Apakah yang dimaksud dengan Router?

Jaringan komputer atau yang biasa disebut computer networking terdiri dari beberapa komponen utama, salah satunya network device, yaitu peralatan atau perangkat yang digunakan dalam jaringan komputer. Diantara beberapa network device yang digunakan, terdapat router. Apakah router itu ?

Secara singkat definisi router adalah sebuah alat elektronik yang dapat menggabungkan jarinan beberapa komputer baik itu kabel maupun koneksi tanpa kabel (wireless).

Bagaimana cara kerja router?

Dalam teknisnya, router memiliki 3 lapis gerbang jaringan, yang berarti apabila 2 atau lebih jaringan terhubung dalam router, router akan mengoperasikan setiap lapis jaringan dengan OSI model.

Router terdiri dari CPU, beberapa macam memori digital, dan tampilan input-output.

Mereka berfungsi dengan tujuan tertentu yang tidak memerlukan keyboard maupun tampilan.

Dalam memori router sudah tertanam suatu sistem operasi (OS). Apabila dibandingkan dengan sistem operasi yang memiliki tujuan umum seperti produk dari microsoft atau apple mac, sistem operasi router membatasi aplikasi seperti apa yang dapat dijalankan di router dan juga memerlukan ruang yang jauh lebih kecil untuk penyimpanannya. Contoh sistem operasi router yang popular adalah Cisco Internetwork Operating System (IOS) dan DD-WRT. Beberapa sistem operasi ini diproduksi menjadi gambar firmware biner dan biasa disebut router firmware.

Dengan mengelola konfigurasi informasi dalam bagian memori yang disebut meja routing, router juga dapat memilah antara data masuk atau keluar berdasarkan alamat dari pengirim dan penerima data.

Router untuk bisnis jaringan dan internet

Sebelum jaringan rumah popular, router banyak ditemui di tempat bisnis dan sekolah. Yang mana harganya mahal dan memerlukan pelatihan khusus untuk mengatur router.

Jaringan router yang paling besar dan kuat berasal dari tulang punggung internet. Router ini harus mengatur banyak terabits antara data yang mengalir dan penyedia layanan internet.

Router adalah sebuah perangkat keras yang mampu menghubungkan beberapa jaringan komputer yang sama maupun berbeda baik melalui koneksi kabel maupun tanpa kabel (wireless). Router dikembangkan tahun 1960-an oleh Advaned Research Projects Agency Network (ARPANET). Router dirancang untuk menerima, menganalisis dan memindahkan paket/jaringan masuk ke jaringan yang lain. Router memiliki kemampuan yang jauh lebih banyak ketimbang perangkat jaringan lainnya, seperti hub atau switch yang hanya mampu melakukan fungsi jaringan dasar yakni proses mengirim data. Sebagai pemahaman, hub mengirim data antar komputer tanpa melakukan analisa apapun terhadap data yang akan di tranfer, berbeda dengan router yang menganalisis data yang dikirim melalui jaringan, mengubah paket, dan mengirim ke jaringan yang lain. Proses mengirimkan paket data melalui suatu jaringan dari komputer asal menuju komputer tujuan dinamakan routing.

Router menggunakan header dan forwading tables untuk menentukan jalur mana yang terbaik mengirim data paket, dan router juga menggunakan protokol seperi ICMP untuk berkomunikasi dengan jaringan satu dan yang lain serta menentukan jalur mana yang terbaik antara dua host. Router biasanya digunakan di jaringan rumah untuk berbagi koneksi internet kepada beberapa komputer atau perangkat lainnya. Dalam kasus ini ada dua jenis router yang berbeda, yakni router (broadband) dan router wireless.

Router memiliki prosesor (CPU), memori digital, dan input-output (I/O). Bekerja sebagai komputer yang memiliki tujuan tertentu, tanpa membutuhkan perangkat lain seperti keyboard dan layar. Router juga memiliki sebuah sistem operasi tertentu, sistem operasi router membatasi jenis aplikasi apa yang dapat dijalankan, dan juga membutuhkan ruang penyimpanan yang jauh lebih kecil. Sistem operasi router diproduksi dengan firmware router. Contoh dari sistem operasi router adalah Cisco Internetwork Operating System (IOS) dan DD-WRT.

image

Referensi



Dalam jaringan packet-switched seperti internet, router adalah perangkat atau dalam beberapa kasus, perangkat lunak pada komputer yang menentukan cara terbaik untuk mendapatkan paket yang akan diteruskan ke tempat tujuannya.

