Apakah yang dimaksud dengan tipe implementasi Concierge MVP? Berikan contoh perusahaan yang berhasil dalam mengimplementasikannya!

Minimum Viable Product memiliki beberapa tipe, salah satunya yakni Concierge MVP. Apakah yang dimaksud dengan tipe implementasi Concierge MVP dan berikan pula contoh perusahaan yang mengimplementasikan konsep tersebut!

Concierge MVP adalah suatu jenis MVP yang melakukan validasi terlebih dahulu kepada pelanggan dan menemukan orang yang bersedia menguji layanan kita dan memulai dengan menganalisis data dan memilih sampel yang ada. Setelah Anda memvalidasi ide Anda, Anda kemudian dapat membangun aplikasi dari hasil mengumpulkan tanggapan orang, menganalisis data, dan memilih produk yang cocok secara otomatis. Salah satu contoh produk yang paling sering dikutip dan terkenal yang awalnya diluncurkan dengan MVP concierge adalah Food on the Table. Food on the Table adalah aplikasi mobile yang mengumpulkan preferensi makanan dan kemudian menyarankan resep dan toko kelontong dengan penawaran terbaik untuk membantu Anda memasak hidangan lezat dan murah.

Pada tahun 2009, Manuel Rosso, pendiri Food on the Table, tidak memiliki aplikasi atau situs web seluler untuk layanannya. Tapi Manuel melakukan pekerjaan luar biasa untuk memastikan bahwa ide startup-nya berharga bagi pelanggan. Pertama, Manuel menemukan orang yang mau berpartisipasi dalam eksperimennya. Kemudian, dia mewawancarai para peserta ini dan mempelajari preferensi makanan dan anggaran mereka. Setelah itu, ia menyusun daftar belanja secara manual, resep yang dipilih, dan mengumpulkan kupon dari toko kelontong untuk memberikan produk makanannya. Manuel Rosso menyediakan layanan pramutamu eksklusif yang kemudian berubah menjadi bisnis yang sukses yang sekarang membantu ribuan orang berbelanja dengan bijaksana dan membantu toko kelontong memasarkan diri mereka secara efektif.

Referensi :