Apakah yang dimaksud dengan sistem nilai Islam?

Apakah yang dimaksud dengan sistem nilai Islam?

Sistem merupakan sekumpulan bagian yang saling bertautan satu sama lain yang seiring sejalan untuk mencapai satu tujuan atau beberapa tujuan tertentu. Sistem-sistem politik, perekonomian dan lain sebagainya merupakan sekumpulan tindakan ikhtiari manusia yang berpijak di atas fondasi-fondasi filosofis dan pandangan dunia tertentu untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu.

Karena itu yang dimaksud dengan “sistem tata nilai Islam” adalah sekumpulan yang saling bertautan dan berkoordinasi dari pelbagai perangkat pandangan, kecendrungan dan tindakan (di antaranya adalah sistem must dan must not) yang kesemuanya menyasar pada satu tujuan tertentu.

Sistem tata nilai disebut pada sekumpulan yang tertata dan apik nilai-nilai Islam dalam pelbagai bidang yang beragam. Sebagai contoh disebutkan, “Bekerja dalam sistem nilai Islam” atau “Peradilan dalam sistem nilai Islam” atau “Jihad dalam sistem nilai Islam, “Pernikahan dalam sistem nilai Islam,” dan seterusnya.

Islam memiliki sekeumpulan besar sistem-sistem. Sistem keyakinan, sistem sosial, sistem keluarga, sistem perekonomian, sistem politik, sistem peradilan dan lain sebagianya.

Dalam sistem-sistem ini dibahas tentang nilai-nilai, prioritas-prioritas dan agenda-agenda Islam dalam lingkungan keluarga, perekonomian, politik dan peradilan. Namun masing-masing dari urusan ini seperti keluarga atau bagian-bagian dari keluarga seperti, pernikahan memiliki kedudukan khusus dalam sistem tata-nilai Islam. Sistem tata-nilai Islam merupakan sekumpulan nilai-nilai Islam yang membahas pelbagai sistem-sistem yang ada.

Dalam sistem tata nilai ini, kita memiliki beragam unsur yang terkadang memiliki nilai signifikansi khusus. Dengan memperhatikan adanya perbedaan kriteria di antara nilai-nilai dan syarat-syarat yang ada, serta keluasan sistem nilai Islam dan keragaman nilai-nilai, penjelasan silsilah tingkatan sistem yang sangat luas ini merupakan suatu hal yang sangat sukar untuk tidak mengatakannya mustahil.