Apakah yang harus diperhatikan oleh manajer pemasaran ketika membuat rencana pemasaran?

Dalam membuat rencana pemasaran, seorang marketing manager harus memikirkan segala sesuatunya dengan masak. Karena apabila perencanaannya tidak sesuai dengan yang diharapkan maka organisasi tersebut akan mengalami kegagalan atau hal yang tidak diinginkan lainnya. Oleh karena tu, hal-hal apa yang harus diperhatikan oleh seorang manajer pemasaran sebelum membuat rencana pemasaran?

Beberapa hal yang harus diperhatikan oleh manajer pemasaran sebelum membuat rencana pemasaran adalah sebagai berikut :

  1. Tujuan harus jelas
    Sebagai seorang manajer pemasaran kita harus mengetahui tujuan dengan jelas dan fokus terhadap tujuan tersebut. Karena apabila kita berjalan tanpa arahan/tujuan, maka hanya akan meghabiskan banyak waktu dan uang.

  2. Membuat persona dan customer journey
    Persona meliputi karakteristik, demografis dan psikologis pelanggan. Sedangkan customer journey menggambarkan hubungan serta interaksi antara pelanggan dengan organisasi atau brand tertentu.

  3. Pemahaman segmen yang baik
    Segmentasi pasar termasuk dalam komponen utama dalam menyusun strategi. Dengan adanya pemahaman tentang segmen, manajer pemasaran dapat memberikan kebutuhan/keinginan pelanggan denga lebih baik. Selain itu, kita juga dapat mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang-peluang yang muncul di pasar.

Referensi :