Apakah yang harus kalian lakukan sebagai sarjana muda yang merasa kesulitan mencari pekerjaan di masa pandemi seperti ini?

jobseeker
Pandemi Covid-19 yang hampir menyerang seluruh dunia sangat merugikan. Terutama dalam bidang perekonomian. Sangat sulit perekonomian pada pandemi saat ini. Ada karyawan yang mengalami PHK, adapun sarjana muda yang sedang mengalami kesulitan untuk memulai mencari pekerjaan. Beberapa sarjana muda berusaha membuka usaha sendiri, namun sisanya masih mengalami kesulitan untuk memulai usahanya. Apakah kalian mempunyai tips dan trik bagi sarjana muda yang sedang kesulitan mencari pekerjaan?

1 Like

Tanpa pandemi saja sudah banyak sarjana muda yang menganggur. Apalagi ditambah dengan adanya pandemi yang membuat lapangan pekerjaan semakin berkurang. Tapi sebetulnya yang perlu disadari adalah permintaan tenaga kerja selalu ada, terlepas daei apa pekerjaannya dan berapa jumlah yang dibutuhkan. Yang menjadi masalah adalah apakah diri kita sudah memiliki kualifikasi untuk mendapatkan pekerjaan tersebut atau tidak. Mau sekarang tidak pandemi, tapi kalau skill kita memang tidak memadai, maka mencari kerja akan sama sulitnya.

Jadi hal utama yang harus dimiliki adalah kemauan untuk mempelajari skill-skill baru ataupun mengasah skill yang sudah dimiliki sebelumnya. Jangan berhenti untuk mengembangkan diri. Selanjutnya, asah kreatifitas untuk mendapatkan peluang-peluang baru, apalagi di era digital yang membuat kita lebih leluasa untuk berkarya dan menciptakan peluang kita sendiri. Terakhir jangan putus asa. Tetap optimis dan tidak berhenti untuk mengusahakan yang terbaik.

Sebelum itu, apa yang harus kita yakini adalah rezeki kita sudah dijamin oleh Tuhan. Tak perlu terlalu risau dan senantiasa mengupgrade niat dan usaha kita. Bisa saja sampai saat ini kita belum mendapatkan pekerjaan yang cook, karena rencana Tuhan lebih baik dari apa yang kita harapkan. Sembari mencari lowongan pekerjaan, jangan lupa tetap belajar ilmu yang sesuai dengan apa yang kita minati yang dapat bermanfaat bagi kita ke depannya.

Apabila belum bekerja, tidak ada salahnya untuk menawarkan diri ke perusahaan untuk magang beberapa bulan untuk mendapatkan pengalaman bekerja, walaupun unpaid setidaknya kita mendapatkan pengalaman bekerja di perusahaan, sembari juga apply pekerjaan di tempt yang diminati atau yang ingin dituju.