Router menghubungkan jaringan. Berdasarkan pemahaman mengenai keadaan jaringan yang terhubung dengannya, router bertindak sebagai operator saat ia menentukan cara untuk mengirimkan setiap paket informasi. Router terletak di gerbang manapun (di mana satu jaringan bertemu dengan yang lain), termasuk setiap titik kehadiran di internet. Router sering disertakan sebagai bagian dari switch jaringan.

Bagaimana cara kerja router?

Router dapat membuat tabel rute yang tersedia dan memelihara kondisinya, serta menggunakan informasi tersebut beserta algoritma jarak dan biaya untuk menentukan rute terbaik untuk paket yang diberikan. Biasanya, sebuah paket dapat berjalan melalui sejumlah titik jaringan dengan router sebelum sampai di tempat tujuan. Routing adalah fungsi yang terkait dengan lapisan jaringan (Layer 3) pada model standar pemrograman jaringan, model Open Systems Interconnection (OSI). Switch Layer 3 adalah switch yang dapat melakukan fungsi routing.

Router tepi adalah perangkat yang berada di batas jaringan yang terhubung ke jaringan lain, jaringan area luas atau internet. Bagi pengguna komputer rumahan dan bisnis yang memiliki koneksi internet berkecepatan tinggi seperti kabel, satelit atau DSL, router bisa bertindak sebagai firewall perangkat keras. Banyak ahli percaya bahwa penggunaan router memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap hacking daripada firewall perangkat lunak karena tidak ada alamat protokol internet komputer yang langsung terpapar internet. Hal ini membuat port scan (teknik untuk mengeksplorasi kelemahan) pada dasarnya tidak mungkin. Selain itu, router tidak mengkonsumsi sumber daya komputer, sedangkan firewall perangkat lunak mengkonsumsi daya komputer. Router yang diproduksi secara komersial mudah dipasang dan tersedia untuk jaringan kabel atau nirkabel.

image

sumber :


Router adalah perangkat yang meneruskan paket data di sepanjang jaringan. Router terhubung ke setidaknya dua jaringan, biasanya dua LAN atau WAN dan LAN serta jaringan ISP-nya. Router terletak di gateway, tempat di mana dua atau lebih jaringan terhubung. Router menggunakan header dan tabel forwarding untuk menentukan jalur terbaik untuk meneruskan paket, dan mereka menggunakan protokol seperti ICMP untuk berkomunikasi satu sama lain dan mengkonfigurasi rute terbaik antara dua host. Router memiliki kemampuan yang jauh lebih banyak daripada perangkat jaringan lainnya, seperti hub atau switch yang hanya mampu melakukan fungsi jaringan dasar. Misalnya, hub sering digunakan untuk mentransfer data antar komputer atau perangkat jaringan, namun tidak menganalisa atau melakukan apapun dengan data yang ditransfer. Sebaliknya, router dapat menganalisis data yang dikirim melalui jaringan, mengubah cara paketnya, dan mengirimkannya ke jaringan lain atau melalui jaringan yang berbeda. Misalnya, router biasanya digunakan di jaringan rumah untuk berbagi koneksi Internet tunggal di antara beberapa komputer.

Dalam contoh di atas, dari jaringan rumah, ada dua jenis router yang berbeda: yaitu router dan router nirkabel. Dalam contoh ini, router memungkinkan semua komputer dan perangkat jaringan lainnya mengakses Internet. Router nirkabel memungkinkan laptop untuk terhubung secara nirkabel ke jaringan rumah dan mengakses Internet juga. Berikut adalah beberapa contoh tambahan dari berbagai jenis router yang digunakan dalam jaringan besar.

  • Brouter
    Brouter adalah perangkat jaringan yang berfungsi sebagai jembatan dan router.

  • Router inti
    Router inti adalah router di jaringan komputer yang mengarahkan data ke dalam jaringan.

  • Router virtual
    Router virtual adalah router cadangan yang digunakan dalam setup VRRP.


https://www.webopedia.com/TERM/R/router.html