahui tentang Indeks Pembangunan Manusia (IPM)? Apakah indeks ini mampu menjadi alat yang tepat untuk mengukur keberhasilan pembangunan suatu negara?

Apakah yang kamu ketahui tentang Indeks Pembangunan Manusia (IPM)? Apakah indeks ini mampu menjadi alat yang tepat untuk mengukur keberhasilan pembangunan suatu negara?

Indeks Pembangunan Manusia atau IPM (Human Development Index) merupakan sebuah indeks kinerja pembangunan yang dikembangkan oleh United Nations for Development Program (UNDP). Nilai IPM ini diukur berdasarkan tiga indikator sebagai acuan, yaitu tingkat harapan hidup, tingkat melek huruf, dan pendapatan riil per kapita berdasarkan paritas daya beli.

IPM digunakan untuk melakukan pemeringkatan terhadap kinerja pembangunan berbagai negara di dunia. Berdasarkan indeks IPM-nya, negara-negara di dunia ini dikelompokkan
menjadi tiga yaitu:

  1. Kelompok negara dengan tingkat pembangunan manusia yang rendah (low human development), bila memiliki nilai IPM antara 0 sampai 0,50.

  2. Kelompok negara dengan tingkat pembangunan manusia menengah (medium human development), bila memiliki nilai IPM antara 0,50 sampai 0,79.

  3. Kelompok negara dengan tingkat pembangunan manusia yang tinggi (high human development), bila memiliki nilai IPM antara 0,79 sampai 1.

Konsep IPM cukup mampu menggambarkan keberhasilan pembangunan suatu negara. Hal ini didasari pemikiran bahwa pembangunan berawal dan bertitik tolak dari manusia, dilakukan oleh manusia, maka sudah semestinya ditujukan pula untuk manusia. Di samping itu, konsep IPM sudah memadukan aspek-aspek sosial dan ekonomi pembangunan. Hal tersebut memungkinkan konsep IPM untuk dapat memberikan gambaran yang lebih luas bagi kinerja pembangunan suatu negara.

Meskipun konsep IPM tidak lepas dari kelemahan, seperti taksiran-taksiran dari IPM sering kali tidak sesuai dengan kenyataan dan sering kali terdapat data yang kurang layak atau tidak akurat dalam perhitungan IPM antar negara, konsep ini masih layak digunakan sebagai indikator untuk mengukur keberhasilan pembangunan suatu negara.