Apakah yang dimaksud Multi Channel Marketing?

Sistem pemasaran Multi Saluran (multi channel marketing) adalah metode pemasaran dengan menggunakan lebih dari satu marketing channel disebut sebagai . Multi channel bukan suatu yang sepenuhnya baru. Meskipun demikian dengan meningkatnya peranan internet sebagai salah satu bentuk marketing channel, untuk melengkapi saluran pemasaran tradisional.

Penggunaan gabungan marketing channel online dan offline telah menarik perhatian yang terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir ini.

Pengertian yang lebih sempit tentang multi channel marketing menjelaskan penggunaan gabungan dan elektronic channel (terutama internet) dan traditional untuk menghadapi pasar. Multi channel marketing menawarkan keunggulan bagi perusahaan yang menghadapi pasar yang besar dan kompleks. Dengan setiap saluran distribusi baru, perusahaan memperluas penjualan dan cakupan pasarnya serta memperoleh peluang untuk menyesuaikan produk dan jasanya dengan kebutuhan khusus dari segmen pasar yang berbeda-beda.

Multi channel marketing memungkinkan perusahaan-perusahaan untuk menjual produk dalam waktu yang paling cepat. Multi channel marketing memanfaatkan metode modern yang efektif untuk memperkenalkan melalui iklan tentang produk ke pasar. Strategi seperti ini adalah penting untuk pertumbuhan perusahaan. Sebuah perusahaan harus mampu untuk mencapai dan mengekspos produk atau jasa mereka kepada sebanyak mungkin pelanggan. Hal ini hanya mungkin dengan memanfaatkan multi channel dengan maksud untuk mempresentasikan produk terhadap publik pembeli (real profit solution Inc 2008).

Schijins (2005) mengatakan apakah sebuah perusahaan harus menggunakan strategi satu saluran atau strategi multiple channel (multi saluran) adalah bukan pertanyaan lagi, karena pasar dimasa depan akan terdiri dari campuran saluran–saluran, saat ini pertanyaan yang harus dipertimbangkan adalah :

  • Apa saja manfaat–manfaat dari penggunaan lebih dari satu saluran ?
  • Jenis-jenis saluran hybrid apa yang harus dibedakan ?
  • Situasi seperti apa yang dapat membuat suatu strategi multi saluran yang terintegrasi adalah jenis yang paling diinginkan dari manajemen saluran hybrid ?
  • Apa saja syarat – syarat untuk mengimplementasikan suatu strategi multi saluran seperti itu ?