Apakah yang dimaksud dengan sumber kekuasaan?

image

Apakah yang dimaksud dengan sumber kekuasaan?

Kekuasaan adalah kewenangan yang didapatkan oleh seseorang atau kelompok guna menjalankan
kewenangan tersebut sesuai dengan kewenangan yang diberikan, kewenangan tidak boleh dijalankan melebihi kewenangan yang diperoleh atau kemampuan seseorang atau kelompok untuk memengaruhi tingkah laku orang atau kelompok lain sesuai dengan keinginan dari pelaku (Miriam Budiardjo,2002) atau Kekuasaan merupakan kemampuan memengaruhi pihak lain untuk berpikir dan berperilaku sesuai dengan kehendak yang memengaruhi (Ramlan Surbakti,1992).

Kekuasaan berkaitan erat dengan pengaruh (influence) yaitu tindakan atau contoh tingkah laku yang menyebabkan perubahan sikap atau tingkah laku orang lain atau kelompok.

Sumber kekusaan
Ada beberapa cara yang perlu diketahui, mengapa seseorang atau sekelompok orang memiliki kekusaan, yaitu sebagai berikut :

  1. Legitime Power
    Legitimate pawer adalah perolehan kekuasaan melalui pengangkatan. sebagai contoh menurut Undang-undang Nomor 5 Tahun 1974 tentang Pokok-pokok Pemerintahan di Daerah, kepala wilayah tidak dipilih melainkan diangkat, kecuali kepala wilayah dalam jabatn bupati dan gubernur yang masing-masing merangkap sebagai Kepala Daerah Tingkat II dan I dan masing-masing dipilih oleh DPRD Tingkat II dan I. jadi, Bagaimanapun lemahnya seorang Kepala Daerah, apabila Surat Keputusan sudah diterbitkan , maka orang yang bersangkutan memiliki kekuasan atas daerah tersebut.

  2. Coersive Power
    Coersive berarti kekerasan, jadi coersive power memiliki arti perolehan kekuasaan melalui cara kekerasan, bahkan mungkin bersifat perebutan atau perampasan bersenjata, yang sudah berada diluar jalur konstitusional.

  3. Expert Power
    Expert berarti keahlian, jadi expert power adalah memperoleh kekuasaan dari keahlian seseorang, yang dimaksud disini adalah pihak yang mengambil kekuasaan memang memiliki keahlian untuk menjalankan jabatan tersebut.

  4. Reward power
    Reward berarti pemeberian, makan reward power adalah memperolehan kekuasaan melalui suatu pemebrian seseorang.

  5. Reverent Power
    Reverent berarti daya tarik, jadi reverent power adalah memperoleh kekuasaan daya tarik seseorang. Walaupun daya tarik bukan faktor utama mengapa seseorang ditentukan menjadi kepala kemudian menguasai keadaan, namun daya tarik seperti postur tubuh, wajah yang rupawan dan penampilan serta pakain yang rapi dapat menentukan dam mengambil perhatian orang lain, dalam uasaha menjadi kepala.

  6. Connection Power
    Connection berati hubungan, yang berti jika seseorang mempunyai hubungan yang luas danbanyak akan memperoleh kekusaan yang besar pula, baik itu dilapangan politik maupun lapangan perekonomian.

Sumber:
Syafiie,Drs. Inu kencana. 2000. Ilmu Politik. Jakarta: PT RINEKA CIPTA
http://irwanteasosial.blogspot.co.id yang diakses pada 13 September 2017
https://id.wikipedia.org diakses pada 13 September 2017